Beranda Finansial 5 Rekomendasi Aplikasi Sales Automation Tahun 2024

5 Rekomendasi Aplikasi Sales Automation Tahun 2024

242
0
BERBAGI
asdar.id menyediakan Member Premium Download untuk download file tanpa embel-embel iklan dan halaman, apa lagi harus menunggu timer yang begitu lama. Dengan berlangganan Member Premium Download, semua file dapat didownload dengan singkat langsung menuju ke sumbernya!, klik DISINI untuk DAFTAR :-) Untuk cara download file Member Free Download, bisa membaca Tutorial Download yang ada dibawah Timer (halaman Safelink) saat menekan tombol download.
Rekomendasi aplikasi hitung cepat RAB akurat dan otomatis, sangat mudah digunakan. Tinggal ganti dimensi, RAB Langsung Jadi. Jika anda seorang ahli sipil atau arsitek, rugi jika tidak punya filenya. Silahkan klik DISINI untuk mendapatkan Filenya.
aplikasi sales automation
aplikasi sales automation

Di era digital saat ini, sektor perdagangan berkembang sangat pesat. Hal ini didukung oleh perkembangan teknologi yang memungkinkan terjadinya perdagangan secara online lewat berbagai platform digital seperti e-commerce website dan media sosial.

Dengan kompetisi bisnis di ranah maya yang semakin ketat, sebuah bisnis harus mencari strategi jitu untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam tim penjualan. Kini dengan memanfaatkan teknologi seperti aplikasi CRM, proses penjualan dapat dibuat secara otomatis, atau yang disebut dengan istilah sales automation, hampir seluruhnya sehingga dapat memproses penjualan dengan lebih cepat.

Di antara banyaknya aplikasi CRM yang dapat membantu sales automation, artikel ini akan mengajak pembaca untuk mengenal lebih dekat mengenai sales automation sekaligus mengetahui 5 rekomendasi aplikasi sales automation yang dapat membantu meningkatkan kinerja tim penjualan pada tahun 2024.

Mengenal Sales Automation

Istilah sales automation mungkin masih belum familiar bagi sebagian orang, khususnya yang masih awam di digital marketing maupun pemula dalam bidang ini. Meskipun begitu, sales automation merupakan aktivitas umum yang dimanfaatkan para pelaku bisnis di masa kini untuk mendongkrak penjualan.

Definisi Sales Automation

Dikutip dari Salesforce.com, intinya sales automation adalah penggunaan perangkat lunak dan teknologi untuk mengotomatisasi berbagai tugas dan proses dalam siklus penjualan. Sales automation meliputi otomatisasi tugas administratif, pengelolaan prospek, pelacakan aktivitas penjualan, dan lain-lain.

Biasanya, sales automation memanfaatkan sales automation software untuk melakukan tugas-tugas penjualan. Sales automation software merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengotomatisasi berbagai aspek dalam proses penjualan, mulai dari menangani calon pelanggan yang masuk dan berinteraksi dengan akun bisnis, pengiriman invoice penjualan kepada pelanggan secara otomatis, mengirimkan pesan follow-up kepada pelanggan untuk melakukan pembelian, hingga melakukan analisis kinerja penjualan.

Seiring perkembangan teknologi, banyak sales automation software melakukan integrasi dengan WhatsApp sebagai aplikasi messaging populer di dunia. Integrasi ini membawa banyak manfaat dari sisi pemilik bisnis, karena mereka dapat mengelola interaksi bersama pelanggan dengan memanfaatkan WA CRM demi menjaga hubungan dengan pelanggan sekaligus meningkatkan penjualan.

Fungsi Sales Automation

Berikut adalah fungsi sales automation secara umum dalam membantu proses penjualan sebuah bisnis:

  • Sales automation memanfaatkan sales automation software untuk mengerjakan berbagai tugas rutin secara rutin seperti menjawab pertanyaan calon pelanggan, mengotomatisasi proses pembayaran, mengirimkan invoice secara otomatis kepada pelanggan, mengelola basis data pelanggan berdasarkan berbagai kategori tertentu, pelacakan aktivitas penjualan, dan lain-lain.
  • Fungsi sales automation adalah meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
  • Dengan sales automation, tim penjualan tidak perlu dipusingkan dengan tugas administratif yang repetitif dan membosankan karena seluruh tugas itu dilakukan secara otomatis oleh Sehingga mereka dapat menghemat waktu dan tenaga serta dapat lebih fokus menyusun strategi penjualan dan tugas-tugas lainnya yang lebih kompleks.

Cara Membuat Sales Otomatis

Setelah mengetahui tentang pengertian dan fungsi dari sales automation, kini tiba saatnya untuk mempelajari cara membuat sales otomatis.

Berkat penggunaan teknologi seperti aplikasi sales automation, membuat sales otomatis pun menjadi mudah, hanya butuh beberapa langkah. Berikut adalah langkah-langkah untuk menciptakan sistem penjualan yang otomatis:

Identifikasi Proses yang Dapat Diotomatisasi

Identifikasi tugas dan proses dalam siklus penjualan yang dapat diotomatisasi. Adapun pesan tugas dan proses yang umumnya dapat dilakukan secara otomatis adalah:

  • mengirimkan pesan otomatis kepada calon pelanggan baru
  • mengirimkan pesan reminder kepada pelanggan untuk melanjutkan proses pembelian/pembayaran produk atau jasa
  • Mengirimkan invoice pembayaran secara otomatis
  • Mengirimkan pesan promosi eksklusif kepada para pelanggan setia
  • Mengirimkan pesan reminder mengenai jadwal operasional toko, khususnya ketika musim Hari Raya tiba
  • Melayani pertanyaan umum terkait produk dan jasa yang dijual
  • Meminta testimoni mengenai kualitas produk dan layanan kepada pelanggan
  • Memberikan layanan after sales kepada pelanggan
  • Menawarkan produk-produk tambahan dan relevan kepada pelanggan berdasarkan histori pembelian sebelumnya (cross selling dan upselling).
  • dan masih banyak lagi.

Pilih Aplikasi Sales Automation yang Tepat

Apabila sudah memilih tugas dan proses yang ingin diotomatisasikan, saatnya memiliki aplikasi sales automation yang tepat sesuai dengan kebutuhan tim di dalam bisnis tersebut juga dana yang ada untuk berlangganan aplikasi.

Rekomendasi Aplikasi Sales Automation Tahun 2024

Berikut adalah 5 rekomendasi aplikasi sales automation yang cocok meningkatkan kinerja tim penjualan:

1. HubSpot

HubSpot adalah salah satu platform terkemuka dalam dunia sales automation. Dengan fitur-fitur seperti otomatisasi email, pengelolaan prospek, dan pelacakan aktivitas penjualan, HubSpot dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi tim penjualan di bisnismu.

Mengenai biaya langganan, HubSpot menawarkan beberapa paket dengan harga yang bervariasi. Misalnya, paket Starter dimulai dari $20/bulan untuk hingga 1.000 kontak pemasaran, paket Professional seharga $890/bulan untuk hingga 2.000 kontak ditambah biaya onboarding sebesar $3.000, dan paket Enterprise seharga $3.600/bulan untuk hingga 10.000 kontak dengan penagihan tahunan ditambah biaya onboarding sebesar $6.0001. Harga ini dapat berubah dan mungkin ada biaya tambahan tergantung pada kebutuhan spesifik bisnis dan fitur tambahan yang dipilih.

2. Salesforce

Salesforce merupakan salah satu solusi CRM (Customer Relationship Management) terbesar di dunia. Selain menyediakan fitur-fitur dasar CRM, Salesforce juga menawarkan berbagai fitur sales automation yang dapat membantu mengotomatisasi proses penjualan. Sales memiliki beberapa fitur utama antara lain manajemen lead, akun, kontak, dan peluang, integrasi email, dan masih banyak lagi.

Untuk biaya langganan, Salesforce menawarkan beberapa paket, mulai dari Starter Suite seharga $25 USD per pengguna per bulan, Professional seharga $80 USD per pengguna per bulan, Enterprise seharga $165 USD per pengguna per bulan, dan Unlimited seharga $330 USD per pengguna per bulan. Ada juga paket Einstein 1 Sales dengan fitur AI generatif yang ditawarkan seharga $500 USD per pengguna per bulan.

3. Zoho CRM

Zoho CRM adalah platform CRM yang menyediakan berbagai fitur sales automation, termasuk otomatisasi email dan pelacakan aktivitas penjualan. Dengan antarmuka yang intuitif dan integrasi yang luas, Zoho CRM cocok untuk bisnis dari skala kecil hingga besar.

Dengan Zoho CRM, bisnis dapat mengotomatisasi berbagai proses penjualan, mulai dari manajemen kontak dan lead hingga analisis penjualan yang canggih. Zoho CRM memiliki sejumlah fitur utama antara lain otomatisasi alur kerja, manajemen pipeline, integrasi media sosial, dan kemampuan analitik yang mendalam.

Mengenai biaya langganan, Zoho CRM menawarkan beberapa paket:

  • Edisi Gratis untuk hingga 3 pengguna dengan fitur dasar.
  • Edisi Standar seharga $14 USD per pengguna per bulan, dibayarkan per tahun.
  • Edisi Profesional seharga $23 USD per pengguna per bulan, dibayarkan per tahun.
  • Edisi Enterprise seharga $40 USD per pengguna per bulan, dibayarkan per tahun.
  • Edisi Ultimate seharga $52 USD per pengguna per bulan, dibayarkan per tahun.

Biaya langganan Zoho CRM dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kebutuhan spesifik dan penambahan fitur atau layanan tambahan. Zoho CRM juga menawarkan solusi terintegrasi seperti Zoho CRM Plus dan Zoho One untuk bisnis yang memerlukan lebih banyak aplikasi Zoho.

4. Pipedrive

Pipedrive adalah platform CRM yang fokus pada manajemen penjualan dengan mengotomatisasi tugas-tugas administratif dan berulang. Dengan fitur-fitur seperti pipeline visual, otomatisasi tugas, dan pelacakan prospek, Pipedrive membantu tim penjualan untuk tetap fokus pada tujuan penjualan mereka.

Untuk biaya langganan, Pipedrive menawarkan beberapa pilihan, mulai dari $12.50 per pengguna per bulan untuk paket Essential, hingga $49.90 per pengguna per bulan untuk paket Professional. Ada juga opsi penambahan seperti Smart Docs yang tersedia dengan biaya tambahan jika ditambahkan ke paket Essential atau Advanced.

5. Kommo

Kommo adalah solusi manajemen penjualan berbasis pesan yang multifungsi, yang sebelumnya dikenal sebagai amoCRM. Software ini membantu pengguna mengelola pipeline digital, menjaga keterlibatan lead menggunakan scenario dan trigger, dan mempermudah proses penjualan seperti menjalin relasi yang kuat dengan lead, penugasan tugas, analisis penjualan, manajemen kampanye dan komunikasi, serta pelacakan kinerja.

Kommo menawarkan fitur-fitur seperti unified inbox di mana seluruh pesan dari berbagai platform bisa terbaca hanya dari satu kotak masuk terintegrasi, broadcast chat untuk mengirimkan kampanye pesan yang ditargetkan, template chat & email untuk membuat pesan template yang dipersonalisasi, serta Salesbot yang dapat membantu pelanggan melalui proses pembelian produk dengan mudah dan otomatis.

Kommo juga hadir dengan biaya langganan yang terjangkau, terdiri dari tiga paket:

  • Base: $15 USD per pengguna per bulan, cocok untuk bisnis kecil yang ingin meningkatkan penjualan dengan cepat.
  • Advanced: $25 USD per pengguna per bulan, untuk perusahaan yang sedang berkembang dan ingin mengotomatisasi pekerjaan mereka.
  • Enterprise: $45 USD per pengguna per bulan, untuk bisnis yang lebih besar dengan banyak lead. Semua paket ini ditagih secara tahunan dan Kommo menawarkan uji coba gratis selama 14 hari tanpa memerlukan kartu kredit.

Agar dapat lebih mahir melakukan mengoperasikan Kommo untuk sales automation, tim Kommo siap 24/7 untuk membantu jika ada pertanyaan terkait cara mengoperasikan Kommo.

Itulah 5 rekomendasi aplikasi sales automation di tahun 2024. Dengan memilih menggunakan salah satu dari kelima aplikasi tersebut, kinerja penjualan di sebuah bisnis dapat meningkat secara signifikan. Selamat mencoba!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini