Beranda Sipil Contoh Pengujian Semen di Laboratorium

Contoh Pengujian Semen di Laboratorium

1723
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
pengujian semen tiga roda
pengujian semen tiga roda

Maksud dan Tujuan

Menyimpulkan pengaruh berat jenis semen terhadap kemurniannya. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah menentukan berat jenis semen.

Peralatan dan Bahan

Peralatan Timbangan dengan ketelitian 0,01 gr Corong kaca Le Chatelier Flash Saringan minyak Bahan Semen portland Kerosin bebas air atau naptha dengan berat jenis 62 – API (American Petroleum Institute).

Prosedur Percobaan

  1. Isi botol Le Chatelier dengan kerosin sampai antara skala 0 dan 1, kemudian bagian dalam botol di atas permukaan cairan dikeringkan.
  2. Masukkan botol ke dalam bak air dengan suhu yang ditetapkan pada botol suhu ± 20°C untuk menyamakan suhu cairan dalam botol dengan suhu yang ditetapkan pada botol.
  3. Setelah suhu cairan dalam botol dengan suhu yang ditetapkan pada botol, baca skala pada botol ( V1 ).
  4. Masukkan semen portland sebanyak 64 gr, sedikit demi sedikit ke dalam botol, hindarkan penempelan semen pada dinding dalam botol di atas cairan.
  5. Setelah semua benda uji dimasukkan, putar botol dengan posisi miring secara perlahan-lahan sampai gelembung udara tidak timbul lagi pada permukaan cairan. Ulang pekerjaan no. 2 setelah suhu cairan dalam botol sama dengan suhu yang ditetapkan pada botol, baca skala pada botol ( V2 ).

Data Percobaan

  • Berat cawan = 170 gr.
  • Berat semen = 64 gr Minyak tanah = 0,4 ml.
  • Suhu ruangan = 25˚C.
  • Volume sebelum dimasukkan semen ( V1 ) = 0,4 ml.
  • Volume setelah dimasukkan semen ( V2 ) = 21 ml.
  • Berat isi pada suhu 4˚C ( d ) = 1 gr/ml.

Perhitungan

Berat Jenis = (Berat Semen/ (( V2^2-V1 )x d))
= ( 64 / ( ( 21^2- 0,4 ) x 1 ))
= 3,11 gr/ cm2

Catatan: Berat jenis semen portland antara 3 – 3,2 Percobaan dibuat 2 kali dengan selisih yang diijinkan 0,01 Percobaan berat jenis dilaporkan sampai 2 desimal Suhu ruangan yang diperbolehkan 20˚ – 24˚C.

Kesimpulan

Berat jenis semen portland yang memenuhi standar adalah 3 – 3,2. Dari semen portland yang diuji, diperoleh berat jenis dari hasil percobaan adalah 3,11 gr/ cm2. Maka berat jenis semen Portland telah memenuhi standar yang ditentukan.

Sumber referensi: sipilworld.blogspot.com

Sekian postingan kali ini, semoga bisa menambah wawasan kita semua. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa mendapat manfaatnya. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini