Beranda Info 5 Fakta Tentang Black Hole atau Lubang Hitam Di Angkasa Yang Menghisap...

5 Fakta Tentang Black Hole atau Lubang Hitam Di Angkasa Yang Menghisap Segalanya

203
0
BERBAGI
Fakta tentang black hole
Fakta tentang black hole

5 Fakta Tentang Black Hole atau Lubang Hitam Di Angkasa Yang Menghisap Segalanya – Salam hangat untuk pembaca situs darsitek, kali ini saya akan menulis artikel tentang fakta black hole. Pasti banyak yang bertanya-tanya, apa itu black hole? Black hole merupakan bintang misterius yang bergerak dengan kecepatan puluhan kilometer perdetik.

Black hole berbentuk lubang yang menghisap benda langit apapun yang berada didekatnya. Teori ini pertama kali ditemukan oleh John Mitchel pada tahun 1783. Teori tersebut mulai dikenal luas pada tahun 1915 ketika Albert Enstein mempublikasikan teori gravitasi umum. Makin populernya black hole ini mendorong penelitian di wilayah lubang itu. Misteri tentang lubang hitam itu belum juga menemukan kejelasan. Berikut adalah 5 fakta tentang black hole yang ditemukan oleh para ilmuwan.

Peristiwa Tabrakan Antar Black Hole

Tabrakan Antar Black Hole

Merupakan hal yang sangat mungkin ketika ada dua black hole bertabrakan. Para peneliti pernah menemukan suara-suara misterius yang ternyata berasal dari black hole yang bertabrakan dan menyatu. Sebelum bertabrakan, dua lubang misterius ini saling mengitari dan akhirnya menyatu menjadi lubang yang lebih besar. Ketika mereka bergabung, beberapa masa berubah menjadi energi gelombang gravitasi. Teori ini pertama kali ditemukan oleh Einstein, masalahnya adalah tidak ada cara untuk mendeteksi gelombang gravitasi dan fisika. Bahwa Einstein sendiri tidak yakin bahwa mereka benar-benar ada. Meski begitu, penemuan ini dipuji sebagai salah satu terobosan ilmiah terbesar abad lalu. Stephen Hawking mengatakan itu adalah kunci ilmiah untuk bisa melihat alam semesta.

Waktu Yang Semakin Melambat

Waktu Yang Melambat

Jika anda pernah menonton film Interstelar, anda akan tau apa yang terjadi jika berada didekat lubang hitam mengerikan itu, waktu yang anda rasakan akan melambat. Misalnya, anda melempar benda menuju lubang misterius  itu, benda tersebut akan melambat dan kemudian berhenti. Hal ini dipengaruhi oleh kecepatan gerak pada area black hole. Seperti yang dijelaskan oleh teori berikut ini:

“bila suatu partikel bergerak lebih cepat hingga mendekati kecepatan cahaya, maka waktu akan berjalan lebih lambat dibandingkan partikel yang bergerak lebih lambat darinya dan begitupun sebaliknya, hal itulah yang menyebabkan waktu disekitar black hole menjadi kacau”.

Loading...

Apa Yang Ada Dalam Black Hole?

Apa Yang Ada Dalam Black Hole?

Sampai saat ini belum ada kepastian apa sebenarnya yang ada di dalam black hole, karena tidak ada seorangpun yang berhasil kembali jika sudah terhisap ke dalam lubang misterius ini. Namun, diyakini bahwa pusat dari black hole adalah ruang waktu yang disebut Singularitas. Namun, itu hanyalah teori fisikawan, karena sampai saat ini belum ada yang bisa membuktikan secara langsung. Masih banyak yang bertanya-tanya dengan cara apa para ilmuwan menyaksikan bahkan menganalisa black hole, sementara benda misterius itu sama sekali tidak bisa didekati.

Sumber Energi Pada Black Hole

Sumber Energi pada Black Hole

Pada awalnya, diyakini bahwa black hole hanya saluran energi yang melintasi cakrawala. Akan tetapi pada tahun 1970 Stephen Hawking menunjukkan bahwa black hole juga memancarkan radiasi yang saat ini dikenal dengan radiasi Hawking. Beberapa fisikawan percaya bahwa black hole juga menghasilkan energi. Pada tahun 1983, sebuah tim fisikawan menyatakan bahwa energi yang terkumpul pada black hole bisa turun dekat cakrawala. Peristiwa ini seperti mendapat air dari sumur menggunakan tali dan ember, jelas anda akan perlu sumber yang sangat kuat dan tali untuk menghindari terhisapnya ember ke dalam lubang.

Yang Terjadi Jika Anda Masuk Ke Dalam Black Hole

Jika Masuk Ke Dalam Black Hole

Apa yang akan terjadi jika anda sampai terjatuh ke dalam lubang black hole? Pernahkah membayangkan hal itu sebelumnya? Pasti sangat mengerikan saat membayangkan jika anda sampai menjadi salah satu aliran partikel yang berputar-putar di dalamnya. Jika anda dapat bertahan, pastilah anda dapat melihat lengkungan ruang dan waktu, melihat sesuatu yang pernah jatuh ke dalam lubang hitam itu. Namun, apa kesempatan itu ada? Sebab kemungkinan terbesar adalah gravitasi pasang surut pada lubang hitam itu dengan cepat merusak partikel apapun yang dihisapnya. Tidak ada yang tau pasti tentang lubang black hole, lubang tersebut masih menjadi misteri yang dipelajari hingga kini.

Sekian artikel kali ini mengenai 5 Fakta Tentang Black Hole atau Lubang Hitam Di Angkasa Yang Menghisap Segalanya, semoga bisa menambah wawasan kita semua. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE atau bisa subscribe/langganan halaman darsitek di facebook untuk terus mengikuti perbaruan situs ini, terimakasih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here