Beranda Sipil RAB Pekerjaan Jalan dan Jembatan

RAB Pekerjaan Jalan dan Jembatan

11248
1
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
rab pekerjaan jalan dan jembatan

Halo rekan-rekan proyek dimanapun anda berada, kali ini saya akan membagikan kepada anda semua mengenai rab pekerjaan jalan dan jembatan. Pembahasan lengkapnya mari baca penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Pekerjaan Jalan dan Jembatan

Pekerjaan Jalan dan Jembatan merupakan pekerjaan bangunan sipil basah, dari mulai perencanaan, pelaksanaan, dan perbaikan.

Pekerjaaan jalan (transportasi), khususnya bagian perkerasan, dan drainase yang berhubungan langsung dengan daya dukung tanah, dan juga berhubungan langsung dengan air, tentu strukturnya membutuhkan perhitungan hidrolika yang membuat bangunan jalan ini masuk pada bangunan sipil basah.

Pekerjaan jembatan yang dibangun dengan perhitungan perencanaan yang memperhitungan daya dukung tanah, dan langsung berhubungan dengan tanah dan air, sehingga pekerjaan bangunan jembatan masuk dalam kategori bangunan sipil basah.

RAB Pekerjaan Jalan dan Jembatan

Dalam pembuatan RAB Pekerjaan Jalan dan Jembatan, dapat menggunakan Analisa Harga Satuan (AHS) yang disediakan Binamarga.

Pekerjaan dibagi menjadi beberapa divisi:

  • Divisi Umum
  • Divisi Drainase
  • Divisi Pekerjaan Tanah
  • Divisi Pelebaran Perkerasan dan Bahu Jalan
  • Divisi Pekerasan Non Aspal
  • Divisi Perkerasan Aspal
  • Divisi Struktur
  • Divisi Pengembalian Kondisi dan Pekerjaan Minor
  • Divisi Pekerjaan Harian
  • Divisi Pekerjaan Pemeliharaan Rutin

AHS standar binamarga sudah dilengkapi dengan formulir analisa harga satuan yang lengkap dalam pekerjaan jalan dan jembatan. Untuk tampilannya bisa dilihat dibawah ini.

Kita hanya perlu memilih formulir analisa harga satuan yang dibutuhkan, sesuai material yang digunakan dalam pekerjaan.

AHS dari Binamarga ini sangat sederhana seperti software yang mempermudah dalam pembuatan RAB. Silakan Download dibawah ini:

AHS SPEC Edisi 2010 [EXCEL]

Google Drive DOWNLOAD[7.82MB]
Mediafire DOWNLOAD[7.82MB]

Panduan Analisa Harga Satuan (PAHS) [PDF]

Google Drive DOWNLOAD[298.26KB]
Mediafire DOWNLOAD[298.26KB]

Manual Pengoperasian perangkat lunak Analisa Harga Satuan [PDF]

Google Drive DOWNLOAD[630.71KB]
Mediafire DOWNLOAD[630.71KB]

Contoh RAB Pekerjaan Jalan dan Jembatan [EXCEL]

Google Drive DOWNLOAD[5.60MB]
Mediafire DOWNLOAD[5.60MB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan kali ini mengenai RAB Pekerjaan Jalan dan Jembatan, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar membuat rab atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini