Beranda Tips & Trik 7 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja Yang...

7 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik

429
0
BERBAGI
menulis curriculum vitae
menulis curriculum vitae

Kali ini darsitek ingin membagikan artikel tentang 7 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik. Salah satu bentuk surat yang penting untuk diketahui oleh mahasiswa adalah bentuk surat lamaran pekerjaan. Ini karena mereka memang dipersiapkan untuk menjadi tenaga kerja yang siap pakai begitu menyelesaikan pendidikan. Meski mereka juga punya kesempatan luas untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, maupun membuka usaha sendiri, tapi setidaknya, mereka tahu cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

Pada dasarnya, surat lamaran pekerjaan merupakan bentuk permohonan untuk memperoleh suatu jabatan. Surat lamaran kerja ini termasuk dalam surat pribadi yang sifatnya penting. Ketika surat lamaran mencapai tujuannya, yakni dengan jalan diterima pada jabatan yang di inginkan, maka tercapailah apa yang dimaksud si penulis surat. Belajar menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar menjadi hal yang penting agar surat lamaran tersebut dapat lebih mudah dalam mencapai tujuannya. Pada dasarnya, surat lamaran kerja prinsipnya sama dengan surat penawaran barang.

Jika pada surat penawaran barang hal yang perlu diperhatikan adalah jenis barang, kapasitas, merk dan info lain seputar barang yang ditawarkan. Maka demikian pula halnya dengan surat lamaran kerja yang perlu mengemukakan mengenai sosok diri atau pribadi yang hendak mengisi jabatan tertentu tersebut, baik dari segi pengetahuan, pendidikan, pengalaman, kecakapan, kepribadian juga jasa apa yang mampu ia berikan.

Hal-hal yang wajib diperhatikan sebelum membuat surat lamaran kerja adalah cara yang benar untuk meneliti hasilnya. Nah, 7 hal penting ini dapat membuat lamaran kerja anda menarik perhatian perusahaan yang kita tuju. Apa saja, mari kita simak bersama-sama.

1. Riset Perusahaan

Sebelum menulis surat lamaran pekerjaan, lakukan dulu beberapa penelitian terkait perusahaan. Perusahaan akan senang jika pelamar mengetahui banyak hal tentang mereka.

2. Jangan Menulis Ulang Yang Ada di Curriculum Vitae

Surat lamaran pekerjaan seharusnya memang menjelaskan apa pencapaian anda dalam beberapa hal yang ada di CV. Namun, usahakan tidak membuatnya sama dengan CV yang anda tulis sebagai lampiran. Coba rangkum pencapaian prestasi anda dengan singkat dan menggunakan kata-kata yang menarik.

3. Perhatikan Paragraf Pertama dan Terakhir Surat Lamaran Kerja Anda

Pastikan bahwa paragraf awal tidak berbelit-belit dan langsung ke pokok bahasan. Paragraf awal harus jelas dan bersifat menjual, sementara di paragraf terakhir harus terlihat tegas dan meminta mereka menghubungi jika berkenan.

Loading...

4. Sebutkan Kemampuan Yang Paling Menonjol Di Diri Anda

Semua kemampuan dan keterampilan yang anda miliki tentunya sudah ada di cv yang anda lampirkan. Untuk itu jangan repot-repot menyebutkan semuanya di lamaran pekerjaan. Sebutkan saja tiga atau maksimal lima kemampuan serta pengalaman yang dianggap terbaik dan sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar.

5. Tunjukkan Antusias Anda

Pastikan surat lamaran kerja yang anda tulis dapat mencerminkan betapa antusiasnya anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut dan gunakan kalimat yang menunjukkan anda sebagai pribadi yang aktif dan dinamis.

6. Tanda Tangani Surat Lamaran Kerja Yang Anda Buat

Pastikan anda menandatangani surat lamaran kerja yang dikirim, kecuali perusahaan menggunakan lembar lamaran kerja khusus atau secara online. Tanda tangan dapat menunjukkan keaslian diri anda pada surat lamaran kerja yang anda kirim. Ingat, jangan gunakan tinta berwarna merah.

7. Tampilan Surat

Pastikan isi surat lamaran kerja anda tidak ada koreksi, coretan, atau salah ketik, karena hal itu dapat mengurangi nilai lamaran kerja anda. Untuk itu sebelum mengirimkannya, cek ulang. Minta teman atau keluarga untuk membacanya terlebih dahulu.

Nah, demikian 7 Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik sehingga dapat menarik pihak perusahaan dan sebaiknya jangan menunda-nunda mengirimkan surat lamaran kerja anda, karena semakin cepat semakin baik. Sekian postingan kali ini, sampai bertemu di artikel darsitek lainnya. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE atau bisa subscribe/langganan halaman darsitek di facebook untuk terus mengikuti perbaruan situs ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here