Beranda Sipil Mengenal Konstruksi Dinding Bambu dengan Plesteran

Mengenal Konstruksi Dinding Bambu dengan Plesteran

457
0
BERBAGI
rumah konstruksi dinding bambu
rumah konstruksi dinding bambu

Kali ini darsitek menulis sebuah artikel tentang Konstruksi Dinding Bambu dengan Plesteran. Kekayaan alam indonesia memang sangat luar biasa sekali, tinggal apakah kita mau memanfaatkan secara maksimal atau tidak. Bambu sebagai salah satu jenis kekayaan alam yang saat ini masih belum dimanfaatkan secara maksimal. Upaya peningkatan dalam penggunaan bambu telah banyak dilakukan salah satunya adalah penggunaan bambu sebagai dinding rumah dengan penambahan plesteran pada bagian luar.

Konstruksi Dinding Bambu dengan Plesteran

dinding bambu plaster, original image by PKBM di Jatinangor

Konsep rumah bambu plester (adukan Pasir dan semen) merupakan konsep Bangun rumah murah dengan karakter rumah tembok yang memanfaatkan potensi bambu suatu daerah. Bambu dipakai sebagai bahan dinding dan sekaligus rangka rumah, yang kemudian diplester untuk mendapatkan tambahan perkuatan dan ekspresi rumah dinding tembok. pada Konsep konstruksi dinding bambu plaster dikembangkan berdasarkan penelitian rumah bambu plaster peninggalan Belanda yang mampu bertahan hingga 90 tahun.

Perubahan mendasar dari konstruksi bambu plaster Belanda adalah pemakaian bambu sebagai rangka dinding menggantikan kayu. Keseluruhan dinding anyaman sasak dan rangka bambu ini akan diplester sehingga menghasilkan kekuatan yang lebih baik dan ekspresi rumah tembok. Lihat gambar dibawah ini.

konsep plesteran dinding bambu, original image by PKBM di Jatinangor

Untuk lebih jelasnya, silahkan download file dibawah ini. Dalam file rar terdapat beberapa file pdf untuk konsep rumah bambu ini. Silahkan diambil dan dibaca semuanya, gratis tidak berbayar.

Download

Password rar: asdar.id

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya.

Ok, mungkin itu saja postingan darsitek hari ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Kepada seluruh pengunjung setia darsitek diharapkan partisipasinya untuk share artikel ini agar teman-teman yang lain bisa membacanya juga. Karena dengan berbagi itu indah 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here