Beranda Kesehatan Inilah Manfaat Ikan Tuna yang Harus Anda Tahu

Inilah Manfaat Ikan Tuna yang Harus Anda Tahu

360
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui tombol Donasi. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
manfaat ikan tuna
manfaat ikan tuna

Manfaat ikan tunaSiapa sih yang tidak kenal dengan ikan tuna? Ya, ikan tuna adalah salah satu jenis ikan laut yang mana memiliki ukuran tubuh cukup besar. Ikan jenis ini menjadi favorit oleh sebagian besar orang karena memiliki rasa yang sangat enak dan juga mudah untuk diolah.

Meskupun begitu, masih banyak dari sebagian orang yang belum tahu akan manfaat dan kandungan yang ada di dalam ikan tuna ini. Padahal kalau Anda tahu, ikan tuna ini menyimpan sejuta khasiat yang sangat baik untuk tubuh kita. Anda penasaran akan manfaat apa saja yang ada di dalam ikan tuna ini? Mari sama-sama simak ulasan berikut ini sampai selesai.

Sejuta Manfaat Ikan Tuna yang Belum Banyak Diketahui

Ikan tuna ini sangat kerak disamakan dengan ikan salmon, memang kedua dari ikan ini sangat sering hadir dalam satu hidangan atau sajian seperti sushi. Namun, kalau kita amati lebih detail tentu ada banyak sekali perbedaan yang mencolok antara ikan tuna dan ikan salmon.

Perbedaan yang paling menonjol adalah warna daging dari kedua jenis ikan ini, kalau daging ikan salmon berwarna oranye agak terang, sedangkan warna daging ikan tuna berwarna merah cerah yang sekilas kalau dilihat hampir mirip dengan daging sapi.

Harga ikan tuna juga relatif cukup mahal, tergantung juga dari jenis ikan tuna tersebut. Kalau jenis ikan tuna sirip kuning paling mahal dibandingkan dengan harga ikan tuna jenis yang lain.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat apa saja dari ikan tuna, berikut ini kami sediakan ulasan untuk Anda semua.

1. Menyehatkan Jantung

Ikan tuna mengandung lemak yang sehat, dan kandungan lemak jenuh didalam ikan ini terbilang rendah, sehingga bermanfaat cukup baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Tapi sebaliknya, kalau lemak jenuh dalam kadar yang tinggi justru malah dapat berdampak buruk kerena akan dapat bisa menyumbat pembuluh darah serta bisa membuat Anda risiko terkena serangan penyakit kardiovasklur.

Ikan tuna ini juga memiliki kandungan asam lemak eksensial omega-3 jenis EPA dan DHA yang tinggi. Jenis asam lemak eksensial ini mampu untuk mencegah berbagai macam peradangan di dalam tubuh, yang mana bisa merusak pembuluh darah dan bisa mengakibatkan terkena penyakit jantung dan stroke.

2. Sumber Protein

Ikan tuna ternyata jenis ikan yang memiliki sumber protein, tapi bukan protein biasa lho. Jenis ikan laut yang satu ini memiliki kandungan protein yang sangat lengkap.

Ikan tuna memiliki kandungan asam amino yang mana dibutuhkan oleh tubuh. Jadi apapun jenis ikan tuna yang dikonsumsi, maka akan dapat memberikan asupan protein dalam jumlah yang cukup besar yaitu sekitaran 24-30 gram protein per 85 gram.

Dengan adanya protein yang lengkap dari ikan ini, maka akan sangat bisa menjaga jaringan tubuh untuk berfungsi dengan lebih baik. Mulai dari pembentukan hormon, enzim, antibodi, kolagen hingga menjaga jaringan otot yang ada di dalam tubuh, bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi ikan tuna ini.

Selain kandungan protein yang lengkap, ikan ini juga sangat rendah lemak sehingga tidak perlu khawatir dengan kenaikan berat badan Anda ketika mengkonsumsi ikan tuna.

3. Sumber Mineral

Ikan tuna juga menjadi salah satu ikan yang memiliki sumber mineral yang baik. Ikan tuna ini adalah sumber protein yang kaya akan mineral, khususnya magnesium, selenium dan juga fosfor. Jenis ikan ini bisa menyumbang kurang lebih 34-36 gram magnesium dalam 100 gram ikan tuna. Kalau jenis ikan tuna sirip biru, memiliki kandungan magnesium kurang lebih sebanyak 64 gram dalam 100 gramnya ikan tuna.

Selain itu, dalam 85 gram ikan tuna, mengandung kurang lebih 185-265 mg fosfor, ini tergantung dari tuna yang dikonsumsi.

4. Kaya akan Vitamin B6

Ternyata ikan tuna ini memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi. Vitamin B6 yang didapatkan dari jenis ikan ini menyumbang berbagai fungsi penting untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk membantu meningkatkan produksi hemoglobin.

Hemoglobin ini adalah salah satu protein yang berfungsi untuk menangkap dan membawa oksigen dalam darah keseluruh jaringan tubuh yang memerlukan oksigen. Jika tanpa adanya oksigen yang cukup dalam setiap jaringan, maka jaringan tersebut akan bisa terus menerus menurun dan membuat tubuh menjadi terasa lemas dan mudah lelah.

Di dalam ikan tuna ini juga mengandung kurang lebih sebanyak 0.5-0.9 gram vitamin B6 yang mana dapat membantu tubuh kita selalu memenuhi kebutuhan harian.

Perhatikan Jumlah Konsumsi

Meskipun ikan tuna memiliki berbagai manfaat untuk mengoptimalkan fungsi dan juga segala proses kimia didalam tubuh kita, tapi Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi ikan tuna secara berlebihan.

Karena ada sedikit masalah utama yang ada didalam ikan tuna yaitu kandungan merkuri. Dan sebagian besar merkuri bisa menjadi bahaya bagi sistem saraf sehingga untuk Anda perlu membatasinya dalam mengkonsumsi ikan tuna.

Penulis: Ibnu M dari blog infoikan.xyz & masmalik.com

Catatan: Artikel ini merupakan hasil tulisan original penulis blog yang dibuat langsung pada halaman guest post. Jika mengandung beberapa kesamaan dalam hal materi copyright, mohon untuk segera melaporkannya. Saya akan segera memproses permohonan pemilik materi segera dalam 2×24 jam, terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini