Beranda Info 10 Fakta Menarik Tentang Xiaomi Yang Wajib Anda Ketahui

10 Fakta Menarik Tentang Xiaomi Yang Wajib Anda Ketahui

156
0
BERBAGI
Xiaomi Logo

Postingan darsitek kali ini akan mengulas mengenai 10 Fakta Menarik Tentang Xiaomi Yang Wajib Anda Ketahui. Perusahaan sekarang ini didirikan pada tahun 2010, produsen smartphone asal China Xiaomi menjadi salah satu fenomena di industri smartphone dalam beberapa tahun terakhir.

Meskipun terbilang merek baru, Xiaomi langsung merajai pasar pada awal-awal peluncurannya. Xiaomi juga menjadi salah satu perusahaan startup paling bernilai didunia. Berikut ini adalah fakta menarik tentang Xiaomi yang wajib anda ketahui:

Dimulai Dari Startup Kecil

Dimulai Dari Startup Kecil

Pada awalnya Xiaomi hanyalah sebuah startup yang kecil yang hanya beranggotakan 30 orang saja, namun berkat konsistensi dan kerja keras yang mereka lakukan kini Xiaomi mampu mempekerjakan 8.000 karyawan. Bahkan menurut beberapa sumber, saat ini Xiaomi memiliki omset sekitar US $ 20 Miliyar tentu merupakan angka yang cukup besar untuk sebuah perusahaan yang baru.

Nama Yang Misterius

Nama Xiaomi Yang Misterius

Kata Xiaomi lahir dari sebuah transposisi huruf china ke alfabet barat, tentu hal ini menimbulkan interpertasi yang sangat membingungkan bagi banyak orang. Di china sendiri pengucapan kata Xiaomi yang benar adalah “Shao Mi”. Xiaomi berasal dari dua karakter yaitu “Xiao” dan “Mi”, jika diartikan secara harfiah maknanya berarti “sedikit millet”. Millet adalah makanan dari jenis padi-padian atau bisa juga disebut “Little Rice” atau “Nasi Sedikit”. Sedangkan logo Xiaomi merupakan alfabet barat “Mi”, dalam hal ini Xiaomi ingin menghubungkan karakter China dengan huruf latin terbalik. Disini terlihat simbol China untuk Mi yang berarti “Hati”.

Keuntungan Kecil

Keuntungan Kecil tapi Laris

Prinsip Xiaomi adalah untung sedikit yang penting laku banyak. Meskipun bisa dibilang pendapatan Xiaomi tergolong besar tetapi hal tersebut tidak sebanding dengan keuntungan yang diperoleh. Mungkin hal ini bisa terjadi karena semboyan yang mereka gunakan yaitu menciptakan produk premium tetapi memiliki harga yang murah. Sebagai contoh pada tahun 2013 lalu dari pendapatan $ 4.3 Miliyar, Xiaomi hanya mendapatkan untung $ 56 Juta saja. Inilah salah satu alasan mengapa produk Xiaomi dijual murah.

Produk Yang Murah

Produk Yang Murah

Dari sembilan produk Xiaomi yang dijual merupakan smartphone dengan badrol harga yang terjangkau dan cukup murah. Ini karena Xiaomi merupakan produsen smartphone yang hadir dalam pangsa pasar dunia dengan memliki konsumen dilini menengah kebawah serta mampu menyesuaikan dengan keinginan masyarakat sebagai peminat smartphone. Kunci kesuksesan Xiaomi yaitu merilis produk dalam jumlah terbatas tiap minggu. Ternyata formula ini efektif menekan biaya produksi, bahkan dengan permintaan yang sangat tinggi Xiaomi masih saja melepas jumlah unit yang sangat terbatas ke pasaran sehingga menyebabkan calon konsumen merasa frustasi dan semakin penasaran untuk memilikinya.

Pekerja Berpengalaman

Karyawan Berpengalaman

Tiga dari karyawan posisi teratas berasal dari Google. Salah satu pendiri sekaligus presiden Xiaomi “Lin Bin” pernah menjabat wakil presiden Google China. “Hong Feng” salah satu pendiri dan wakil presiden Xiaomi pernah menduduki jabatan Senior Product Manager untuk Google China. Sedangkan “Hugo Barra”, wakil presiden Xiaomi pernah bekerja untuk Google sebagai wakil presiden Android Product Management. Pada tahun 2014, Xiaomi menyambut salah satu dari 3 pendiri Apple sekaligus pelopor personal komputer “Steve Wozniak” dalam sebuah acara. Menurutnya Xiaomi memiliki produk unggulan yang cukup baik untuk dapat bersaing dipasar Amerika Serikat, bahkan salah satu pendiri Xiaomi sering disebut-sebut sebagai Steve Jobs dari China dan Xiaomi bisa dibilang sebagai Apple dari China.

Loading...

Produk Bervariasi

Produk Bervariasi

Tak mau kalah dengan vendor besar lainnya seperti Samsung, Huawei serta Sony, Xiaomi terus memperluas bisnisnya kebanyak bidang teknologi lainnya mulai dari power bank, earphone, smartwatch, kamera, laptop, tablet, dan perangkat smarthome, menariknya Xiaomi terus konsisten memberikan harga yang murah dibanding produk mini vendor lainnya. Tak hanya itu saja, baru-baru ini Xiaomi juga telah menciptakan masker canggih yang anti polusi.

Dituduh Mata-Mata

Dituduh Mata-Mata

Sebagian dari anda mungkin pernah mendengar bahwa China cenderung melakukan aksi mata-mata atau spying dengan menggunakan ponsel mereka. Pada tahun 2014, spywer terdeteksi pada catatan Xiaomi Red Mi dan Xiaomi Red Mi 1s dan telah diaktifkan pada model yang dijual di China, Hongkong dan Taiwan. Namun pada tahun 2015, sebuah perusahaan di China bernama “G Data” mengumumkan bahwa hal tersebut umum terjadi tak hanya pada produk Xiaomi saja, akhirnya Xiaomi berhasil mendapatkan reputasinya kembali.

Fokus Penjualan Online

Fokus Penjualan Online

Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa Xiaomi selalu menjual produknya dengan harga yang relatif murah dan hampir mendekati biaya produksi. Cara pemasarannya pun tidak menggunakan cara konvensional tetapi berbasis penjualan online. Hal tersebut diklaim dapat memangkas biaya untuk promosi, biaya sewa toko, dan biaya-biaya operasional lainnya.

Guinness World Record

Guinness World Record

Xiaomi Mi3 dianggap sebagai smartphone tercepat didunia pada saat peluncurannya. Xiaomi pernah menjual Smartphone Xiaomi Mi3 sebanyak 15,000 unit hanya dalam waktu 2 detik di India dan dalam hitungan 86 detik telah terjual sebanyak 100,000 unit habis dipesan oleh calon pembeli melalui situsnya. Penjualan smartphone Xiaomi dalam even festival yang diselenggarakan dalam rangka ulang tahun perusahaan yang ke-5 pada tahun 2015 lalu berhasil memecahkan Guinness World Record dengan menjual 2.11 Juta smartphone hanya dalam waktu 24 jam.

MI fans Indonesia

MI fans Indonesia

Kekompakan dan kesetiaan penggemar Xiaomi atau yang disebut dengan MI fans di Indonesia membuat petinggi kagum. Mereka mempunyai komunitas yang aktif menyelenggarakan acara atau even yang terorganisasi walaupun tanpa bantuan Xiaomi. Hugo Barra, orang nomor satu yang bertanggung jawab atas ekspansi Xiaomi ke luar Tiongkok tak pernah menduga bila penyebaran Xiaomi di Indonesia akan diadopsi dengan begitu cepat. Ia mengatakan MI fans di Indonesia saat ini jumlahnya sangat banyak bahkan menjadi yang terbanyak diluar Tiongkok. Mereka menjadi brand ambassador dalam mengenalkan produk-produk Xiaomi.

Sekian artikel kali ini mengenai 10 Fakta Menarik Tentang Xiaomi Yang Wajib Anda Ketahui, semoga bisa menjadi informasi yang berguna. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here