Beranda MySQL Cara Membuat Koneksi ke Database MySQL dengan PHP

Cara Membuat Koneksi ke Database MySQL dengan PHP

504
0
BERBAGI
asdar.id menyediakan Member Premium Download untuk download file tanpa embel-embel iklan dan halaman, apa lagi harus menunggu timer yang begitu lama. Dengan berlangganan Member Premium Download, semua file dapat didownload dengan singkat langsung menuju ke sumbernya!, klik DISINI untuk DAFTAR :-) Untuk cara download file Member Free Download, bisa membaca Tutorial Download yang ada dibawah Timer (halaman Safelink) saat menekan tombol download.
Rekomendasi aplikasi hitung cepat RAB akurat dan otomatis, sangat mudah digunakan. Tinggal ganti dimensi, RAB Langsung Jadi. Jika anda seorang ahli sipil atau arsitek, rugi jika tidak punya filenya. Silahkan klik DISINI untuk mendapatkan Filenya.

Halo, di artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat koneksi ke database mysql dengan PHP.

Untuk mengkoneksikan project php kita dengan database mysql ada tiga cara atau extension yang bisa di gunakan yaitu mysql extension, mysqli extension dan PDO. Ke tiga extension ini memiliki struktur fungsi yang berbeda tetapi secara penggunaan query mysql sama saja. Berikut penjelasannya.

1. Mysql Extension

Mysql extension merupakan cara yang muncul pertama kali untuk mengkoneksikan php dengan database mysql. Cara ini sangatlah simple karena hanya menggunakan sistem function dalam penggunaannya di antaranya yaitu mysql_connect() untuk koneksi ke database, mysql_query() untuk menjalankan query, dan mysql_fetch_array() untuk menampilkan hasil query.

Berikut adalah contoh koneksi dalam php:

<?php 
// Setting
$host       = 'localhost';  // host
$username   = 'root';      // username database
$password   = '';          // password database
$dbname     = 'dbname';    // nama database
 
$db = mysql_connect($host, $username, $password, $dbname);

if ($db) {
    echo "Connected";
} else {
    echo "DB Error";
}
?>

Seiring perkembangan teknologi php saat ini extension mysql sudah tidak disarankan lagi untuk di gunakan atau berstatus deprecated untuk versi php 5.5 ke atas.

2. Mysqli Extension

Mysqli atau singkatan dari Mysql Improved merupakan pengembangan dari Mysql extension yang sudah mendukung fitur terbaru dari mysql varsi 4.1 ke atas.

Karena merupakan pengembangan dari mysql dalam penggunaannya hampir semua fungsi bisa di pakai dalam mysqli ini jadi untuk move dari mysql ke mysqli tidak rumit.

<?php
// Setting
$host       = 'localhost';  // host
$username   = 'root';      // username database
$password   = '';          // password database
$dbname     = 'dbname';    // nama database
 
$db = mysqli_connect($host, $username, $password, $dbname);
 
if ($db) {
    echo "Connected";
} else {
    echo "DB Error";
}
?>

3. Koneksi dengan PDO

PDO adalah singkatan dari PHP Data Objects merupakan fitur extensi dari php yang universal tidak hanya konek ke mysql saja tetapi hampir ke semua database website seperti oracle atau lainnya. Berikut contoh penggunaannya:

<?php 
// Setting
$host = 'localhost'; // host
$username = 'root'; // username database
$password = ''; // password database
$dbname = 'dbname'; // nama database
// koneksi ke mysql
try {
    $db = new PDO("mysql:host=$host;dbname=$dbname;charset=UTF8", $username, $password); 
}
catch(PDOException $e) {
    die('DB ERROR: '.$e->getMessage());
}
?>

Untuk mengkoneksikan koding kita dari php ke mysql disarankan menggunakan metode mysqli atau pdo karena untuk extensi mysql akan mendapatkan warning di versi terbaru dari php saat ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini