Beranda Sipil Mengenal GRC Board: Papan Semen Serbaguna

Mengenal GRC Board: Papan Semen Serbaguna

143
0
BERBAGI
grc board
grc board

GRC board (Glass-fiber Reinforced Cement) adalah papan semen fiber-glass yang ringan, tahan kelembaban dan tidak mudah lapuk.

GRC board tidak dapat terbakar (sesuai dengan hasil tes BS 476, Part 4:1970). Baik untuk sistem partisi yang memerlukan ketahanan benturan yang tinggi dan ketahanan terhadap api.

Karakteristik GRC board yang kuat dan tahan terhadap jamur dan rayap tidak hanya membuat bangunan menjadi berkualitas tetapi juga memastikan bangunan yang tahan lama dan mudah perawatannya.

Permukaan GRC board yang halus dan datar, memudahkan proses finishing, dapat langsung dicat tanpa harus diplamir. GRC board mudah dalam penanganan dan penggunaannya, sehingga dapat mempercepat proses pemasangan.

GRC board sangat baik untuk sistem partisi kedap suara. GRC board dapat digunakan untuk partisi, plafon luar dan dalam, serta daerah yang terlindung pada gedung perkantoran, pabrik, hotel, sekolah, perumahan, apartemen, rumah sakit, dan sebagainya.

Ukuran standar yang tersedia yaitu: 1220mm x 2440mm dengan ketebalan 5,6,8, dan 10mm. Ukuran atau ketebalan yang di luar standar dapat dipesan sesuai keinginan. Penggunaan untuk plafon flush joint dapat menggunakan GRC board ketebalan 5mm atau 6mm. Untuk partisi, ketebalan yang digunakan adalah 6,8, dan 10mm.

GRC board tersedia dalam 2 macam bentuk tepian, yaitu Tepi Rata (SE-Square Edge) dan Tepi Landai (RE-Recessed Edge).

tepi rata dan tepi landai grc
tepi rata dan tepi landai grc

Keunggulan

Dengan metode pemasangan rangka yang dapat dibuat dari kayu atau metal zincalume, celah yang terdapat di antara kedua lapisan GRC, dapat diisi dengan instalasi ME bahkan dengan bahan kedap suara (soundproof). Pekerjaan pun akan jauh lebih cepat dilaksanakan.

Pada kesimpulannya, material ini memiliki beberapa keunggulan yang bisa dipertimbangkan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Waktu pengerjaan yang lebih cepat dan lebih rapi daripada pengerjaan dinding konvensional.
  2. Lebih tahan terhadap kelapukan, rayap dan jamur.
  3. Mudah pemasangannya dan juga maintenance pada saat penggantian material yang rusak.
  4. Pada saat pengerjaan, lokasi kerja dapat lebih bersih daripada pengerjaan dinding konvensional.
  5. Dengan kemudahan dan waktu pengerjaan yang lebih cepat maka berpotensi menghemat biaya konstruksi.

Aplikasi

GRC Board sangat cocok diaplikasikan untuk dinding luar, karena lebih tahan cuaca (panas & hujan), sehingga dapat diaplikasikan, untuk:

  • Cladding/ Dinding luar (tebal 9 & 12mm)

dinding luar grc

  • Cubical Toilet (tebal 15mm)

cubicle toilet

  • Pagar Proyek (tebal 9mm)

pagar proyek grc

  • Lantai. Dimensi: 15mm x 1220 x 2440mm (berat 41kg)

lantai grcSekian postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa membacanya juga. Untuk mengikuti perbaruan konten situs ini, silahkan berlangganan melalui notifikasi yang muncul saat mengakses situs ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini