Beranda Blog & Website Cara Input Data ke Database Mysql dengan PHP dan Mysqli

Cara Input Data ke Database Mysql dengan PHP dan Mysqli

430
1
BERBAGI
Input Data ke Database Mysql dengan PHP Mysqli

Selamat malam sobat darsitek, apa kabar? Pasti sehat selalu kan? Langsung saja tanpa berbasa-basi di artikel saya kali ini kita akan belajar mengenai CaraĀ Input Data ke Database Mysql dengan PHP dan Mysqli. Ya di sini kita akan membahas contoh sederhana bagaimana proses menginput data dengan PHP Mysqli extension yang merupakan pengembangan dari MySql extension.

Sebelumnya saya telah memposting tentangĀ cara penulisan koneksi Mysqli dengan PHP Class, jika kamu belum baca silahkan baca dulu.

Tetapi di artikel ini juga saya bahas sekalian dengan proses koneksinya biar lebih jelas. Aplikasi untuk studi kasus ini yaitu menggunakan XAMPP.

Cara Input Data ke Database Mysql dengan PHP dan Mysqli

Langkah awal kita yaitu silahkan aktifkan server localhost kamu dan kamu buat database, buka browser dan masukkan keĀ PhpMyAdminĀ dengan alamatĀ http://localhost/phpmyadmin.

Jadi, saya menganggap kamu sudah menginstal webserver di komputer kamu, apabila belum silahkan browsing aja di google untuk mendownload aplikasinya seperti XAMPP, WAMPP, atau sejenisnya sesuai dengan operasi sistem kalian. Sebagai contoh kita membuat database dengan nama darsitek_db.

Kita lanjut dengan membuat Tabel baru, misal kita buat tabelĀ productsĀ dengan jumlah kolom 4:

product_id => int(10) – Primary Key – AUTO_INCREMENT
title => varchar(250)
description => text
time_stamp => int(15)

Sekarang kita buat file PHPnya, buka aplikasi PHP editor kesayangan kamu seperti Notepad++, Sublime Text atau apa saja yang lebih canggih lagi. Misal nama filenya adalahĀ contoh.phpĀ dan berikut kodenya:

<?php class Database { protected $connect; // Server Mysql private $db_host = 'localhost'; // Username Mysql private $db_user = 'root'; // Password Mysql private $db_pass = ''; // Nama Database private $db_name = 'darsitek_db'; /** * Membuat koneksi ke Mysql untuk variabel $connect */ public function sqlConnect() { $this->connect = new mysqli($this->db_host,$this->db_user,$this->db_pass,$this->db_name);  
        if ($this->connect->connect_error)
        {
            die('Database Error : <b>'.$this->db->connect_error.'</b>');
        }
        else
        {
            return $this->connect; 
        }   
    }
}
?>

Pada contoh kode di atas terdapatĀ protected $connect;Ā yang artinya variabel $connect ini di proteksi dan hanya bisa di gunakan dalam class itu sendiri. Untuk menggunakannya adalah dengan membuat public class seperti contoh di atas dengan namaĀ public function sqlConnect()Ā untuk di gunakan pada class lainnya.

Loading...

Sekarang kita bisa membuat class lainnya untuk keperluan konten website misalnyaĀ class MainĀ yang akan berisi fungsi untuk input dan proses data seperti query Mysql.

Tambahkan kode berikut ini setelah code di atas:

class Main extends Database
{
    protected $link;
    /**
     * Menjalankan fungsi "sqlConnect" pada Class Database
     */
    function __construct()
    {
        $this->link = parent::sqlConnect();
    } 
    /**
     * Fungsi untuk Menjalankan Query Mysql
     */
    function setQuery($sql)
    {
        $query = $this->link->query($sql);
        return $query;
    }
}

Untuk mulai menginput data, kita tinggal memanggil Class Main saja dengan membuat variabel php yang baru sesuai dengan keinginan kita contohnyaĀ $nama_variabel = new Main();Ā yang artinya semua fungsi yang bersifat public dalam Class main akan di akses melalui variabelĀ $nama_variabel. Contohnya untuk menggunakan fungsi setQuery() yang ada di class Main gunakanĀ $nama_variabel->setQuery(“Query SQL”);.

Sekarang kita buat skript untuk input data ke Database Mysql seperti berikut ini.

// Panggil Class Main
$Main = new Main();

// Data untuk di input
$title = "Produk Pertama Saya";
$description = "Ini adalah produk berkualitas terbaik";
$time_stamp = time();

//proses Input ke Database
$insert = $Main->setQuery("INSERT INTO `products`(title,description,time_stamp) VALUES('$title','$description','$time_stamp')");
if($insert)
{
    echo 'Sukses...';
}
else
{
    echo 'Gagal...';
}

Selanjutnya jalankan file di browser kamu dengan mengetikĀ http://localhost/contoh.php, apabila sukses akan menampilkanĀ Sukses…sebaliknya jika tidak akan munculĀ Gagal…. Berikut hasil pada tabel phpmyadmin:

hasil input tabel products di phpmyadmin

Terlihat ada fieltĀ product_idĀ terisi 1 merupakan hasil inputan mysql secara otomatis karena fieltnya sudah kita setting auto_increment. Begitupun jika di input berulang maka akan terisi 2 dan seterusnya sehingga tidak ada data yang sama untuk field product_id ini.

Sekian dulu pembelajaran kita di artikel ini, berikutnya akan kita bahas bagaimana menampilkan data dari Database mysql dan masih banyak lagi tutorial lainnya. Tetapi saya berencana ingin membuat artikel pemograman mulai dari dasar sekali, agar yang awam juga bisa belajar.

Jadi, jangan lupa bookmark website ini di browser kamu agar lebih mudah untuk membukanya atau berlangganan notifikasi karena saya usahakan untuk mengupdate konten artikel walau bukan setiap harinya.

Terimahkasih banyak telah membaca artikel pembelajaran dan jangan lupa bagikan artikel jika kalian rasa bermanfaat, caranya cukup mudah kalian hanya tinggal klik tombol share yang ada disitus ini.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here