Beranda Arsitek 16 Material Bangunan Masa Depan

16 Material Bangunan Masa Depan

1086
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
material bangunan masa depan
material bangunan masa depan

Halo rekan-rekan arsitek dan sipil sekalian, apa kabar kalian hari ini? Tentu sehat bukan? Kali ini kita akan membahas mengenai 16 Material Bangunan Masa Depan. Apa sajakah material tersebut? Mari baca penjelasannya dibawah ini.

Dari tahun ke tahun perkembangan teknologi semakin beragam, banyak peneliti atau perusahan menciptakan hal baru, mulai dari teknologi bidang pangan, pertanian, bangunan, bahkan hingga teknologi jaringan internet. Baca juga Cara membuka situs yang diblokir.

Dengan banyaknya penemuan penemuan terbaru tersebut, membuat kehidupan kita saat ini lebih mudah, efisien, ramah lingkungan, dan kedepannya saya yakin pasti akan lebih maju, bahkan yang tidak kita bayangkan saat ini akan terjadi di masa depan.

Banyak inovasi yang bermunculan di abad ini, salah satunya di bidang bahan bangunan.

16 Material Bangunan Masa Depan

Kali ini admin akan membagikan beberapa bahan bangunan yang unik dan memiliki kualitas yang tidak bisa diremehkan, berikut ini adalah 16 bahan bangunan yang dikutip dari beberapa sumber lain:

1. Batu Bata Dari Limbah Plastik

batu bata dari limbah plastikJenis bahan bangunan ini unik sekali menurut saya, dan tidak terpikirkan sebelumnya, beberapa tahun yang lalu saya melihat sebuah siaran Tv yang memberitakan seorang warga di salah satu kota di indonesia, menciptakan daur ulang limbah plastik digunakan untuk batako dan bata.

Dan diluar negeri terdapat seorang peneliti yang membuat bahan bangunan yang mengandung plastik daur ulang. Keunggulan dari limbah plastik ini adalah diciptakannya bahan bangunan yang ringan dan ramah lingkungan, dan yang menjadi nilai plusnya mengurangi limbah plastik yang semakin banyak.

2. Sistem Pendingin Ada pada Batu Bata

sistem pendingin ada pada batu bataMahasiswa dari institute of advanced Architecture of California di Spanyol, menciptakan sebuah sistem ini, ia mengkombinasikan tanah liat dan hidrogel, dan diberi nama Hydroceramics, kelebihannya dapat menimbulkan efek pendingin pada interior sebuah bangunan.

Penemuan ini kabarnya dapat menurunkan suhu di ruangan anda hingga 6 derajat celcius.

Hal tersebut karena adanya hydrogel itu tadi, jika bahan tersebut terkena atau dikasih air efeknya lebih besar bahkan hingga 500 kali lipat dari sebelumnya.

Penurunan suhu tersebut berasal dari kehadiran hydrogel dalam struktur, bahkan dapat berkembang hingga 500 kali lebih besar jika terkena air. Cara kerjanya begini saat bahan tersebut terkena air misal air hujan ia akan menyerap air dan kemudian menyimpannya, saat udara panas mulai muncul, air akan menguap, sehingga udara sekitar akan lebih dingin.

Dengan ditemukannya bahan bangunan ini membuat pengeluaran biaya Ac akan lebih berkurang.

3. Batu Bata Dibuat Dengan Puntung Rokok

batu bata dari puntung rokokBahan bangunan juga sangat unik, sebuah puntung rokok yang tidak terbyangkan oleh kita dapat dibuat menjadi sebuah bahan bangunan.

Seorang peneliti dari Australia berasal dari Universitas RMIT, yaitu Dr Abbas Mohajeranj telah menumukan bahan bahan bangunan ini, ia mengetahui bahwa puntung rokok dapat dibuat menjadi batu bata yang lebih ringan, dan energi yang dibutuhkna untuk membuatnya juga lebih sedikit.

4. Kayu Tembus Pandang Digunakan sebagai Material Konstruksi

kayu transparanTelah ditemukannya sebuah kayu dengan keunggulan mirip seperti kaca yakni tembus pandang, bahan bangunan ini diciptakan oleh Peneliti dari Stockholm’s Royal Institute of Tekhnology.

Dengan ditemukannya bahan bangunan ini dapat menekan biaya pembangunan sebuah gedung. Baca juga 16 Gedung tertinggi di dunia yang harus kamu tahu.

5. Beton Mars

beton marsBeberapa peneliti dari University Northwestern telah menemukan beton yang dibuat dari material yang ada mars saat ini.

Kabarnya beton ini memiliki kekuatan melebihi beton belerang yang katanya terbilang kokoh. Dan kelebihannya membuat bahan bangunan beton dari material mars ini tidak menggunakan air untuk membentuknya.

Untuk membuatnya pertama sulfur yang ada di mars akan dipanaskan hingga mencapai suhu 240 celcius, sehingga akan benar benar cair, lalu tanah di Mars akan menjadi agregat, setelah sulfur tadi mendingin akan berubah menjadi bahan bangunan yang kokoh.

6. Semen Dapat Bercahaya

semen bercahayaSeorang ilmuwan Dr. José Carlos Rubio Ávalos dari UMSNH of Morelia, menciptakan semen yang mampu menyerap dan memancarkan cahaya saat malam hari.

Penemuan tersebut sangat sejalan dengan efisensi energi, karena bahan tersebut bisa digunakan sebagai pencahyaan untuk mengurangi penggunaan energi.

Daya tahan semen ini juga terbilang sangat lama bisa mencapai 100 tahun, dan pemancaran cahaya yang dihasilkan selama 12 jam setiap malam.

Bahannya dari pasir sungai, limbah industri, silika, air dan alkali yang dibuat melalui proses polikondensasi.

7. Wortel dibuat untuk campuran Semen

wortel dibuat untuk campuran semenBeberapa peneliti dari Lancaster University, Inggris, membuat semen dari campuran wortel. Mereka manfaatkan partikel nano didalamnya.

8. CABKOMA Strand Rod

cabkoma strand rodKali ini penemuan berasal dari negeri sakura jepang, sebuah Laboratorium Komatsu Seiren Fabric terletak di Jepang telah menciptakan sebuah material baru yang disebut CABKOMA Strand Rod dari bahan komposit serat karbon termoplastik.

Dengan panjang mencapai 160 meter hanya memiliki berat 12 kg saja.

9. Graphene atau Grafena

graphene atau grafenaBeberapa ilmuwan dari University of Exeter menciptakan materil bangunan yang disebut Grafena. Dengan teknologi nano mereka menciptakan bahan bangunan yang memiliki kekuatan 4 kali lipat dari material biasa dan tentunya lebih ramah lingkungan serta tahan lama.

10. Batu Bata yang Dibuat dari Urin Manusia

batu bata dari urin manusiaBeberapa peneliti asal Binghamton University, New York, Amerika Serikat menemukan ide membuat material bangunan dengan prinsip dasar seperti terbentuknya batu kapur.

Pertama mereka mencampurkan pasir dengan bakteri lalu menghasilkan enzim urase yang berguna memecah urea dan urin. Saat terjadi pemecahan akan terbentuk kalsium karbonat sehingga akan terbentuk batu bata yang sama dengan batu kapur. Semakin lama bakteri berada dalam batu bata dan terus tumbuh akan lebih kuat batu bata yang dihasilkan.

11. Ashcrete

ashcreteBahan bangunan ini dibuat dari abu terbang, abu terbang tersebut berasal dari tambang batubara yang merupakan produk turunannya.

12. Balok Bangunan Dibuat dari Material Sisa (Green Cake)

balok bangunan dibuat dari material sisaKali ini ada bahan bangunan yang dibuat oleh seorang perempuan asal palestina yaitu Majd Mashharawi, ide ini muncul karena rumahnya yang hancur akibat serangan israel ke palestina, ia mencampur puing bangunan tersebut dengan semen dan abu yang diberi nama Green Cake.

Kelebihannya material tersebut lebih ringan dibanding bahan material biasa, dan kabar baiknya telah diproduksi secara massal oleh pabrik rumahan disana.

13. HempCrete

hempcreteBahan ini dibuat dari serat tumbuhan, serat tersebut berfungsi untuk merekatkan dan menguatkan jaringan dalam campuran kapur. Campuran tersebut dibuat sama halnya dengan beton lainnya, namun jauh lebih ringan.

Tumbuhan tersebut bernama Hemp, tumbuhan tersebut sanat mudah dan tumbuh dengan cepat di alam liar.
Untuk mengangkat material inipun sangat mudah sekali, karena beratnya jauh lebih ringan, sehingga membutuhkan energi yang sedikit untuk mengangkatnya.

14. Mycelium

myceliumKali ini juga ada material bangunan yang dibuat dari tumbuhan atau jamur, jamur tersebut disebut Mycelium. Untuk pembuatannya bahan organik dan batang jerami ditata sedemikian rupa lalu sekitarnya ditumbuhkan jamur tersebut, setelah jamurnya membentuk sesuai yang diinginkan, kemudian baru dikeringkan.

15. Timbercrete

timbercreteSelanjutnya ada bahan bangunan yang dibuat dari serbuk gergaji (Grajen), bahan dari kayu tersebut dicampur dengan semen.

Intinya serbuk tersebut untuk menggantikan pasir dengan tujuan mengurangi limbah bubuk gergaji. Kelebihannya ia memiliki berat yang lebih ringan dari material lainnya

16. Ferrock

ferrockDari limbah industri dibuat menjadi bahan material bangunan, bahannya berasal dari daur ulang bahan bekas seperti debu baja, sehingga material yang dihasilkan sangatlah kuat mirip dengan besi.

Kelebihannya ia mampu menyerap Co2 dan juga menahannya saat proses pengerasan bahan tersebut.

Bahan bahan diatas jika detarapkan pada sebuah bangunan umum, misal semen bercahaya, bangunan tersebut pasti akan mengundang banyak orang sehingga menjadi menjadi tempat wisata. Baca juga 25 Tempat Wisata Puncak Bogor paling menarik dikunjungi.

Sekian pembahasan tentang 16 material bangunan diatas yang menarik kita bahas, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain dapat membacanya juga. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini