Beranda Struktur Bangunan Perencanaan Rumah Kayu Dinding Papan dengan Pondasi Setempat (Umpak)

Perencanaan Rumah Kayu Dinding Papan dengan Pondasi Setempat (Umpak)

2113
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui tombol Donasi. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
rumah kayu dinding papan dengan pondasi setempat
rumah kayu dinding papan dengan pondasi setempat

Halo rekan-rekan sekalian, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga sehat selalu. Pada pembahasan kita kali ini saya akan mencoba memberikan contoh perencanaan rumah kayu dinding papan dengan pondasi setempat (umpak). Mungkin rekan-rekan sekalian sudah pernah mendengar jenis pondasi ini. Baiklah mari baca penjelasan singkatnya dibawah ini.

Rumah adalah suatu bangunan yang berfungsi untuk tempat tinggal penghuninya, rumah biasanya dibuat senyaman dan seindah mungkin supaya si penghuni rumah tersebut merasa nyaman saat menempatinya. Rumah terdiri dari berbagai komponen bahan, diantaranya yaitu, rumah kayu, rumah dari anyaman bambu, rumah dari susunan material batu bata, bahkan di jaman sekarang sudah banyak rumah rumah yang menggunakan beton precast.

Rumah konstruksi kayu adalah bangunan rumah dengan menggunakan sistem struktur rangka pemikul dari bahan kayu. Biasa disebut sebagai rumah kayu, ciri-cirinya yaitu seluruh komponen balok dan kolom serta dinding yang digunakan adalah kayu.

Rumah dengan struktur rangka kayu harus menggunakan sambungan-sambungan takik yang dikencangkan dengan menggunakan paku minimal 4 buah. Panjang paku yang digunakan minimal 2,5 kali tebal kayu yang terkecil.

Apabila struktur kayu ini memikul beban berat (seperti struktur kayu untuk bangunan gudang atau garasi kendaraan), maka sambungan kayu harus dikencangkan dengan menggunakan baut berdiameter minimum 10 mm. Semua kayu yang digunakan harus kering dan bila perlu diawetkan sesuai dengan persyaratan pengawetan kayu.

Perencanaan Rumah Kayu Dinding Papan dengan Pondasi Setempat (Umpak)

  1. Pondasi setempat/ umpak yang dimaksudkan di dalam pedoman teknis ini adalah pondasi umpak yang terbuat dari beton kosong (tanpa tulangan) campuran 1PC : 1 1/2 Psr : 2 1/2 Krl.
  2. Bentuk pondasi umpak adalah prisma terpancung dengan ukuran penampang atas 25 cm x 25 cm, penampang bawah 60 cm x 60 cm, dan tinggi 90 cm.
  3. Bagian yang tertanam dari pondasi umpak sekurang-kurangnya 30 cm atau sampai tanah keras. Jarak maksimum antar pondasi adalah 1,5 m.
  4. Pembuatan papan duga (bowplang) sebagai acuan penempatan harus dibuat sedemikian rupa sehingga setiap baris pondasi berada tepat dibawah sumbu memanjang balok, seperti ditunjukkan pada Gambar 1.
  5. Setiap pondasi umpak harus terikat satu sama lain dengan balok pengikat, seperti pada Gambar 2.

Berikut contoh rumah kayu dinding papan dengan pondasi setempat:

gambar 1
gambar 2

 

gambar 3

Nah, itu dia beberapa contoh rumah kayu dinding papan dengan pondasi setempat (umpak), semoga bisa bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan rekan-rekan sekalian. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media agar yang lain bisa mendapatkan ilmunya juga. Sekian dan terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini