Beranda Desain Gambar Gambar Kuda-Kuda Kayu Atap Pelana dan Detail Titik Simpulnya

Gambar Kuda-Kuda Kayu Atap Pelana dan Detail Titik Simpulnya

11202
3
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
detail kuda-kuda kayu
detail kuda-kuda kayu

Selamat siang sobat darsitek, kali ini saya akan menulis artikel mengenai Gambar Kuda-Kuda Kayu Atap Pelana dan Detail Titik Simpulnya. Kuda-kuda dari atap pelana pada umumnya tidak sulit karena bentuknya yang sederhana. Tetapi mengingat tinggi permukaan langit-langit untuk ruangan bagian dalam dan emperan (tritisan), maka struktur kuda-kuda dapat dibuat lain.

Pada gedung yang langit-langit ruangan bagian dalam mempunyai tinggi permukaan lebih tinggi dari pada permukaan langit-langit emperan (tritisan), maka struktur kuda-kuda dapat dibuat hanya sampai pada tembok tepi saja, sedang pada emperan (tritisan) dapat dibuat struktur tersendiri yaitu:

  1. Struktur dapat dibuat langsung sebagai penggantung langit-langit (planfondhangers), jika emperan yang menonjol ke luar (overstek) kurang lebih 1 m.
  2. Struktur dapat dibuat bentuk konsol dari rangka batang (konsol tarik), jika emperan yang menonjol ke luar (overstek) sebesar kurang lebih 2 m.

Gambar Kuda-Kuda Kayu Atap Pelana dan Detail Titik Simpulnya

Penjelasan struktur kuda-kuda kayu atap pelana seperti diatas dan gambar detail titik simpulnya dapat dilihat pada gambar-gambar berikut ini:

gambar 1 rencana kuda-kuda kayu atap pelana
gambar 1.1 detail titik buhul A
gambar 1.2 gambar perspektif titik buhul A
gambar 1.3 detail titik buhul B
gambar 1.4 detail titik buhul C
gambar 1.5 detail titik buhul D
gambar 1.6 detail titik buhul E

Apabila duga (tinggi permukaan) langit-langit (plafond) ruangan pada bagian dalam dan luar emperan bangunan diambil sama, maka struktur kuda-kuda kayu atap pelana dapat dibuat seperti pada gambar dibawah ini:

gambar 2 struktur kuda-kuda kayu atap pelana dengan overstek

Perlu diperhatikan bahwa batang AB merupakan batang tekan hingga struktur sambungan titik simpul menjadi mudah dan cukup baik, karena syarat-syarat yang dituntut sambungan dapat dengan mudah dipenuhi.

gambar 3 struktur kuda-kuda kayu dengan konstruksi berbeda
Akan tetapi, kondisi berbeda apabila batang AB dibuat seperti gambar 3 di atas, karena batang AB menjadi batang tarik yang mendukung beban yang cukup besar sehingga konstruksi hubungan titik simpul menjadi sulit dan ketahanan struktur tidak terjamin kemantapannya. Hal ini terjadi karena pada sambungan tarik akan memerlukan alat sambung yang cukup banyak jumlahnya sehingga dapat mengakibatkan sambungan menjadi lemah. Sehingga disarankan agar sebaiknya menghindari penggunaan kuda-kuda kayu atap pelana seperti pada konstruksi kuda-kuda kayu seperti gambar 3 di atas.

loading...

Untuk itu, disarankan membuat kuda-kuda kayu atap pelana dengan konstruksi seperti pada gambar 2 di atas. Dan untuk lebih jelasnya tentang struktur kuda-kuda seperti ini, maka dapat dilihat pada gambar-gambar dibawah ini yang dilengkapi dengan gambar detail (penjelasan) dari konstruksi hubungan titik simpulnya.

Kuda-kuda seperti ini banyak diterapkan pada bangunan gedung yang membutuhkan emperan yang panjang guna melindungi gang (doorloop) dari pengaruh panas dan hujan atau dengan kata lain sebagai pengganti “luifel” atau atap datar (platdak) atau plat beton, sehingga didapatkan konstruksi penutup atap yang lebih praktis dan hemat.

gambar 4 rencana kuda-kuda kayu atap pelana dengan overstek
gambar 4.1 detail titik buhul A
gambar 4.2 detail titik buhul B
gambar 4.3 detail titik buhul C
gambar 4.4 detail titik buhul D (batang tekan AB)

Untuk gambar detail titik simpul hubungan sambungan yang lainnya pada prinsipnya sama saja seperti pada gambar 1.4, gambar 1.5 dan gambar 1.6 di atas.

Sekian penjelasan singkat mengenai konstruksi Gambar Kuda-Kuda Kayu Atap Pelana dan Detail Titik Simpulnya, semoga bisa berguna untuk anda yang sedang membutuhkannya. Jangan lupa share artikel ini jika kalian merasa artikel ini bermanfaat untuk yang lainnya, terimakasih.

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini