Beranda Arsitek Data Yang Harus Dipersiapkan Untuk Mendesain Rumah

Data Yang Harus Dipersiapkan Untuk Mendesain Rumah

258
0
BERBAGI
contoh desain rumah

Kali ini darsitek akan membagikan artikel untuk kalian tentang Data Yang Harus Dipersiapkan Untuk Mendesain Rumah. Dalam merancang atau menggambar rumah banyak data yang perlu dipersiapkan untuk desain rumah cukup beragam, memang sedikit membuat kita bingung tapi itu sangat berpengaruh bagi kelancaran dalam membuat rancangan hunian, serta kualitas desain rumah yang kita buat. Secara umum ada yang namanya data tanah dan rencana pembangunan.

Data-data ini bisa disampaikan kepada penyedia jasa desain rumah entah itu secara langsung (offline) maupun secara dunia maya (online), yang untuk selanjutnya bisa diolah menjadi gambar rumah terbaik yaitu hunian yang indah, nyaman, aman serta rendah dari segi anggaran pembangunan.

Secara umum dalam menggambar, ada dua jenis data yang kita perlukan yaitu data desain rumah baru dan data desain renovasi rumah. Oke, mari kita lihat data yang sebaiknya disiapkan secara baik dan benar dibawah ini.

Data Desain Rumah Baru

  1. Bentuk dan ukuran tanah.
  2. Posisi rumah terhadap jalan raya.
  3. Arah mata angin utara, selatan, timur, barat.
  4. Objek yang ada pada sekitar tanah seperti pohon, bangunan lama, tiang listrik, dan objek sejenisnya.
  5. Kebutuhan ruangan.
  6. Rencana pengembangan ke depan, misalnya rumah direncanakan tumbuh ke atas, ke belakang, atau ke samping.
  7. Kriteria rumah yang disukai oleh klien.
  8. Contoh foto rumah yang disukai (ini untuk memudahkan arsitek dalam memahami desain seperti apakah yang sesuai dengan selera klien).
  9. Budget atau anggaran membangun rumah, hal ini dimaksudkan untuk menyesuaikan desain rumah dengan dana yang disediakan klien, sehingga bangunan dapat terselesaikan dengan baik tanpa ada yang terbengkalai.
  10. Data rencana tata kota, misalnya berapa jarak minimal bangunan dengan jalan, dan bagian tanah sebelah mana yang boleh dibangun.

Loading...

Data Desain Renovasi Rumah

  1. Denah ruangan kondisi sekarang + ukurannya.
  2. Arah mata angin, fungsinya untuk menentukan di sebelah mana bangunan yang akan terkena sinar matahari, lalu langkah apa yang perlu dilakukan sehingga menghasilkan hunian yang nyaman.
  3. Foto rumah kondisi sekarang, sebagai dokumentasi sekaligus alat bantu seorang arsitek/drafter dalam memahami seperti apakah keadaan rumah klien sekarang ini, sehingga bisa mendesain renovasi rumah secara tepat.
  4. Kebutuhan ruangan setelah renovasi.
  5. Penjelasan dari klien tentang ciri-ciri rumah yang diharapkan.
  6. Foto contoh rumah yang disukai oleh klien.
  7. Anggaran atau budget klien dalam merenovasi rumah.
  8. Data rencana tata kota.

Itulah data yang perlu disiapkan seorang arsitek/drafter untuk mendesain rumah baru maupun renovasi, data-data lainnya terkadang diperlukan penyesuaian terhadap kondisi rumah masing-masing klien, misalnya data gambar rumah versi yang lama, sehingga dengan adanya gambar tersebut maka akan sangat membantu dalam mendesain renovasi rumah. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here