Beranda Manajemen Proyek 3 Langkah Mudah Menggunakan Jasa Perencana Struktur

3 Langkah Mudah Menggunakan Jasa Perencana Struktur

120
0
BERBAGI
jasa perencana struktur
jasa perencana struktur

Owner proyek adalah pemberi tugas yang merupakan wakil perusahaan atau perorangan yang biasanya juga sekaligus pemilik proyek.

Saat ini para owner sudah mulai sadar akan pentingnya struktur bagi bangunan mereka. Dikarenakan banyaknya kegagalan struktur yang terjadi belakangan ini.

Kegagalan struktur, baik saat pelaksanaan ataupun setelah bangunan difungsikan tentu akan sangat merugikan. Kegagalan dalam hal apapun umumnya terjadi akibat perencanaan yang kurang baik. Dalam hal proyek bangunan, kerugiannya tentu tidak sebanding (sangat besar) dengan harga yang dikeluarkan untuk menggunakan jasa perencana struktur bangunan dari awal memulai proyek.

Namun, owner masih suka bingung dalam menggunakan jasa perencana struktur bangunan. Mereka seringkali kurang mengerti tahapan-tahapan apa yang harus dilakukan untuk menggunakan jasa perencana struktur tersebut.

Untuk itu, disini akan dijelaskan tahapan-tahapan yang biasanya dilakukan dalam menggunakan jasa perencana struktur.

3 Langkah Mudah Menggunakan Jasa Perencana Struktur

Berikut penjelasan langkah-langkah yang diperlukan oleh owner jika ingin menggunakan jasa perencana struktur, yang perlu disiapkan diantaranya:

1. Gambar Arsitektur

gambar arsitektur
gambar arsitektur

Untuk menggunakan jasa perencana struktur, owner harus sudah mempunyai rancangan arsitekturnya terlebih dahulu. Karena perencana struktur akan bekerja berdasarkan gambar perencanaan arsitektur tersebut.

Gambar arsitektur minimal yang dibutuhkan perencana struktur adalah denah, tampak, dan potongan bangunan. Jika gambar tersebut tidak ada, bisa dipastikan perencana struktur tidak bisa memulai pekerjaannya.

2. Budget/ Anggaran

contoh rencana anggaran biaya
contoh rencana anggaran biaya

Dari gambar arsitektur, perencana struktur bisa memperkirakan anggaran yang diperlukan untuk mengerjakan perencanaan strukturnya. Gambar arsitektur tersebut menjadi dasar dalam mengajukan penawaran harga jasa perencaaan struktur.

Yang biasanya menjadi pertimbangan dalam menentukan fee perencana struktur adalah luas bangunan, ketinggian bangunan, bentuk bangunan, dan kesulitan pengerjaannya.

Setelah mengetahui harga jasa perencanaan struktur, maka owner bisa segera mempersiapkan budgetnya. Dan ini merupakan tahapan negosiasi antara pemberi tugas dan konsultan.

3. Laporan Penyelidikan Tanah (Sondir)

contoh tes sondir
contoh tes sondir

Jika bangunan lebih dari 2 lantai, maka seharusnya dilakukan penyelidikan tanah untuk memperoleh data daya dukung tanah tempat bangunan akan didirikan. Sehingga perencana struktur mempunyai dasar dalam menentukan jenis pondasi yang baik digunakan pada bangunan tersebut. Baca: Pentingnya Soil Test/ Penyelidikan Tanah

Jika data sondir tidak ada, maka akan sangat riskan sekali terjadi kesalahan dalam menentukan jenis pondasi yang digunakan. Hal itu akan berdampak pada kerusakan struktur dikemudian hari dan sebaiknya jangan ambil resiko. Menggunakan jasa sondir tidaklah mahal, lebih mahal lagi biaya perbaikan bangunan yang rusak akibat kesalahan pondasi.

Sumber referensi: blog.nobelconsultant.com

Nah, itulah 3 langkah mudah menggunakan jasa perencana struktur, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa mendapat manfaatnya. Ikuti juga fanspage blog ini di facebook agar tidak ketinggalan update artikel terbaru setiap harinya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Please enter your name here