Beranda Blog & Website Cara Jitu Dan Ampuh 100 Persen Supaya Peringkat 1 Di Halaman Google...

Cara Jitu Dan Ampuh 100 Persen Supaya Peringkat 1 Di Halaman Google Dijamin Work

467
0
BERBAGI
Seo Google

Halo teman-teman berjumpa lagi dengan saya Moldy Ramadhan dari asdar.id, kali ini kita akan belajar tentang cara dan teknik sederhana untuk masuk peringkat 1 di halaman google atau sering kita sebut SEO. Nah bagaimana caranya? Nanti teman-teman akan praktek secara langsung di artikel saya kali ini. Lalu apa saja sih yang akan kita bahas topiknya? Berikut adalah rangkuman materi kita kali ini:

  1. Research Keywords
  2. Kombinasi Keywords
  3. Posting
  4. Menambah Link
  5. Backlink
  6. Sharing
  7. Tidak Perlu Ping

Oke langsung saja kita mulai pembahasannya, tolong teman-teman baca dan perhatikan baik-baik sampai selesai agar nanti bisa berjalan lancar bila menggunakan trik saya ini.

Research Keywords

Nah untuk teman-teman, pertama kita akan melakukan Research keywords terlebih dahulu , saya mencontohkan akan mengambil dari Tools -> Keyword Planer, selanjutnya kita ketikkan kata kunci kita, dalam hal ini saya menggunakan “usaha kreatif”. Kemudian pada settingan anda pilih Targeting : Indonesia, Bahasa : Indonesia, silahkan lihat gambar dibawah dan ikuti saja, lalu klik Get ideas.

Research Keywords di Google Keyword Planer

Klik tab bagian Keyword ideas, lalu teman-teman lihat akan muncul banyak kata kunci, tapi kita hanya mengambil kata kunci yang lebih spesifik saja, dalam hal ini kata yang berhubungan dengan “usaha kreatif”.  Lihat monthly search nya itu ada 2,900 pencari perbulan dengan kompetisi yang rendah (Low) yang artinya kita masih besar kemungkinannya berada di halaman pertama Google.

Research Keywords di Google Keyword Planer

Selanjutnya kita cari bagian yang kedua adalah kita ketik dulu keyword pilihannya di notepad yang sudah anda dapatkan pada keyword planer tadi, misalnya saya mengumpulkan ada 6 kata kunci,

  1. Usaha kreatif
  2. Contoh usaha kreatif
  3. Usaha kreatif mahasiswa
  4. Usaha kreatif dan inovatif
  5. Bisnis kreatif
  6. Usaha kreatif rumahan

Tips: Keyword yang kita ambil usahakan semua saling berkaitan, paling banyak dicari, dan tingkat persaingannya low (rendah). Kata kunci yang disarankan kalau untuk saya cukup 7 saja, dan kalau kualitas artikel kalian berbobot maka anda bisa menggunakan keyword maksimal 25.

Kombinasi Keyword

Setelah kalian mendapatkan keyword yang saling berkaitan, hal selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah menggabungkan/mengkombinasikan judul dengan keyword yang sudah kita dapatkan tadi. Misalnya saya mengambil judul Peluang Usaha Kreatif Untuk Mahasiswa Tahun Ini, jadi kita hanya mengambil fokus keywordnya adalah usaha kreatif. Kemudian teman-teman perlu tau kenapa saya mengambil judul dengan kata “tahun ini”, mungkin teman-teman bisa bayangkan kalau artikel ini saya buat sekarang terus tahun depan ada yang mencarinya, maka artikel saya ini tetap akan dibaca karena dianggap tidak expire. Misalnya saya buat artikel dengan judul “Peluang usaha kreatif untuk mahasiswa tahun 2017”, nah jika tahun depan atau dua tahun depan berikutnya maka artikel saya tadi sudah tidak berlaku lagi karena tahunnya sudah lewat/expired. Berbeda jika saya menggunakan judul “Peluang usaha kreatif untuk mahasiswa tahun ini”, pembaca akan tetap menganggapnya artikel terbaru meskipun saya membuatnya tahun lalu. Jadi teman-teman juga perlu lebih kreatif dalam memilih judul yang kita sudah modifikasi dari keyword-keyword yang sudah kita cari.

Oke, bagi teman-teman yang menggunakan wordpress langsung saja kita copy judul yang kita kombinasikan tadi dan login ke wordpress teman-teman, untuk yang menggunakan blog silahkan login ke blognya. Saya disini menggunakan WordPress, kemudian saya ke menu Post -> Add New lalu saya paste dijudulnya, silahkan lihat gambar dibawah ini.

Menambah posting baru di WordPress

Ingat teman-teman fokus keyword kita kali ini adalah usaha kreatif, saya coba pastekan dulu judulnya dalam area post agar tidak lupa. Kebetulan saya disini menggunakan WordPress Plugin SEO by Yoast, teman-teman bisa mencari tutorialnya di Google. Oke silahkan lihat saja gambar dibawah ini.

Target untuk fokus keyword

Lihat gambar diatas pada tab General, Focus keywordnya saya isi “usaha kreatif”, kemudian pada bagian SEO Title saya pastekan “Peluang Usaha Kreatif Untuk Mahasiswa Tahun Ini”, kemudian Meta Description saya isikan “Peluang usaha kreatif untuk mahasiswa tahun ini salah satu diantaranya adalah membuka usaha kuliner, bisnis online, bisnis travel online serta les privat” dan Meta Description ini jangan melebihi 156 karakter. Untuk Meta Keywords saya rasa tidak perlu di isi, kemudian Tags nya juga tidak perlu. Saya rasa pada tahap ini sudah cukup oke.

Lihat kembali gambar diatas, perhatikan pada Focus keyword usage, Article Heading: Yes (1) yang artinya sudah ada, Page title: Yes (1), Page Url: No, Content: Yes (1), Meta description: Yes (1) semua focus keywordnya adalah “Usaha Kreatif”. Perhatikan pada Page Url nya masih No itu karena artikelnya belum di save, saya save dulu agar menjadi Yes (1), lihat gambar dibawah setelah saya save.

Focus keyword Usage

Posting

Topik pembahasan kita selanjutnya adalah posting. Jadi teman-teman perlu tau yang namanya SEO itu perlu beberapa bagian seperti diatas, yaitu Article Heading, Page title, Page URL, Content, dan Meta description. Kemudian nanti Page Analysis juga masih kita belum isi, nanti kita akan tambahkan, tapi sebelumnya saya akan menambahkan dulu content yang sudah saya siapkan sebelumnya. Teman-teman harus perhatikan bahwa artikel yang bagus dan bernilai tinggi secara content itu yaitu yang kita ketik sendiri dan hasil pemikiran sendiri. Lihat gambar dibawah ini.

postingan untuk konten

Pada content/artikel yang saya buat, ada beberapa hal penting yang akan saya jelaskan, yang pertama artikel ini belum ada gambarnya, maka saya upload dulu gambarnya.

insert media berupa gambar

Pada gambar diatas teman-teman perhatikan, Titlenya harus dibuat yang mengandung unsur kata/keyword yang sudah kita cari tadi yaitu “usaha kreatif”. Kemudian Captionnya boleh di isi boleh juga tidak, Alt Textnya di isi juga dan harus mengandung unsur keywordnya, dan Descriptionnya juga harus seperti itu. Lalu saya insert saja gambarnya, lihat contoh dibawah.

memasukkan gambar kedalam konten

Pada bagian Set featured image, saya tambahkan saja biar lebih indah, saya buat gambar yang sama supaya lebih bagus. Kemudian kita ke Tab Page Analysis, perhatikan gambar dibawah.

Tab Page Analysis

Perhatikan kata No subheading tags (like an H2) appear in the copy, pointnya berwarna kuning, ini maksudnya judul kecil seperti H2 tidak ada dalam content saya, maka saya buat dulu, lihat gambar dibawah.

subheading tags H2

Selanjutnya lihat lagi kalimat yang berwarna kuning, The page title contains keyword / phrase, but it does not appear at the beginning: try and move it to the beginning, kalau yang ini tidak apa-apa, ini maksudnya focus keyword “usaha kreatif” saya tidak buat diawal Judul, tetapi setelah kata “Peluang”, tapi tidak apa-apa itu tidak terlalu berpengaruh.

page analysis score
fokus keyword pada judul

Kemudian yang terpenting lagi adalah No outbound links appear in this page, consider adding some as appropriate, ini maksudnya adalah didalam artikel saya ini belum ada sebuah link yang mengarah keluar.

page analysis score

Nah, oleh karena itu biasanya saya menggunakan Google, terus kemudian saya search “usaha kreatif Wikipedia”, untuk merefer ke Wiki, saya suka merefer ke Wikipedia karena disitu penjelasannya lengkap. Setelah masuk ke Wikipedia, misalnya “Industri Kreatif”, lalu saya copy link nya.

referensi link untuk konten

Setelah itu saya cari kata dalam content saya yang berhubungan dengan Industri Kreatif tadi, misalnya “usaha kreatif” lalu saya insert linknya dan saya paste link Wikipedia tadi. Saya buat biasanya paling tidak ada dua link keluar. Tidak lupa saya centang “Open link in a new window/tab” agar window saya nanti tidak tertutup, lihat gambar dibawah.

insert link referensi kedalam konten

Setelah saya memasukkan link keluar, kemudian saya save. Teman-teman bisa lihat di tab Page Analysis dibawah terlihat sudah OKE.

page analysis score dengan score aman

Jadi point yang berwarna kuning tersisa tinggal 2, yaitu The page title contains keyword / phrase, but it does not appear at the beginning: try and move it to the beginning dan You’ve used this fokus keyword once before, be sure to make very clear which URL on your site is the most important for this keyword. Kalimat You’ve used this fokus keyword once before ini maksudnya kata kunci itu sudah saya pernah buat sebelumnya tapi saya buat lagi, tapi tidak apa-apa diabaikan saja. Saya rasa sudah oke banget ya, gambar di bawah memperlihatkan content saya menemukan ada 12 keyword dan saya pikir cukup baik.

jumlah keyword dalam konten

Kemudian untuk yang bagian Categoriesnya saya centang “Peluang Usaha” karena judulnya Peluang usaha kreatif untuk mahasiswa. Pembuatan kategorinya bisa ada di +Add New Category, disesuaikan saja dengan punya teman-teman.

Loading...

Menambah Link

Materi selanjutnya yaitu menambah link, maksudnya yang tadi, link keluar sudah tapi link masuknya belum.

membuat internal link

Nah, saya buat pada kata “usaha kreatif” mempunyai link menuju kearah postingan ini sendiri. Maksudnya seperti apa? Caranya yaitu teman-teman publish dulu artikel yang sudah teman-teman buat, kemudian nanti setelah dipublish ada linknya, jika belum dipublish teman-teman bisa dapatkan linknya lalu edit, lihat gambar dibawah.

mengedit permalink konten postingan

Nah, link itu silahkan teman-teman copy terus insert link di fokus keyword kita “usaha kreatif”. Misalnya seperti gambar dibawah ini.

insert link pada focus keyword

Pada gambar diatas, saya memasukkan link yang mengarah ke artikel itu sendiri, Open link in a new window/tab tidak usah dicentang ya teman-teman, kemudian saya Add link. Paling tidak kita buat dua link yang mengarah ke artikel kita sendiri. Saya rasa sudah cukup bagus ya sampai ketahap ini, kemudian kita Publish artikelnya.

Nah, artikel kita buat sudah jadi dan sudah tampil dihalaman website kita. Oke, sekarang kita ke topik kita selanjutnya.

Backlink

Materi kita berikutnya setelah kita menambah link adalah backlink. Apa itu backlink? Backlink yaitu ada sebuah website lain atau blog lain yang merefer atau merekomendasikan artikel maupun website kita. Nah, dalam hal ini saya mau men-SEO kan artikel saya ini yang berjudul “Peluang Usaha Kreatif Untuk Mahasiswa Tahun Ini” dengan fokus keywordnya adalah “usaha kreatif”. Nah, caranya teman-teman bisa membuka blogger teman-teman, selanjutnya. Silahkan buat sebuah artikel baru dengan cara klik New Post diblog teman-teman. Isikan saja postingannya tapi ingat judulnya harus ada dan mengandung kata “usaha kreatif” seperti judul postingan saya diwebsite utama “Peluang Usaha Kreatif Untuk Mahasiswa Tahun Ini”. Untuk yang merefer itu boleh dengan judul yang lain. Misalnya judulnya “3 Peluang Usaha Kreatif Yang Paling Prospek Tahun Ini”, saya suka membuat judul yang unik seperti ini. Kemudian kontentnya saya ketik, tapi sebelum saya mengetik saya ketik dulu Labelsnya yaitu “usaha kreatif”, Schedule, Permalink, Location, dan Options diabaikan saja tidak perlu di isi. Silahkan diketik kontennya, usahakan ada minimal sekitar 350 – 400 kata.

membuat backlink untuk focus keyword

Lihat gambar diatas, saya telah selesai mengetik artikel, teksnya itu ada sekitar 350 kata dan ada sebuah gambarnya. Gambarnya sedikit menggoda supaya banyak yang lihat, tapi ini terserah teman-teman. Nah, teman-teman perhatikan, kalau gambarnya itu saya sorot akan ada tulisan “usaha kreatif untuk mahasiswa” seperti gambar dibawah ini.

attribut judul gambar ketika di hover

Cara membuatnya adalah teman-teman blok dulu gambarnya, kemudian akan tampil beberapa menu, silahkan teman-teman pilih Properties seperti pada gambar dibawah ini.

memblok gambar

Teman-teman silahkan isi title textnya dengan “usaha kreatif untuk mahasiswa”, kemudian alt textnya juga diisi “peluang usaha kreatif yang paling menguntungkan”. Yang intinya ada mengandung kata “usaha kreatif” seperti pada fokus keyword kita tadi, kemudian klik OK.

tampilan image properties

Jika selesai, selanjutnya kita akan me-link-kan kata “usaha kreatif” ke artikel yang kita buat diawal pembahasan tadi. Silahkan diblok kata “usaha kreatif” kemudian klik “Link”. Pada Web address silahkan isikan link artikel www.situs-anda.com/peluang-usaha-kreatif-untuk-mahasiswa-tahun-ini/. Silahkan centang yang ada dibawahnya, kemudian klik OK. Kalau teman-teman ingin tau kenapa dicentang, silahkan teman-teman cari di Google ya! Lihat gambar dibawah.

mengambil url backlink untuk dimasukkan ke konten

Nah, tahap me-link-kan sudah selesai, paling tidak teman-teman buat 3 link yang mengarah ke artikel teman-teman. Buat link diawal, ditengah dan diakhir pada artikel teman-teman, tapi itu terserah teman-teman mau menempatkannya dimana. Jangan buat banyak link ya teman-teman, nanti bisa dianggap spam oleh Google, selanjutnya teman-teman silahkan Publish. Nah, sampai ditahap ini saya rasa sudah cukup ya, sekarang kita ke materi kita yang selanjutnya.

Sharing

Untuk masalah sharing tidak perlu dibahas terlalu detail, saya rasa teman-teman sudah cukup tau. Silahkan buka facebook teman-teman dan login. Bagi teman-teman yang menggunakan WordPress, ada plugin yang namanya Jetpack. Jadi di facebook teman-teman secara otomatis sudah akan terpublish. Tetapi jika teman-teman tidak menggunakan Jetpack, bisa mengcopy linknya kemudian paste saja ke Timeline teman-teman. Paling tidak teman-teman sharing ke tiga tempat yaitu Google+, Facebook, dan Twitter, kalau ada yang lain silahkan ditambahkan juga tidak apa-apa, misalnya pAth, Thumbler, dan lain-lain.

Kemudian tahap selanjutnya adalah membuat artikel saya terindex di Google, bagaimana caranya? Dipostingan saya pada situs utama bukan yang blog, linknya (www.situs-anda.com/peluang-usaha-kreatif-untuk-mahasiswa-tahun-ini) saya copy kemudian saya ketik ditab baru www.google.com/addurl lalu enter. Saya pastekan linknya pada kolom yang tersedia, tapi teman-teman harus login dulu ke akun Google masing-masing. Lihat gambar dibawah.

mensubmit url ke google search console

Silahkan centang I’m not a robot, kemudian klik Submit Request, tunggu sampai loading selesai. Jika muncul pemberitahuan “Your request has been received and will be processed shortly”, berarti url kita sementara diproses oleh mesin Google, silahkan tunggu kira-kira 1 menit saja lalu kita cek. Kita bisa memasukkan link pada Google submit url paling tidak maksimal 50 link perhari.

Sekarang teman-teman buka browser lain untuk mengecek link submit kita tadi, apakah sudah terindex Google atau belum. Buka Google kemudian pastekan judul “Peluang Usaha Kreatif Untuk Mahasiswa Tahun Ini” dikolom pencarian lalu enter. Nah, teman-teman lihat, 1 menit yang lalu dan berada pada peringkat 1 halaman pencarian Google, luar biasa sekali bukan? 🙂

result pencarian kata kunci di google

Tidak Perlu Di Ping

Materi kita yang terakhir adalah tidak perlu di ping, mengapa? Alasannya yaitu karena kita ingin mendapatkan SEO yang natural. Kalau teman-teman mau di ping itu juga terserah teman-teman, silahkan di ping menggunakan Pingomatic. Contohnya silahkan buka google.com dan ketikkan dikolom pencarian “Pingomatic“, lihat gambar dibawah.

mencari pingomatic di google
tampilan awal situs pingomatic

Silahkan klik Pingomatic dan halaman Pingomatic akan terbuka. Pada Blog detail silahkan di isi sesuai kebutuhan teman-teman lalu klik Send Pings. Tapi menurut saya ini tidak perlu, karena kita sudah masukkan url kita di Google Submit Url, saya rasa ini sudah lebih dari cukup.

Nah, teman-teman sampai disini materi saya tentang Cara Jitu Dan Ampuh 100 Persen Supaya Peringkat 1 Di Halaman Google Dijamin Work, bagi teman-teman yang merasa artikel saya ini bermanfaat saya mengucapkan terimakasih dan sebagai ucapan terimakasihnya saya berharap teman-teman silahkan share artikel ini, karena bagi saya ilmu adalah untuk saling berbagi supaya orang lain juga bisa berhasil berkat Teknik SEO sederhana ini. Oke, sampai jumpa di tutorial saya selanjutnya!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here