Beranda Desain Gambar Download Gambar Detail Ruang Kontrol Format DWG AutoCAD

Download Gambar Detail Ruang Kontrol Format DWG AutoCAD

689
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui tombol Donasi. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
detail ruang kontrol
detail ruang kontrol

Halo rekan-rekan arsitek dan sipil, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Hari ini saya akan membagikan referensi Gambar Detail Ruang Kontrol Format DWG AutoCAD kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Gambar ini sangat cocok untuk anda yang mencari referensi gambar AutoCAD, terlebih lagi untuk pelajar khususnya mahasiswa. File ini bisa dijadikan referensi untuk belajar gambar.

Pengertian Ruang Kontrol

Menurut Wikipedia, ruang kontrol atau ruang operasi adalah ruang yang berfungsi sebagai ruang pusat di mana fasilitas fisik besar atau layanan yang tersebar secara fisik dapat dipantau dan dikendalikan. Ruang kontrol akan sering menjadi bagian dari pusat komando yang lebih besar.

Tujuan ruang kontrol adalah kontrol produksi , dan berfungsi sebagai ruang pusat di mana fasilitas fisik besar atau layanan yang tersebar secara fisik dapat dipantau dan dikendalikan. Ruang kontrol pusat mulai digunakan secara umum di pabrik selama tahun 1920-an.

Ruang kontrol untuk fasilitas vital biasanya diamankan dengan ketat dan tidak dapat diakses oleh masyarakat umum. Beberapa layar elektronik dan panel kontrol biasanya ada, dan mungkin juga ada area tampilan berukuran dinding yang terlihat dari semua lokasi dalam ruang. Beberapa ruang kontrol berada di bawah pengawasan dan perekaman video berkelanjutan, untuk tujuan keamanan dan akuntabilitas personel. Banyak ruang kontrol dijaga atas dasar “24/7/365”, dan mungkin memiliki beberapa orang yang bertugas setiap saat (seperti implementasi “aturan dua orang”), untuk memastikan kewaspadaan yang berkelanjutan.

Ruang-ruang ruang kontrol tujuan khusus lainnya dapat sementara disiapkan untuk proyek-proyek khusus (seperti misi eksplorasi oseanografi), dan ditutup atau dibongkar begitu proyek selesai.

Ruang kontrol biasanya ditemukan di instalasi seperti:

  • Pembangkit listrik tenaga nuklir dan stasiun pembangkit listrik lainnya , banyak kilang minyak dan pabrik kimia.
  • Maskapai penerbangan, fasilitas seperti itu sering disebut sebagai Pusat Pengendalian Operasi, yang bertanggung jawab untuk pengiriman, pemantauan, dan dukungan operasi penerbangan.
  • Fasilitas transportasi utama, seperti jembatan , terowongan , kanal , bandara , dan sistem transit cepat , mungkin memiliki ruang kontrol berawak 24 jam untuk memantau dan melaporkan kemacetan lalu lintas , dan untuk menanggapi keadaan darurat.
  • Berbagai fasilitas militer, mulai dari skala silo rudal hingga NORAD . Istilah ” ruang operasi ” juga digunakan.
  • Pengendali penerbangan NASA bekerja di salah satu dari beberapa “ruang kendali penerbangan” di pusat kendali misi ; fasilitas terafiliasi seperti Jet Propulsion Laboratory memiliki ruang kendali sendiri;
  • Pusat data terkomputerisasi, yang sering melayani pengguna jarak jauh di beberapa zona waktu di seluruh dunia.
  • Pusat operasi jaringan.
  • Lembaga besar, seperti universitas , rumah sakit , fasilitas penelitian utama (seperti laboratorium akselerator partikel ), penjara keamanan tinggi , dan taman hiburan.
  • Layanan darurat , termasuk polisi , pemadam kebakaran , dan layanan medis darurat.
  • Pusat panggilan dapat menggunakan ruang kontrol untuk memantau komunikasi yang masuk dan keluar dari perwakilan layanan pelanggan, dan untuk menyediakan pengawasan umum dari pusat panggilan.
  • Pusat Operasi Kereta Api, seperti Pusat Pengiriman Harriman Union Pasifik , mengendalikan operasi kereta api sepanjang ribuan mil dari rel kereta api. Melatih staf operator fasilitas ini 24/7/365 untuk mengelola operasi kereta api yang efisien. Di Inggris, ini biasanya dioperasikan secara terpisah oleh setiap Train Operating Company atau oleh Network Rail dan akan mencakup pelatihan ulang traincrew dan rolling stock secara 24/7. Koneksi ke masing-masing anggota kereta api biasanya melalui telepon seluler.

Download Gambar Detail Ruang Kontrol Format DWG AutoCAD

File yang saya bagikan kali ini menyajikan gambar detail ruang kontrol yang cukup lengkap. Gambar terdiri dari detail ruang genset, panel, trafo, dan control room, kemudian potongan melintang dan memanjang dari ruang kontrol tersebut.

Hanya sekedar untuk memberikan referensi pembelajaran ataupun acuan gambar kerja. Ini sangat bagus untuk pemula atau yang baru menekuni bidang arsitektur. Silahkan disesuaikan dengan gambar utamanya jika ingin membuat detail-detail lainnya, tentunya harus memahami dulu bagian-bagian dan struktur dari ruang kontrol.

Download Gambar Detail Ruang Kontrol Format DWG AutoCAD adalah merupakan salah satu contoh desain gambar yang ada pada umumnya diterapkan pada pekerjaan terkait pada masing-masing wilayah Indonesia.

Gambar ini sudah dalam format .dwg yang artinya anda bisa langsung membukanya melalui aplikasi autocad versi terbaru atau paling lama versi 2004, selain itu anda juga bisa mengedit langsung untuk memodifikasi agar sesuai selera atau kebutuhan desain anda.

Silahkan didownload Detail Ruang Kontrol Format DWG AutoCAD dibawah ini:

Detail Ruang Kontrol Format DWG AutoCAD

Google Drive DOWNLOAD[188.54KB]
Mediafire DOWNLOAD[188.54KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Gambar Detail Ruang Kontrol Format DWG AutoCAD, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini