Beranda Tips & Trik 10 Tips Agar Lamaran Kerja Cepat Diterima

10 Tips Agar Lamaran Kerja Cepat Diterima

2338
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
agar lamaran kerja cepat diterima
agar lamaran kerja cepat diterima

Assalamualaikum Wr. Wb. sahabat pengunjung setia blog ini, apa kabar kalian hari ini. Tentunya selalu sehat dan dalam perlindungan Allah SWT. Kali ini Mimin mau membagikan beberapa tips agar lamaran kerja yang kita buat cepat di terima. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

Bagi teman-teman yang tentunya sudah selesai mengenyam pendidikan baik di sekolah menengah maupun di perguruan tinggi tentunya hal pertama dibenak kita adalah ingin cepat bekerja. Tetapi terkadang kita berpikir bahwa melamar pekerjaan tanpa pengalaman sama sekali adalah hal yang cukup sulit.

Bagaimana Cara Melamar Pekerjaan yang Baik dan Benar?

Ada beberapa tips interview yang baik dan benar yang bisa teman-teman tiru untuk meningkatkan pengalaman teman-teman saat melamar pekerjaan. Hal pertama adalah carilah posisi lamaran yang sesuai dengan minat dan keahlian teman-teman, ini akan meningkatkan rasa percaya diri saat interview nanti.

Hal kedua yaitu persiapkanlah data-data diri anda mulai dari CV/riwayat hidup, cover letter, dan portofolio kamu sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar. Kirim lamaran dibeberapa lowongan pekerjaan di situs online. Persiapkanlah hal-hal yang nantinya dibutuhkan saat interview, jangan lupa berlatih interview dengan melihat tutorial di YouTube atau media sosial lainnya.

Saat panggilan interview, berikan semua usaha yang maksimal agar teman-teman terlihat bersungguh-sungguh saat melamar pekerjaan tersebut sehingga bisa lulus ke tahap selanjutnya.

Setelah interview, jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada mereka yang telah mewawancarai teman-teman. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan yang baik agar kesempatan diterima bekerja di perusahaan tersebut lebih terbuka lebar.

Tips Agar Lamaran Kerja Cepat Diterima

Agar teman-teman tidak kebingungan dan lebih terarah lagi dalam melakukan interview, berikut tips yang bisa teman-teman terapkan agar bisa diterima bekerja.

1. Cantumkan Keahlian

Saat teman-teman melamar pekerjaan dan menginginkan posisi tertentu, jelaskan secara spesifik mengenai keahlian yang dikuasai. Sebutkan juga software atau alat kerja apa yang dikuasai. Dengan begitu, tim penyeleksi dapat mengetahui potensi yang teman-teman miliki dan layak untuk dipertimbangkan bekerja di perusahaan mereka.

2. Jadikan Media Sosial Sebagai Portofolio

Di era yang serba teknologi sekarang ini, banyak pencari tenaga kerja memeriksa latar belakang si pelamar melalui media sosial. Gunakanlah semua media sosial untuk kegiatan yang positif sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Teman-teman juga bisa menggunakan media sosial sebagai portofolio teman-teman. Jika teman-teman memiliki Facebook, isilah status atau apapun yang anda kirim dengan hal-hal yang membangun dan memotivasi, atau kirim juga karya-karya yang pernah anda buat.

3. Bertemanlah Dengan HRD via LinkedIn

Teman-teman bisa mencoba untuk berteman atau terhubung dengan tim sumber daya manusia atau Human Resources Development (HRD) di LinkedIn. Staff dan Kepala HRD biasanya membagikan lowongan kerja melalu status yang mereka tulis. Teman-teman juga bisa melihat kualifikasi apa saja yang dibutuhkan, dan sesuai dengan keahlian teman-teman.

4. Meminta Rekomendasi

Jika teman-teman sebelumnya pernah magang atau bergabung di sebuah komunitas baik kampus maupun lainnya, ada baiknya teman-teman meminta rekomendasi dari orang-orang yang mengenal potensi dan keahlianmu.

Buatlah surat rekomendasi tersebut, bisa berasal dari dosen pembimbing, ketua organisasi, atasan tempat magang, maupun dari Kepala Sekolah jika anda lulusan Sekolah Menengah. Dengan begitu, teman-teman sudah memiliki poin plus karena sudah direkomendasikan oleh orang-orang yang paham betul mengenai potensi teman-teman.

5. Buatlah Cover Letter yang Menarik

Salah satu trik yang paling ampuh dan jitu agar dipanggil interview kerja yaitu membuat Cover Letter yang menarik. Membuat cover letter ini sangat menentukan diterima kerja atau tidak, ini juga sebagai langkah awal agar bisa mencuri perhatian HRD.

Jika bingung mengenai cara membuat Cover Letter, anda bisa mencari tutorial nya di internet. Ada berbagai sumber yang menyediakan cara membuat cover letter. Kirim cover letter melalui email dengan format yang benar dan bila memungkinkan lampirkan juga portofolio yang menarik sesuai pekerjaan akan dilamar.

6. Ketahui Target Karir

Karir terbilang sangat penting dalam pekerjaan, ada baiknya ketahui dulu target karir yang ingin teman-teman capai sebelum melamar pekerjaan. Target karir ini sangat penting bagi teman-teman yang baru terjun ke dunia kerja atau dalam tahap untuk mengubah arah karir.

Saat melamar pekerjaan, penting untuk mengetahui jenjang karir dari posisi pekerjaan yang ingin teman-teman lamar. Sehingga teman-teman bisa menetapkan target karir dari posisi yang di inginkan.

Teman-teman perlu memiliki tujuan yang jelas dan realistis, tentukan juga bagaimana cara mencapainya dan catat juga syarat atau hal-hal yang bisa membuat kamu meraih target karir tersebut.

7. Buat Perencanaan

Sebelum melamar pekerjaan, teman-teman juga perlu membuat perencanaan. Misalnya menyiapkan kapan kamu akan menyiapkan berkas seperti memperbarui CV/riwayat hidup, resume, atau cover letter.

Selain menyiapkan berkas, teman-teman perlu menyiapkan waktu untuk mencari informasi lowongan pekerjaan secara online, membuat atau memperbarui profil di situs pencari kerja, membangun jaringan, juga mengirim lamaran kerja agar rencana awalmu terlaksana dengan tepat waktu.

8. Ubah CV Sesuai Lowongan

Sebelum melamar pekerjaan, ada baiknya teman-teman menyesuaikan isi Resume atau CV kamu sesuai dengan yang diminta atau hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Pelajari deskripsi pekerjaan yang diminta dengan keahlian, pengalaman, dan pencapaian yang telah dibuat.

Teman-teman hanya perlu menyertakan informasi yang relevan, supaya bisa mempermudah pemberi lowongan untuk mengetahui kekuatan kamu mengenai posisi yang mereka butuhkan. Untuk memudahkan, simpanlah template resume/CV serta surat lamaran kamu.

Pertahankan bagian terpenting seperti pendidikan dan informasi kontak, selebihnya kamu bisa menyesuaikan pengalaman dan keterampilan sesuai kebutuhan lamaran kerja. Jangan lupa untuk memberikan nama file yang jelas seperti Nama Kamu – Resume/CV, contohnya Andri Ramadhan – Resume.

9. Gunakan Alamat Email Profesional

Mungkin ini tips yang keliatannya sepele, tapi sebetulnya sangat berperan penting terhadap kesempatan kamu untuk lolos interview. Beberapa pemberi lowongan mungkin mendiskualifikasi pelamar yang memiliki email tidak profesional.

Gunakan nama depan dan belakang atau kombinasikan dengan angka untuk membuat alamat email kamu terlihat profesional. Hindari menggunakan nama julukan atau nama yang alay, email seperti ini banyak dari mereka yang tidak menyukainya. Bila perlu, buatlah dua alamat email terpisah yaitu untuk kebutuhan melamar pekerjaan dan pribadi.

10. Persiapkan Contoh Pengalaman atau Keterampilan yang Dimiliki

Dalam resume/CV, teman-teman tidak mungkin menyertakan semua informasi mengenai pengalaman yang pernah dilalui atau seberapa ahli kamu dalam keterampilan yang dicantumkan. Biasanya pemberi lowongan akan menanyakan tentang informasi yang lebih detail saat proses interview. Cara termudah untuk mengingat semua detail informasi yang disampaikan adalah dengan memberikan contoh.

Sekian artikel kali ini mengenai Tips Agar Lamaran Kerja Cepat Diterima, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu teman-teman agar cepat diterima bekerja di perusahaan yang diinginkan. Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat untuk banyak orang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini