Beranda Kesehatan Kurang Tidur Pada Anak Akan Beresiko Obesitas Saat Dewasa

Kurang Tidur Pada Anak Akan Beresiko Obesitas Saat Dewasa

127
0
BERBAGI
obesitas anak

Artikel selanjutnya kali ini akan membahas mengenai Kurang Tidur Pada Anak Akan Beresiko Obesitas Saat Dewasa. Ada banyak efek kesehatan jika kamu kurang tidur. Itu jugalah yang akan terjadi pada anak-anak yang kurang tidur. Anak-anak umumnya butuh tidur lebih lama dan lebih banyak. Dan kurang tidur, jelas menimbulkan efek samping kesehatan.

Para penelitian mengatakan sejak lama dari banyak hasil penelitian bahwa kurang tidur pada anak-anak bisa meningkatkan risiko obesitas saat mereka tumbuh dewasa. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pediatrics, menganalisis data dari 977 anak-anak yang dilihat perkembangannya sejak sebelum sekolah hingga usia remaja (4,5 tahun-15 tahun).

Setelah membandingkan kebiasaan dan waktu tidur mereka, peneliti menemukan bahwa 10% anak-anak yang tidur awal dari jam 8 malam atau lebih awal selama usia balita memiliki tubuh standar, sedangkan 23% mereka yang tidur di atas jam 9 malan punya tubuh obesitas saat mereka remaja.

Bukti ini cukup menjelaskan bahwa tidur yang cukup berpengaruh terhadap metabolisme tubuh dan kesehatan tubuh secara umum. Tapi seberapa banyak waktu yang dibutuhkan setiap anak-anak untuk tidur tiap malamnya? The American Academy of Sleep Medicine mengeluarkan pedoman untuk para orangtua seberapa banyak waktu tidur yang dibutuhkan anak-anak sesuai umurnya.

  • Bayi usia 4-12 bulan harus tidur 12-16 jam
  • Anak-anak usia 1-2 tahun harus tidur 11-14 jam
  • Anak-anak usia 3-5 tahun harus tidur 10-13 jam
  • Anak-anak usia 6-12 tahun harus tidur 9-12 jam
  • Anak remaja usia 13-18 tahun harus tidur 8-10 jam

Loading...

Harriet Hiscock, professor Murdoch Childrens Research Institute di Australia mengatakan bahwa secara umum, bayi harus sudah tidur jam 7 malam, anak balita tidur mulai jam 7:30 malam, anak-anak kecil tidur jam 8 malam, sedangkan anak remaja awal tidur dari jam 8:30 malam.

Jadi, kini Moms sudah tahu kan seberapa lama anak-anak sebaiknya harus tidur? Bukan hanya menjaga tubuhnya dari obesitas, tapi tidur cukup juga membantu menjaga otak anak tetap sehat lho.

Sekian artikel singkat kali ini, semoga artikel ini menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda, jangan lupa share atau berlangganan ke halaman darsitek di facebook 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here