Beranda Kesehatan Mulai dari Akar sampai Daun, Inilah Manfaat Srikaya Yang Luar Biasa

Mulai dari Akar sampai Daun, Inilah Manfaat Srikaya Yang Luar Biasa

77
0
BERBAGI
Bagi yang berminat guest post, blog ini menyediakan form guest post untuk kalian yang ingin blognya mendapat kunjungan dari blog ini. Silahkan kunjungi melalui link guest post.
manfaat buah srikaya bagi kesehatan
manfaat buah srikaya bagi kesehatan

Manfaat Srikaya Yang Luar Biasa – Srikaya merupakan salah satu buah yang hanya tumbuh di daerah tropis. Buah srikaya atau buah nona ini memiliki nama latin Annona squamosa. Tanaman ini termasuk ke dalam genus Annona. Buah srikaya ini bentuknya bulat dengan bentuk permukaan yang berbenjol-benjol dan memiliki retakan. Buah ini mernyerupai sirsak. Daging buah ini berwarna putih dan memiliki banyak biji.

Tanaman buah srikaya ini termasuk tanaman yang meranggas. Tingginya bisa mencapai 8 meter. Tanaman ini memilik daun yang berselang, sederhana. Daunya membujur 7-12 cm dan lebar 3-4 cm. bungan srikaya ini muncul sebanyak 3-4 kali setiap bulannya. Buah srikaya yang matang ditandai dengan kulit buahnya yang merekah dan menguning.

manfaat buah srikaya

Buah srikaya ini banyak manfaatnya. Selain sebagai energi makanan, buah srikaya pun merupakan sumber zat besi yang baik. Selain buahnya yang bermanfaat, daunnya pun memiliki manfaat. Khasiat daun srikaya banyak dimanfaatkan untuk kesehatan.

Buah Srikaya

Srikaya termasuk pohon buah yang dapat tumbuh di tanah bebatu, kering, dna terkena sinar matahari. Buah tropis ini dikenal memiliki banyak nama. Di Surabaya, buah ini disebut menuo. Sementara, orang Malaysia menyebutnya serikaya. Di Guetemala, buah ini disebut cherimoya.

Mayoritas orang menganggap buah srikaya sama dengan sirsak. Memang, buah srikaya memang serumpun dengan sirsak. Tumbuhan srikaya akan berbuah jika umur tanamannya mencapai 3-5 tahun. Tanaman ini mudah ditemui di pekarangan rumah. Tanaman ini pun dapat dibudidayakan. Bahkan, tanaman srikaya ini dapat tumbuh liar.

Manfaat Srikaya

Selain buah yang dimanfaatkan, bagian dari tanaman ini pun dapat dimanfaatkan, seperti bagian akar, daun, dan bijinya. Akar dari pohon srikaya ini memiliki rasa yang pahit dan memiliki sifat yang dingin. Akar pohon srikaya ini memiliki khasiat sebagai antiradang, antidepresi. Lain akar, lain pula daun. Daun srikaya rasanya pahit dan memiliki sifat dingin. Daun srikaya pun memiliki manfaat. Khasiat daun srikaya antara lain antiradang, astringen, peluruh cacing usus, dan dapat mempercepat atau menyembuhkan bisul.

Biji buah srikaya memiliki khasiat untuk memacu enzim perncernaan, abortivum, anthelminik, dan membunuh serangga. Sementara itu, biji buah srikaya muda berkhasiat untuk antiparasit. Kulit kayu pohon srikaya pun memiliki manfaat, yaitu sebagai astringen dan tonikum.

Kandungan Kimia Pohon dan Buah Srikaya

Akar dan kulit kayu pohon srikaya mengandung unsur kimia flavonoida, borneol, camphor, terpene, dan alkaloid. Selain itu, akannya pun mengandung tannin, saponi, dan polifenol. Biji srikaya mengandung zat kimia resin dan minyak. Namun, biji buah ini pun mengandung zat beracun yang bersifat iritan. Sementara itu, buah srikaya mengandung gula, asam amino, dan mucilago. Buah srikaya yang muda mengandung tannin.

Tanaman ini umumnya mengandung alkaloid tipe asporfin. Pada organ-organ tumbuhan ditemukan senyawa sianogen. Selain itu, buah ini pun mengandung asam lemak, asam amino, dan protein. Selain lezat, tanaman yang mudah ditanam ini mengandung vitamin da mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. Menurut penelitian dari United State Departement of Agriculture, srikaya menagandung vitamin C, serat, vitamin B6, potassium, thiamin, riboflavin, magnesium, niacin, tembaga, folat, dan vitamin B9.

Bagian Pohon Srikaya yang Dimanfaatkan

Hampir seluruh bagian tanaman srikaya bisa dimanfaatkan, mulai dari daun, akar, buak, kulit pohon, dan bijinya. Di berbagai belahan dunia, buah srikaya digunakan sebagai bagian dari pengobatan tradisional. Di Meksiko, buah srikaya digunakan untuk mengusir kutu. Di India, daun srikaya ditumbuk dan dihirupkan kepada orang yang pingsan agar segara sadar. Sementara itu, di Amerika Selatan, daun srikaya dijadikan teh yang berkhasiat untuk membantu pencernaan dan melawan flu.

Jika buah srikaya sudah matang, pasti buahnya akan berasa manis. Jarang ditemukan buah srikaya yang sudah matang, buahnya tidak manis. Untuk mengetahui atau memilih buah srikaya, pilihlah srikaya yang memiliki warna hijau kekuningan di sela-sela kulitnya. Untuk srikaya merah, petik saat warna celah-celahnya berwarna merah muda cerah.

Jika buah srikaya yang sudah berwarna hijau kekuningan sudah dipetik, simpanlah di suhu ruangan. Buah yang asalnya belum lunak akan menjadi empuk dalam hitungan beberapa hari. Jika sudah lunak, simpan di lemari es. Jika sudah matang, segeralah untuk dikonsumsi karena kalau tidak segera dikonsumsi buahnya akan berair dan terlalu matang.

Khasiat Daun Srikaya

Berikut ini manfaat daun srikaya bagi kesehatan.

  • Menyembuhkan batuk dan demam.
  • Menyembuhkan reumatik.
  • Menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi.
  • Menyembuhkan diare dan disentri.
  • Mengobati rectal prolaps pada anak-anak.
  • Mengobati cacingan dan kutu kepala.
  • Mengobati borok, luka, bisul, scabies, dan kudis.

Manfaat Biji Srikaya

Berikut ini manfaat biji srikaya untuk kesehatan.

  • Membantu proses pencernaan.
  • Mengobati cacingan.
  • Mematikan kutu kepala dan serangga.

Manfaat Buah Srikaya Muda

Selain srikaya yang sudah matang, buah srikaya yang masih muda pun memiliki manfaat, yaitu:

  • Mengobati diare dan disentri akut.
  • Mengobati gangguan pencernaan.

Manfaat Akar Pohon Srikaya

Berikut ini manfaat akar pohon srikaya.

  • Mengatasi sembelit.
  • Mengobati disentri akut.
  • Mengobati depresi mental.
  • Mengobati nyeri pada tulang punggung.

Manfaat Kulit Pohon Srikaya

Berikut ini manfaat kulit pohon srikaya.

  • Mengobati diare dan disentri.
  • Mengobati luka berdarah.

Cara Mengolahnya

Untuk menyembuhkan borok atau bisul yang keras, cuci daun srikaya yang segar, kemudian giling hingga halus. Selanjutnya, tambahkan sedikit garam. Setelah selesai, ramuan ini bisa digunakan mengobati borok. Caranya, oleskan ramuan pada borok atau bisul keras kemudian tutup engan perban. Idealnya, alam sehari, gunakan ramuan 2-3 kali sehari.

Untuk mematangkan bisul, ambil isi buah srikaya yang sudah matang, kemudian giling hingga halus. Setelah halus, tambahkan sedikit garam, kemudian aduk hingga rata. Ramuan oleskan pas bisul kemudian tutup dengan kain kasa.

Menyadarkan orang pingsan. Cuci daun srikaya segar secukupnya, lalu tumbuk hingga halus. Dekatkan halis tumbukan daun tersebut pada hidung orang yang mengalami pingsan atau hilang kesadaran.

Untuk membasmi kutu anjing, mandikan anjing menggunakan air rebusan daun atau biji srikaya. Caranya, tumbuk halus daun atau biji srikaya, kemudian tambahkan air secukupnya. Saring airnya, kemudian gunakan untuk memandikan anjing yang memiliki kutu.

Menghilangkan kutu kepala. Cuci sekitar 10 biji srikaya dna daun srikaya segara sekitar 1 genggam. Lalu, giling kedua bahan tersebut hingga halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa, lalu aduk rata. Ramuan tersebut usapkan pada kulit kepala, lalu bungkus dengan menggunakan kain. Biarkan kira-kira selama 3 jam, kemudian buka dan cuci bersih kepala. Saat mencuci bersih kulit kepala, jangan sampai air bilasan masuk ke mata karena dapat menyebabkan iritasi.

Untuk menyembuhkan cacingan pada anak, cuci sekitar 15 daun srikaya segar, lalu rebus dengan lima gelas air hingga tersisa tiga gelas. Setelah dingin, saring dan minum 3 kali sehari maing-masing satu gelas.

Untuk mengobati gangguan pencernaan, cuci daun srikaya yang masih segar secukupnya. Lalu, giling hingga halus. Selanjutnya, hasil gilingan dicampur dengan minyak kelapa secukupnya, kemudian ramuan tersebut tempelkan pada perut.

Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat daun srikaya dan buahnya. Semoga penjelasan yang disampaikan bemanfaat bagi Anda.

Penulis: masandy.com

Catatan: Artikel ini merupakan hasil tulisan original penulis blog yang dibuat langsung pada halaman guest post. Jika mengandung beberapa kesamaan dalam hal materi copyright, mohon untuk segera melaporkannya. Saya akan segera memproses permohonan pemilik materi segera dalam 2×24 jam, terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini