Beranda Kesehatan Segudang Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan

Segudang Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan

465
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui tombol Donasi. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
manfaat ikan gabus
manfaat ikan gabus

Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan – Ikan gabus adalah salah satu ikan air tawar yang paling digemari untuk dikonsumsi di Indonesia. Kandungan ikan gabus kaya akan protein yang tinggi dan kandungan gizi yang mengalahkan gizi ikan salmon.

Tidak heran jika ikan gabus dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaat ikan gabus? Simak jawabannya di bawah ini.

Kandungan Ikan Gabus

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ikan gabus atau juga disebut ikan kutuk (diluar negeri disebut Snake Head Fish) ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein dalam ikan gabus jumlahnya lebih dari 25% yang merupakan jumlah yang cukup tinggi dibandingkan jenis ikan lainnya.

Ikan gabus juga memiliki kandungan albumin yang tinggi. Albumin merupakan protein utama dalam darah yang diproduksi oleh hati. Albumin memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh, sehingga kekurangan albumin dapat menyebabkan berbagai masalah bagi tubuh.

Kandungan lainnya yang terkandung dalam ikan gabus adalah omega-3, zat besi, fosfor, kalsium, vitamin A, vitamin B1, dan juga air.

Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

Ikan gabus bisa dikonsumsi secara langsung atau pun setelah diekstrak dan dikemas dalam bentuk kapsul. Manfaat ekstrak ikan gabus juga tidak kalah dengan khasiat ikan gabus ketika dikonsumsi secara langsung.

Berikut adalah manfaat ekstrak ikan gabus dan manfaat ikan gabus yang sudah banyak terbukti:

  1. Mempercepat penyembuhan luka
  2. Mengatasi kurang gizi
  3. Memelihara otot
  4. Menjaga cairan dalam tubuh tetap seimbang
  5. Baik untuk pencernaan
  6. Nutrisi untuk pertumbuhan
  7. Mengatasi hipoalbuminemia
  8. Bagus untuk ibu hamil
  9. Menambah berat badan
  10. Bagus untuk penderita diabetes
  11. Menjaga kesehatan mata

Kandungan Gizi Ikan Gabus

Dari penelitian di laboratorium diperoleh bukti bahwa dari 100 gram ikan gabus mengandung berbagai kandungan gizi seperti:

  • Kalori : 69 kalori
  • Protein : 25,2 gram
  • Lemak : 1,7 gram
  • Besi : 0,9 miligram
  • Kalsium : 62 miligram
  • Phospor : 76 miligram
  • Vit.A : 150 miligram
  • Vit.B : 0,04 miligram
  • Air : 69 gram

Kandungan gizi inilah yang membuat manfaat gabus sangat baik bagi anda yang ingin meningkatkan gizi janin atau pun ibu hamil, anak, hingga orang dewasa.

Jika kita telisik lebih jauh, dari kandungan gizi di atas, sebagai contoh, manfaat vitamin A saja yang didapat dari gabus, bisa berkhasiat untuk:

  1. Melindungi kesehatan rongga hidung
  2. Melancarkan fungsi repoduksi pria
  3. Menyehatkan kondisi indung telur pada wanita
  4. Memperkuat plasenta bayi
  5. Meningkatkan kesehatan janin
  6. Sebagai anti oksidan aktif dan kuat
  7. Menjadi kekebalan tubuh secara nyata
  8. Untuk mata lebih sehat
  9. Membersihkan darah

Selain dari vitamin A yang tinggi, kalsium dalam gizi ikan gabus juga sangat berperan untuk:

  • Meningkatkan kekuatan tulang
  • Meningkatkan pertumbuhan gigi dan tulang pada anak anak
  • Mencegah osteoporosis
  • Mencegah berbagai jenis kanker

Gabus memiliki tekstur daging yang sangat lembut dan sangat enak disantap dengan berbagai hidangan. Konsumsi gabus secara rutin akan memberikan dampak bagi kesehatan anda.

Nah, bagaimana rekan-rekan sekalian, sekarang jadi tahu kan manfaat ikan gabus yang selama ini kita makan. Sekian artikel kali ini mengenai manfaat ikan gabus untuk kesehatan, semoga bisa menambah wawasan kita semua. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa membacanya juga.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini