Beranda Sipil Peralatan Yang Digunakan Untuk Pencampur Beton

Peralatan Yang Digunakan Untuk Pencampur Beton

137
0
BERBAGI
peralatan pencampur beton
peralatan pencampur beton

Halo rekan-rekan proyek sekalian, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga sehat selalu. Berikut ini adalah peralatan yang digunakan untuk mencampur beton (concrete batching and mixing).

Concrete Mixer (Pencampur Beton)

concrete mixer
concrete mixer

Alat ini prinsipnya terdiri atas beberapa buah silinder tegak yang dapat berputar terhadap poros memanjangnya, atau ada yang berporos miring.

Poros ini dapat diatur sedemikian rupa untuk memudahkan pemasukkan agregat dan pengeluaran beton yang sudah dicampur.

Di dalam silinder ini terdapat sejumlah dayung (paddle) yang akan mengaduk campuran agregat bila silinder tersebut berputar, akibat proses ini campuran beton menjadi merata dan dapat menghasilkan beton yang baik. Kemudian air dimasukkan ke dalam silinder setelah agregat tercampur sempurna.

Volume campuran beton ditentukan oleh banyaknya silinder, yang biasanya memiliki kapasitas nominal 1/3 atau 1/4 volume silinder, dimana ruang sisanya diperlukan untuk proses pencampuran. Perhitungan kapasitas produksi dari alat mixer ini dapat dihitung dengan rumus:

Qm = 60 (V) K / 27 (c + m)

Dimana:

  • Qm = produksi beton (cuyd/jam)
  • V = volume silinder (cuft)
  • K = Jumlah standar volume yang diijinkan 1,1 – 1,2
  • c = waktu min pengisian dan pengeluaran (mt)
  • m = waktu mencampur (menit)

1 m = 35,31 cuft = 1,3079 cuyd.

Batcher Equipment (Peralatan Penakar)

batching plant
batching plant

Konstruksi batcher berupa sebuah container yang berfungsi untuk menampung dan mengukur material beton sebelum dituangkan ke dalam mixer.

Kapasitas batcher minimal tiga kali lebih besar dari mixer (setiap 3 kali beroperasinya mixer, batcher cukup diisi satu kali). Material dari batcher yang akan masuk ke dalam mixer melewati pintu yang dapat diukur secara manual, listrik atau kompressor.

Nah, itulah tadi beberapa peralatan yang digunakan untuk pencampur beton, semoga informasi ini bermanfaat untuk rekan-rekan proyek sekalian. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa mendapat manfaatnya. Untuk mengikuti perbaruan konten situs ini, silahkan berlangganan melalui notifikasi yang muncul saat mengakses situs ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini