Beranda Desain Rumah Inspirasi Rumah Bergaya Kolonial

Inspirasi Rumah Bergaya Kolonial

819
0
BERBAGI
Blog ini di jual. Rentang penawaran antara Rp100 juta - Rp500 juta. Jika berminat silahkan kontak DISINI.
rumah bergaya kolonial
rumah bergaya kolonial

Halo rekan-rekan arsitek dan sipil, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Kesempatan kali ini saya akan membagikan gambar inspirasi rumah bergaya kolonial kepada kalian. Gambar ini sangat cocok untuk anda yang mencari referensi gambar-gambar rumah jaman dulu tapi tetap terlihat indah nan menawan. Sebelum ke gambar-gambar desainnya, ada baiknya kita pahami dulu apa itu rumah bergaya kolonial.

Pengertian Rumah Bergaya Kolonial

Pernah mendengar tentang rumah kolonial? Arsitektur kolonial sendiri merupakan sebuah gaya arsitektur yang diterapkan oleh sebuah bangsa atau negara pada beragam bangunan di negara yang menjadi jajahannya. Para kolonial menerapkan budaya, gaya hidup, hingga model arsitektur pada negeri jajahannya sebagai sebuah cara untuk menunjukkan kekuasaan atau sekedar sebuah cara untuk mengatasi rindu akan negeri asalnya.

Penerapan gaya arsitektur kolonial biasanya juga disesuaikan dengan kondisi negara yang menjadi rumah baru mereka. Pertimbangan beberapa faktor seperti iklim, kontur tanah dan hal-hal teknis lainnya turut memengaruhi desain arsitektur khas kolonial terutama rumah kolonial. Rumah kolonial sendiri juga banyak ditemukan di berbagai negara mengingat perpindahan penduduk masa kolonialisme tentunya memberikan sebuah perubahan sendiri dalam desain rumah karena ingin mendekati konsep desain dari negara asal.

Berbicara tentang arsitektur rumah kolonial, di Indonesia sendiri kita juga dapat menemukan rumah dengan konsep satu ini di berbagai daerah. Salah satu gaya rumah kolonial yang paling banyak ditemukan di Indonesia adalah rumah bergaya Belanda. Tak heran jika kita dapat dengan mudah menemukan berbagai bangunan dengan arsitektur khas kolonial Belanda.

Mengingat Indonesia sendiri telah menjadi negara jajahan Belanda beberapa dekade silam, tentunya membuat pembangunan di Indonesia sendiri tak bisa lepas dari pengaruh masa kolonialisme terutama Belanda. Rumah dengan desain arsitektur satu ini banyak ditemukan di banyak kota di Indonesia seperti Bandung, Depok dan masih banyak lagi.

Arsitektur kolonial sendiri tak hanya identik dengan Belanda saja, nyatanya saat ini bangunan dengan arsitektur kolonial tersebar di berbagai negara dengan bermacam pengaruh sesuai negara yang mendudukinya, yaitu:

  • Kolonial Spanyol
  • Kolonial Inggris
  • Kolonial Portugis
  • Kolonial Perancis
  • Kolonial Belanda
  • Kolonial Italia

Gambar-Gambar Inspirasi Rumah Bergaya Kolonial

Gambar rumah yang saya bagikan ini adalah rumah bergaya neo-kolonial dengan dua lantai. Skema umum terbuka ke teras dan taman samping yang terletak di tenggara, gerbang geser yang dapat ditarik di dinding menghilangkan penghalang antara ruang eksterior dan interior, menggabungkan area ini ke area penggunaan umum (dapur, ruang makan, ruang tamu dan bar), memberikan perasaan keterbukaan dan kelapangan kepada penghuninya.

Akses melalui aula tengah setinggi ganda yang membagi rumah menjadi dua. Ruang TV memiliki kamar mandi lengkap dan terbuka ke taman belakang (timur laut), layanan juga terletak di lantai dasar. Sebuah ruang belajar, tiga kamar tidur, empat ruang ganti dan tiga kamar mandi berada di lantai dua. Kamar tidur utama memiliki teras berjemur yang besar.

Berikut desain-desainnya yang mungkin bisa menjadi referensi anda dalam merancang rumah-rumah lawas.

Gambar Sketsa Rumah Gaya Kolonial

Gambar Tampak dan Potongan Rumah Gaya Kolonial

Gambar 3 Dimensi Rumah Gaya Kolonial

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Gambar Inspirasi Rumah Bergaya Kolonial, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain atau sekedar menjadikan koleksi referensi pembelajaran. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini