Beranda Kesehatan Penyebab dan Cara Alami Mengobati Mata Merah

Penyebab dan Cara Alami Mengobati Mata Merah

107
0
BERBAGI
penyebab mata merah

Kali ini saya akan memposting mengenai Penyebab Dan Cara Alami Mengobati Mata Merah. Mata yang merah memang terasa sangat tidak nyaman. Selain rasanya pedas, mata yang merah juga membuat pandangan menjadi sedikit terganggu, dan kita pun menjadi kurang percaya diri saat keluar rumah. Biasanya mata yang merah disebabkan oleh debu yang menempel lalu dikucek keras dengan tangan.

Maka dari itu hindarilah mengkucek mata agar tidak memerah. Selain itu, ada juga penyebab lainnya yang mungkin perlu untuk anda ketahui. Berikut beberapa penyebnya.

Penyebab mata memerah

Pada umumnya mata yang memerah disebabkan karena pembuluh darah permukaan mata yang meradang. Hal itu disebabkan karena adanya iritasi pada mata. Iritasi tersebut disebabkan oleh benda asing maupun polusi udara seperti berikut ini:

  • Debu.
  • Udara yang kering atau panas.
  • Terpapar sinar matahari.
  • Batuk.
  • Virus dan bakteri.
  • Reaksi pada alergi.

Selain disebabkan oleh beberapa faktor diatas, ada juga faktor lainnya yang menyebabkan mata menjadi merah. Faktor penyebab lain cenderung tidak serius namun memberikan tanda bagi anda. Bisa saja mata anda yang merah disebabkan karena kurang istirahat, mata merah karena hal ini tidak perlu dilakukan pengobatan, akan sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Adapun penyebab yang lebih serius lagi adalah karena terjadi infeksi pada mata anda. Infeksi ini dapat terjadi pada struktur yang berbeda dari mata dan biasanya akan menimbulkan gejala seperti nyeri, tahi mata berlebihan, atau perubahan visi. Berikut ini beberapa infeksi yang terjadi pada mata:

  • Peradangan yang terjadi pada folikel bulu mata (blepharitis).
  • Peradangan selaput mata (konjungtivis atau penyakit mata menular).
  • Borok yang menutupi mata (ulkus kornea).
  • Radang pada uvea (uveitis).

Selain itu, ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan mata memerah. Berikut ini diantaranya:

  • Trauma atau luka pada mata.
  • Tekanan bola mata meningkat yang menyebabkan rasa sakit (glaukoma akut).
  • Tergoresnya kornea akibat iritasi atau sering menggunakan lensa kontak.
  • Masalah perdarahan.

Cara alami mengobati mata merah

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab dari mata yang memerah. Yang perlu anda ketahui selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasinya dan bagaimana cara penyembuhannya yang benar. Nah, berikut ini ada beberapa cara alami yang bisa anda lakukan untuk menyembuhkan mata merah:

1. Obat tetes mata

Lakukanlah pengobatan dengan menggunakan obat tetes mata yang bisa anda dapatkan dari puskesmas, apotik, ataupun dokter terdekat. Obat mata ini bisa meredakan rasa gatal pada mata. Namun harus ingat, jangan menggunakan terlalu berlebihan, sebab akan memberikan efek tidak baik untuk mata jika berlebihan.

2. Menggunakan air mawar

Agar memberikan rasa nyaman pada mata anda, anda bisa memanfaatkan khasiat bunga mawar yang alami. Cukup rendam bunga mawar didalam air dingin. Lalu gunakan air rendaman mawar tersebut untuk mencuci mata anda. Efek dingin yang ditimbulkan dari air mawar tersebut bisa memberikan rasa nyaman pada mata anda.

3. Gunakan mentimun

Anda juga bisa memanfaatkan mentimun untuk pengobatan alami mata merah. Mentimun akan memberikan efek nyaman pada mata anda dan akan meredakan mata yang memerah. Anda cukup iris mentimun lalau letakkan diatas mata anda. Tunggulah beberapa saat, anda bisa melakukan cara ini sambil mendengarkan musik.

Loading...

4. Gunakan irisan kentang

Anda juga bisa memanfaatkan irisan kentang untuk mengatasi mata memerah. Irislah kentang seperti mentimun, lalu letakkan irisan kentang tersebut diatas mata anda. Mata anda akan terasa lebih rileks dan rasa gatal pun akan perlahan menghilang.

5. Gunakan air rebusan sirih

Air rebusan sirih juga bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah mata merah. Rebuslah empat lembar daun sirih, lalu kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk mengkompres mata anda. Tapi sebelumnya tunggu dulu hingga dingin. Air rebusan sirih ini mengandung antiseptik yang sangat efektif untuk meredakan rasa gatal, sakit, dan menghilangkan kemerahan pada mata.

6. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya memang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan, khususnya untuk kesehatan dan kecantikan rambut. Tapi tahukah anda kalau ternyata lidah buaya sangat baik untuk kesehatan mata. Yaitu dapat mengobati masalah mata yang merah. Kandungan antiseptik didalamnya mampu mencegah iritasi dan juga memberikan sensasi dingin. Mata akan terasa lebih nyaman dan terhindar dari rasa panas.

7. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup juga diperlukan dalam hal ini. Untuk menyembuhkan mata anda yang merah, anda perlu istirahat yang cukup dan tidur yang cukup. Tidurlah kurang lebih antara 6-8 jam setiap malamnya. Ketika bangun tidur, usaplah mata anda dengan air dingin agar kotoran bisa hilang dan terhindar dari iritasi mata.

8. Getah daun patikan kebo

Mungkin anda masih merasa asing dengan yang namanya daun patikan kebo. Tapi sebenarnya daun ini mudah ditemukan disekitar kita. Anda bisa memanfaatkan getahnya untuk mengobati mata yang merah. Anda cukup meneteskan getah daun patikan kebo pada mata anda, lakukan dua kali sehari sebanyak 2-3 tetes.

9. Air hangat

Anda juga bisa menggunakan air hangat yang lebih mudah dan simpel. Air hangat yang anda kompreskan pada mata akan bisa mengembalikan warna awal pada mata anda. Warna merah akan hilang dan membuat mata terasa lebih rileks. Lakukan cara ini secara rutin untuk menyembuhkan lebih cepat.

Kapan harus ke dokter?

Memang beberapa kondisi mata memerah ada yang memerlukan penanganan medis. Tidak semua mata memerah bisa disembuhkan sendiri dengan bahan maupun obat alami. Jadi, jika anda mengalami mata merah tapi tidak bisa disembuhkan dengan cara diatas, maka segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Adapun gejalanya adalah sebagai berikut:

  • Berlangsung lebih dari dua hari.
  • Mengalami perubahan visi.
  • Rasa sakit pada mata.
  • Sensitif terhadap cahaya.
  • Tahi mata berlebihan pada satu atau kedua mata.

Mata anda memerah bersamaan dengan anda mengkonsumsi obat pengencer darah seperti heparin atau warfarin.

Meskipun sebagian besar penyebab mata memerah bukanlah hal yang serius atau membahayakan, tapi anda juga perlu dilakukan penanganan medis darurat apabila terjadi beberapa hal berikut ini:

  • Mata merah yang anda alami terjadi karena trauma atau cidera.
  • Terasa sakit kepala atau perubahan visi.
  • Anda melihat adanya semacam cincin putih (halos) pada sekitar lampu.
  • Anda mengalami mual-mual dan muntah.

Demikianlah informasi tentang Penyebab dan Cara Alami Mengobati Mata Merah, semoga informasi diatas bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here