Beranda Desain Gambar Download Gambar Drainase Format DWG AutoCAD

Download Gambar Drainase Format DWG AutoCAD

1209
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
drainase
drainase

Halo rekan-rekan arsitek dan sipil, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Artikel kali ini saya akan membagikan referensi Gambar Drainase Format DWG AutoCAD kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Gambar ini sangat cocok untuk anda yang mencari referensi gambar AutoCAD, terlebih lagi untuk pelajar khususnya mahasiswa. File ini bisa dijadikan referensi untuk belajar gambar.

Pengertian Drainase

Drainase merupakan salah satu dasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang merupakan komponen terpenting dalam suatu perencanaan infrastruktur sebuah kota. Drainase bertujuan untuk menjadikan sebuah infrastruktur kota yang aman, nyaman, bersih dan sehat. Berikut ini pembahasan mengenai sistem drainase.

Kegunaan Sistem Drainase

  1. Mengeringkan daerah yang tergenang air sehingga tidak ada akumulasi air di tanah.
  2. Menurunkan permukaan air tanah pada tingkat yang ideal.
  3. Mengendalikan erosi tanah, kerusakan jaland an bangunan yang telah ada.
  4. Mengendalikan air hujan yang berlebihan sehingga tidak terjadi bencana banjir yang tidak diinginkan.

Permasalahan yang sering terjadi dalam sebuah sistem drainase adalah manusia yang tidak bertanggung jawab atas perbuatannya membuang sampah sembarangan yang dapat menyebabkan saluran drainase tersumbat dan akan menimbulkan masalah besar yakni banjir.

Sistem Drainase terbagi menjadi 3, yaitu:

1. Sistem Drainase Lokal

Yaitu saluran awal yang melayani suatu kawasan kota tertentu seperti komplek pemukiman, areal pasar, perkantoran, areal industri dan komersial. Sistem ini melayani area kurang dari 10 Ha. Pengelolaannya menjadi tanggung jawab masyarakat, pengembang atau instansi lainnya.

2. Sistem Drainase Utama

Yaitu saluran drainase primer, sekunder, tersier beserta bangunan pelengkapnya yang melayani sebagian besar kepentingan warga masyarakat. Pengelolaannya merupakan tanggung jawab pemerintah kota.

3. Pengendalian Banjir (Flood Control)

Sungai yang melalui wilayah kota yang berfungsi mengendalikan aliran sungai, sehingga tidak mengganggu dan dapat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

Download Gambar Drainase Format DWG AutoCAD

File yang saya bagikan kali ini menyajikan gambar drainase dan detail yang lumayan lengkap. Gambar yang disajikan pada drainase ini meliputi gambar detail A, B & C, serta detail sectionnya.

Hanya sekedar untuk memberikan referensi pembelajaran ataupun acuan gambar kerja. Ini sangat bagus untuk pemula atau yang baru menekuni bidang arsitektur maupun civil engineering.

Gambar ini sudah dalam format .dwg yang artinya anda bisa langsung membukanya melalui aplikasi autocad versi terbaru atau paling lama versi 2004, selain itu anda juga bisa mengedit langsung untuk memodifikasi agar sesuai selera atau kebutuhan desain anda.

Silahkan didownload Gambar Drainase Format DWG AutoCAD dibawah ini:

Gambar Drainase Format DWG AutoCAD

Google Drive DOWNLOAD[306.39KB]
Mediafire DOWNLOAD[306.39KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Gambar Drainase Format DWG AutoCAD, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini