Beranda Struktur Bangunan Ukuran dan Bentuk Pondasi Rumah 3 Lantai

Ukuran dan Bentuk Pondasi Rumah 3 Lantai

3133
0
BERBAGI
asdar.id menyediakan Member Premium Download untuk download file tanpa embel-embel iklan dan halaman, apa lagi harus menunggu timer yang begitu lama. Dengan berlangganan Member Premium Download, semua file dapat didownload dengan singkat langsung menuju ke sumbernya!, klik DISINI untuk DAFTAR :-) Untuk cara download file Member Free Download, bisa membaca Tutorial Download yang ada dibawah Timer (halaman Safelink) saat menekan tombol download.
Rekomendasi aplikasi hitung cepat RAB akurat dan otomatis, sangat mudah digunakan. Tinggal ganti dimensi, RAB Langsung Jadi. Jika anda seorang ahli sipil atau arsitek, rugi jika tidak punya filenya. Silahkan klik DISINI untuk mendapatkan Filenya.
pondasi rumah 3 lantai

Jika menggunakan foot plat / cakar ayam, pasangan pondasi batu kali, atau bore pile / tiang pancang yang kuat namun tidak boros, berikut adalah contoh bentuk dan ukuran pondasi untuk rumah 3 lantai.

Syarat untuk menggunakan struktur ini adalah bangunan harus berdiri di atas tanah yang keras, bukan tanah yang lunak seperti rawa-rawa. Jika bangunan berdiri di atas tanah lunak, maka tidak dapat menggunakan pasangan batu kali atau cakar ayam, tetapi harus menggunakan tiang pancang.

Bangunan ini diperuntukkan sebagai rumah tinggal atau perkantoran dengan beban lantai sekitar 250kg/m2 dan tidak memiliki tempat parkir mobil di lantai 2, 3, atau atap. Selain itu, tidak ada beban material atau mesin pada bangunan yang beratnya melebihi 300kg/m2.

Ukuran dan Bentuk Pondasi Rumah 3 Lantai

Berikut adalah beberapa alternatif struktur pondasi yang bisa dipakai untuk rumah 3 lantai:

1. Pondasi Foot Plat / Cakar Ayam

Jika jarak antara kolom kurang dari 3m, maka dimensi cakar ayam dapat dikurangi. Pondasi akan memiliki ukuran 1m x 1m x 0,25m dan menggunakan besi tulangan diameter 13mm. Kedalaman pondasi akan mencapai 1,5m atau sejauh mencapai lapisan tanah keras.

2. Pondasi Pasangan Batu Kali

Salah satu pilihan alternatif adalah menggunakan pasangan batu kali dengan campuran adukan 1 takar semen berbanding 6 pasir. Pondasi akan memiliki penampang berbentuk trapesium dengan lebar bawah 80cm, lebar atas 40cm, dan tinggi 100cm.

3. Pondasi Bore Pile / Tiang Pancang

Alternatif lainnya adalah menggunakan bore pile atau tiang pancang. Kedalaman pondasi akan disesuaikan dengan kedalaman lapisan tanah keras yang ada di dalam tanah. Sebelumnya, dilakukan tes sondir untuk menentukan kedalaman pondasi yang tepat.

Contoh Gambar Pondasi Rumah 3 Lantai

Salah satu opsi yang mungkin adalah menggunakan perpaduan pasangan batu kali dan cakar ayam yang diletakkan di bagian bawah struktur kolom utama. Dalam hal ini, tidak diperlukan pemasangan foot plate untuk kolom yang lebih praktis. Gambarannya dapat dilihat sebagai berikut:

ukuran dan bentuk pondasi rumah 3 lantai
ukuran dan bentuk pondasi rumah 3 lantai

Demikianlah beberapa alternatif model struktur pondasi untuk rumah 3 lantai yang dapat digunakan. Setiap model memiliki bentuk, ukuran, dan material yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tanah yang ada. Pemilihan model struktur pondasi yang tepat sangat penting untuk menjaga keamanan dan stabilitas bangunan.

Ini hanyalah gambaran umum saja untuk bangunan yang berdiri diatas tanah normal dan keras bukan untuk struktur tanah lunak, serta kekuatan gempa didaerah tersebut tidak melebihi normal.

Untuk lebih jelasnya, praktisi teknik sipil dapat melakukan perhitungan struktur yang tepat untuk menentukan desain yang kuat namun hemat. Jika tidak ada perhitungan yang matang, membuat pondasi yang besar dengan penggunaan material berlebihan akan menjadi pemborosan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini