Beranda Sipil Download Perhitungan Beban Angin Format Excel

Download Perhitungan Beban Angin Format Excel

2568
0
BERBAGI
asdar.id menyediakan Member Premium Download untuk download file tanpa embel-embel iklan dan halaman, apa lagi harus menunggu timer yang begitu lama. Dengan berlangganan Member Premium Download, semua file dapat didownload dengan singkat langsung menuju ke sumbernya!, klik DISINI untuk DAFTAR :-) Untuk cara download file Member Free Download, bisa membaca Tutorial Download yang ada dibawah Timer (halaman Safelink) saat menekan tombol download.
Rekomendasi aplikasi hitung cepat RAB akurat dan otomatis, sangat mudah digunakan. Tinggal ganti dimensi, RAB Langsung Jadi. Jika anda seorang ahli sipil atau arsitek, rugi jika tidak punya filenya. Silahkan klik DISINI untuk mendapatkan Filenya.
perhitungan beban angin
perhitungan beban angin

Halo rekan-rekan sekalian, apa kabar kalian hari ini? Tentu tiada bosannya saya doakan semoga kalian sehat selalu. Kali ini saya akan membagikan Perhitungan Beban Angin Format Excel. File excel ini adalah buatan dari seorang Insinyur dari India. Tentu ini akan berguna buat rekan-rekan baik untuk digunakan di proyek maupun sebagai referensi pembelajaran.

Pengertian Beban Angin

Beban angin dalam ilmu sipil merupakan gaya atau tekanan yang dihasilkan oleh angin yang bekerja pada suatu struktur. Dalam perencanaan dan desain struktur bangunan, beban angin harus diperhitungkan untuk memastikan bahwa struktur tersebut mampu menahan dan merespons tekanan angin yang mungkin terjadi. Beban angin adalah salah satu dari beberapa jenis beban yang harus diperhitungkan dalam perencanaan struktur, bersama dengan beban mati (berat sendiri struktur), beban hidup (beban yang berasal dari penggunaan atau aktivitas manusia), dan beban lainnya seperti beban gempa.

Beban angin dapat berbeda tergantung pada faktor-faktor seperti kecepatan angin, tinggi struktur, bentuk struktur, dan lokasi geografis. Terdapat standar internasional seperti Kode Beban Bangunan yang memberikan pedoman mengenai bagaimana menghitung dan menerapkan beban angin dalam desain struktur. Kode-kode ini menggambarkan cara menghitung beban angin dengan mempertimbangkan parameter seperti ketinggian struktur di atas permukaan tanah, kecepatan angin rata-rata, dan faktor-faktor koreksi lainnya.

Dalam prakteknya, beban angin dihitung untuk memastikan bahwa struktur tidak akan mengalami keruntuhan atau kerusakan akibat tekanan angin yang berlebihan. Desainer dan insinyur sipil akan mempertimbangkan kekuatan material struktur, bentuk dan profilnya, serta interaksi dengan beban lainnya untuk merancang struktur yang aman dan dapat bertahan dalam berbagai kondisi angin.

Data Dasar untuk Menghitung Beban Angin

Jenis data dasar yang diperlukan untuk Perhitungan Beban Angin dalam file excel ini adalah sebagai berikut:

Kecepatan Angin Dasar

Ini adalah titik awal untuk menghitung beban angin. Hal ini didasarkan pada kecepatan angin rata-rata selama periode waktu tertentu (biasanya 3 detik) dan diperoleh dari peta kecepatan angin atau sumber data meteorologi lainnya.

Kategori Medan

Kategori medan dari lokasi ditentukan berdasarkan paparannya terhadap angin, yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kasar atau halusnya medan dan tinggi penghalang-penghalang di sekitarnya.

Tinggi dan Bentuk Bangunan

Tinggi dan bentuk bangunan mempengaruhi bagaimana aliran angin di sekitarnya, dan informasi ini diperlukan untuk menghitung beban angin.

Paparan Bangunan

Paparan bangunan terhadap angin ditentukan oleh lokasinya relatif terhadap bangunan lain dan fitur-fitur medan, dan informasi ini juga diperlukan untuk menghitung beban angin.

Kepentingan Bangunan

Kepentingan bangunan dalam hal keselamatan publik atau nilai ekonomi juga menjadi faktor yang dipertimbangkan dalam perhitungan beban angin.

Arah Angin

Angin dapat datang dari berbagai arah, jadi penting untuk mempertimbangkan bagaimana beban angin akan terdistribusi di seluruh bangunan dalam arah angin yang berbeda.

Koefisien Tekanan Internal

Angin dapat menciptakan perbedaan tekanan antara bagian dalam dan luar bangunan, yang dapat mempengaruhi desain struktural. Koefisien tekanan internal ini ditentukan berdasarkan geometri bangunan dan karakteristik ventilasi.

Faktor-Faktor Lain

Faktor-faktor lain yang dapat dipertimbangkan dalam perhitungan beban angin termasuk adanya peralatan yang dipasang di atap, penggunaan panel surya atap, dan adanya kanopi atau fitur arsitektur lainnya.

perhitungan berat beban angin
perhitungan berat beban angin

Langkah-Langkah yang diperlukan dalam Perhitungan beban angin

Terdapat beberapa metode yang digunakan untuk menghitung beban angin, termasuk standar ASCE 7, yang memberikan panduan terperinci mengenai penentuan beban angin untuk berbagai jenis struktur.

  1. Menentukan kecepatan angin dasar: Ini dilakukan dengan menggunakan peta kecepatan angin dan data lain yang tersedia untuk area di mana struktur berada.
  2. Menentukan kategori paparan: Ini merujuk pada tingkat paparan struktur terhadap angin, yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti medan sekitar dan tinggi bangunan di sekitarnya.
  3. Menentukan faktor pentingnya: Faktor ini mencerminkan pentingnya struktur dan penggunaannya. Faktor penting yang lebih tinggi diberikan kepada struktur yang kritis untuk keselamatan publik, seperti rumah sakit dan fasilitas tanggap darurat.
  4. Menentukan faktor efek angin kencang: Faktor ini mempertimbangkan bahwa hembusan angin kencang bisa lebih kuat daripada kecepatan angin rata-rata.
  5. Menentukan faktor bentuk: Faktor ini memperhitungkan bentuk struktur dan interaksinya dengan angin.
  6. Menentukan faktor ukuran: Faktor ini memperhitungkan ukuran struktur dan bagaimana interaksinya dengan angin.
  7. Menentukan faktor respons dinamis: Faktor ini memperhitungkan frekuensi alami struktur dan bagaimana responsnya terhadap getaran yang diinduksi angin.

Setelah faktor-faktor ini ditentukan, mereka dapat digunakan untuk menghitung beban angin pada struktur. Beban ini kemudian dapat digunakan dalam desain struktural untuk memastikan bahwa bangunan atau struktur lainnya mampu menahan gaya yang dihasilkan oleh angin.

Download Perhitungan Beban Angin Format Excel

Perhitungan beban angin adalah aspek penting dalam desain struktural, karena membantu memastikan bahwa bangunan dan struktur lainnya mampu menahan gaya yang dihasilkan oleh angin. Beban angin pada sebuah struktur ditentukan oleh beberapa faktor, termasuk kecepatan angin, ukuran dan bentuk struktur, serta kondisi tanah di sekitarnya.

File ini berguna untuk menentukan beban angin dalam struktur suatu bangunan. Langsung saja kita ke link downloadnya dibawah ini, jangan lupa baca “Tutorial Download” setelah menekan tombol download dibawah ini. Yang mau downloadnya tidak ada embel-embel dan lancar jaya, silahkan langganan Premium Download Disini.

Perhitungan Beban Angin Format Excel

Google Drive DOWNLOAD[268.97KB]
Mediafire DOWNLOAD[268.97KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Perhitungan Beban Angin Format Excel, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar menganalisa/menghitung atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini