Beranda Pemrograman Web Belajar Penulisan dan Penggunaan Dasar PHP

Belajar Penulisan dan Penggunaan Dasar PHP

195
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)

Di artikel kali ini saya akan memberikan sebuah artikel pemograman PHP yaitu Belajar penulisan dan penggunaan dasar PHP untuk kalian para programer pemula.

Sebelum itu kita harus tau dulu apa itu PHP dalam pemograman website. PHP atau singkatan dari Hypertext Preprocessor yang merupakan bahasa pemrograman web yang berjalan di server side. Karena worknya server side program ini lebih tepatnya berfungsi sebagai pengolah data dalam sebuah website.

Ketika kita melakukan aktifitas di sebuah website, misal menulis komentar pada artikel blog atau mengisi form pendaftaran di sebuah situs maka ada program yang akan memproses data tersebut setelah di kirim dari browser salah satu yang paling populer adalah php.

Sekarang bari kita mulai belajar bagaimana membuat sebuah file php. Untuk extensi file harus .php misal namafile.php selain itu tidak akan berjalan.

Format Penulisan PHP

Dalam penulisannya php harus di awali dengan kode <?php dan di akhiri dengan kode ?> misalnya :

<?php echo 'Belajar PHP di asdar.id';?>

Selain itu bisa juga di awali dengan kode <?= tetapi hanya berfungsi untuk menampilkan data saja atau mempersingkat koding sehingga kode di atas bisa seperti ini:

<?='Belajar PHP di asdar.id';?>

Perlu di perhatikan adalah setiap penulisan syntax di php harus di akhiri dengan ;

PHP dalam HTML

Di PHP kita bisa menuliskan kode html dan menambahkan kode php di dalamnya. berikut contoh penulisannya.

<p>Ini adalah html dan <?php echo 'Ini adalah kode php';?></p>

HTML dalam PHP

Dalam file php pun kita bisa menambahkan kode html selama tidak merusak syntax kode phpnya seperti berikut ini.

<?php echo '<p>Ini adalah kode html dalah kode php</p>';?>

Dalam penulisan kode php juga perlu di perhatikan karena php sendiri sangatlah sensitif terhadar error, satu kesalahan mengakibatkan seluruh koding tidak dapat berjalan tidak seperti html yang jika ada error hanya akan merusak tampilkan tetapi bisa berjalan.

Demikian tutorial dasar php ini semoga bisa membantu bagi para pemula.

Thanks :v

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini