Beranda Desain Gambar Download Gambar Detail Talang Pada Konstruksi Baja DWG AutoCAD

Download Gambar Detail Talang Pada Konstruksi Baja DWG AutoCAD

1692
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui tombol Donasi. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
detail talang pada konstruksi baja
detail talang pada konstruksi baja

Halo sobat arsitek dan sipil dimanapun berada, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Kali ini saya kembali lagi membagikan referensi Gambar Detail Talang Pada Konstruksi Baja DWG AutoCAD kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Pengertian Talang

Talang air adalah suatu konstruksi yang mempunyai fungsi sebagai penghantar air atau mengalirkan air yang tempatnya di bagian atas suatu bangunan. Adapun talang air mempunyai bennacam-macam bentuk dan bahan yang berbeda, pemakaiannya tergantung dari pada owner dan disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Talang air berfungsi mengumpulkan dan mengalirkan air hujan yang diterima genteng ke tempat tujuan yang kita sudah rencanakan sebelumnya, seperti saluran air hujan, sumur resapan, tangki penampungan air hujan dan sebagainya. Dengan fungsi tersebut, talang air dapat mencegah mengalirnya air hujan ke tempat yang tidak diinginkan. Air hujan yang mengalir ke tempat-tempat yang tidak diinginkan itu akan menimbulkan rembesan air hujan pada dinding, plafon, sambungan atap dan sebagainya.

Talang air umumnya dapat dibedakan menjadi beberapa jenis:

Talang Beton Cor

Ini adalah jenis talang yang mulai banyak digunakan di rumah-rumah dan bangunan-bangunan. Talang jenis ini memerlukan perencanaan yang tepat bersamaan dengan perencanaan desain bentuk atap. Talang beton cor perlu waktu lebih lama dalam pembuatannya karena harus dicor dan dikeringkan sempurna sebelum bisa digunakan. Jika terjadi kesalahan dalam proses pembuatan akan menyebabkan retakan dan kebocoran.

Biaya produksinya juga lebih mahal, tetapi lebih tahan lama usia pakainya. Bobotnya berat sehingga menambah beban pada struktur bangunan di bawahnnya. Jangan lupa untuk melakukan waterproofing untuk menambah kekuatan bahan dari rembesan air.

Talang Seng

Talang seng adalah talang yang umum digunakan pada bangunana dan rumah tinggal. Harganya relatif lebih terjangkau dan usia pakainya juga cukup panjang. Sayanya talang seng ini biasanya menimbulkan bunyi berisik saat air hujan turun ke atasnya. Talang jenis ini juga menambah tinggi temperatur di area bawah genteng.

Talang PVC

Talang yang terbuat dari bahan PVC ini biasanya digunakan sebagai talang penampung air hujan sebelum disalurkan ke tempat yang direncanakan. Harganya relatif lebih murah dan tidak berkarat serta tidak berisik saat hujan turun. Usia pakainya lebih pendek dari talang seng dan talang beton cor. Saat ini sudah ada talang air dari bahan fiberglass tetapi harganya masih relatif tinggi.

Talang Karpet

Talang ini terbuat dari lembaran sejenis plastik. Bobotnya lebih ringan. Harganya jauh lebih murah. Jika sudah lama, maka akan timbul robekan-robekan yang akan menghancurkan talang karpet tersebut. Talang jenis ini sangat fleksibel tetapi tidak tahan terhadap pengaruh perbedaan cuaca. Perlu dilakukan pengecekan berkala supaya dapat segera diganti jika ada bagian yang sobek atau mulai lapuk.

Talang Baja

Talang ini terbuat dari potongan baja profil c yang dirangkai sedemikian rupa membentuk seperti cekungan untuk mengalirkan air hujan. Bobotnya terkesan lebih berat dan harganya pun masih tergolong mahal. Talang jenis ini sangat kuat pada kondisi cuaca apapun, tetapi kurang tahan terhadap korosi. Oleh karena itu perlu dilakukan pengecatan anti karat sebelum memasangnya.

Download Gambar Detail Talang Pada Konstruksi Baja DWG AutoCAD

Gambar ini merupakan gambar detail talang pada konstruksi baja yang digunakan untuk melengkapi gambar kerja pada project-project yang sering dikerjakan dilapangan, namun teman-teman bisa memodifnya sesuka hati sesuai dengan standar yang berlaku.

Gambar ini sudah dalam format .dwg yang artinya anda bisa langsung membukanya melalui aplikasi autocad versi terbaru atau paling lama versi 2004, selain itu anda juga bisa mengedit langsung untuk memodifikasi agar sesuai selera atau kebutuhan desain anda.

Silahkan didownload Gambar Detail Talang Pada Konstruksi Baja DWG AutoCAD dibawah ini:

Gambar Detail Talang Pada Konstruksi Baja DWG AutoCAD

Google Drive DOWNLOAD[88.09KB]
Mediafire DOWNLOAD[88.09KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Gambar Detail Talang Pada Konstruksi Baja DWG AutoCAD, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini