Beranda Struktur Jalan Metode Pelaksanaan Penyiapan Badan Jalan

Metode Pelaksanaan Penyiapan Badan Jalan

10418
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
pelaksanaan penyiapan badan jalan
pelaksanaan penyiapan badan jalan

Halo rekan-rekan sekalian, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan sehat selalu. Pembahasan pada artikel kali ini yaitu mengenai Metode Pelaksanaan Penyiapan Badan Jalan. Simak pembahasannya dibawah ini.

Penyiapan badan jalan pada pekerjaan pelebaran jalan meliputi pekerjaan pembersihan, pembentukan tanah dasar agar elevasinya sesuai dengan yang ditunjukkan gambar rencana atau sesuai dengan petunjuk direksi pekerjaan, dan termasuk pekerjaan pemadatan tanah dasar.

Metode Pelaksanaan Penyiapan Badan Jalan

Berikut adalah tahapan pekerjaan penyiapan badan jalan, tahapannya yaitu:

  • Pembersihan lokasi pekerjaan dari material yang dapat mengganggu pekerjaan seperti semak-semak, pepohonan, batu besar, dan material lainnya.
  • Pekerjaan galian yang diperlukan baik dengan menggunakan alat berat seperti excavator maupun dengan cara manual untuk membentuk tanah dasar sesuai Gambar atau sesuai dengan petunjuk Direksi Pekerjaan.
  • Pemadatan Tanah dasar dilakukan dengan menggunakan alat vibratory roller atau menggunakan Combination Vibratory Roller pada daerah pelebaran yang tidak terlalu luas atau tidak memungkinkan pengunaan vibratory roller.
pemadatan tanah dasar
pemadatan tanah dasar

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan pemadatan adalah:

  1. Pemadatan dilakukan segera setelah dilakukan penggalian.
  2. Pemadatan harus dilakukan dengan menggunakan alat yang memadai agar kepadatan yang diinginkan dapat tercapai.
  3. Apabila diperlukan, lakukan penyiraman terhadap material tanah dasar untuk mencapai kadar air optimum sehingga didapatkan kepadatan yang sesuai dengan spesifikasi.
  4. Kecepatan alat harus diperhatikan agar tidak membahayakan pengguna jalan eksisting.

Silahkan tonton video pelaksanaan pemadatan tanah dasar pada pelebaran jalan dibawah ini.

Sumber referensi: kumpulengineer.com

Sekian postingan kali ini mengenai Metode Pelaksanaan Penyiapan Badan Jalan, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa membacanya juga. Untuk mengikuti perbaruan konten blog ini, silahkan berlangganan melalui notifikasi yang muncul saat mengakses blog ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini