Beranda Blog & Website Bagaimana Memulai Belajar Pemrograman Website Sendiri Dari Nol

Bagaimana Memulai Belajar Pemrograman Website Sendiri Dari Nol

101
0
BERBAGI
Belajar Website Dari Nol

Bagi orang awam dengan kata lain seorang pemula belajar pemrograman khususnya website memang sangat sulit apalagi jika kamu belum pernah tau apa itu website. Sebaliknya jika kamu telah menjalankan dan sedikit mengetahui, maka penasaran itupun akan datang dengan sendirinya sehingga akan muncul rasa keingintahuan dan akan sangat menyenangkan jika kamu telah membuat sebuah website yang sesederhana apapun apalagi sudah bisa membuat website yang lebih profesional, pasti akan sangat menyenangkan. Nah, itu adalah awal yang paling utama yaitu cari dulu informasi apa itu website.

Ok, sekarang langsung saja pada intinya saya akan berbagi pengalaman tentang Bagaimana Memulai Belajar Pemrograman Website Sendiri Dari Nol versi saya sendiri bukan orang lain. karena jujur saya juga belajar pemograman website dari nol tidak pernah sekolah jurusan IT atau kursus apapun.

Saya sendiri belajar pemograman website secara otodidak tanpa guru hanya dengan mengandalkan media online dan buku. Untuk modal sangat murah bisa dibilang gratis, kalaupun bayar hanya bayar listrik dan kuota internet di rumah. Kamu tidak punya komputer? bukan masalah, dulu saya juga belajar di warnet dengan jadwal 3 jam perhari.

Namun kendala yang pasti akan kamu dapatkan dalam belajar pemrograman website, yaitu pusing, stres, kurus, bahkan mungkin rentang terkena penyakit. Mengapa? itu akan terjadi jika dalam membuat sebuah aplikasi website terjadi kesalahan dan sulit menemukan solusinya.

Tapi jangan khawatir itu akan terbayar dengan hasil yang di dapat jika project kamu berhasil dan lapar atau hauspun akan terlupakan.

Harus mulai dari mana untuk belajar bahasa pemrograman website?

1. Belajar Istilah Internet

Untuk awal pertama kamu buka google dan browsing istilah-istilah apa saja yang digunakan khususnya tentang website di internet. Sebagai contoh istilah cms, hosting, domain, dan masih banyak lagi yang harus diketahui fungsi dan penggunaannya.

2. Membuat Blog Gratis

Nah, inilah yang saya lakukan setelah saya mempelajari istilah internet. Saya penasaran dengan apa itu yang namanya blog, karena membuat blog tidak diperlukan keahlian dalam kode program tetapi kita akan belajar menulis konten website. Tentu ini akan membuat kita akan terbiasa dalam menulis terutama gaya penulisan html.

Melalui blog secara otomatis juga akan mengajak kita untuk mengetahui kode html dan css dalam pemrograman website. Kamu bisa menggunakan jasa blog hosting gratis untuk membuat blog seperti blogger.com dan wordpress.com dengan biaya yang gratis tentunya.

3. Belajar Coding Website Sederhana

Jika kamu sudah mahir dalam tulis-menulis postingan blog, ya paling tidak sudah bisa mengenal apa itu html dan css. Kini saatnya lanjut dengan belajar menulis kode dasar pemograman website. Langkah awalnya gunakan dulu kode editor bawaan windows yang namanya notepad atau yang versi cukup lengkapnya yaitu notepad++.

Kode apa yang harus di pelajari lebih dulu? Terserah kamu mana yang lebih dulu, tetapi alangkah baiknya jika di mulai bertahap dengan urutan sebagai berikut:

  1. HTML
  2. CSS
  3. PHP
  4. Menggabungkan HTML dalam PHP dan sebaliknya.
  5. Database Mysql
  6. Javascript
  7. Advanced Coding (Tingkat Webmaster)

Loading...

Kemudian aplikasi yang akan digunakan dalam belajar pemrograman website dan wajib di instal yaitu:

  • XAMPP untuk untuk membat server sendiri di PC atau Laptop kamu. Silahkan cari dan download di google untuk versi terbarunya, saya sendiri gunakan v3.2.2 dengan Versi PHP 7.
  • phpDesigner, Notepad++, Sublime Text atau terserah kamu mau pakai kode editor apa saja yang penting mendukung bahasa pemograman website seperti Aplikasi Netbin yang hampir mendukung semua bahasa pemograman.
  • Aplikasi lainnya yang juga mendukung kita dalam membuat website, seperti editor gambar dengan aplikasi Photoshop dan Gimp untuk kompress gambar.

Itulah kira-kira aplikasi yang wajib ada di komputer kamu jika ingin belajar pemograman website.

4. Belajar Membangun Website Online

Langkah ini sebagai pembelajaran untuk mengetahui bagaimana sebuah website itu dibangun. Yang perlu kamu pelajari di sini adalah bagaimana memiliki sebuah nama domain seperti nama-saya.com dan juga memiliki server sebagai penyimpanan file-file website yang sudah kamu buat di local hosting.

Jika kamu masih dalam tahap belajar sebaiknya menggunakan hosting gratis dulu dengan domain gratis saja, meskipun fiturnya terbatas tapi cukup untuk digunakan sebagai media pembelajaran membuat website.

Masih bingung dimana mendapatkan hosting dan domain gratis? Tidak usah bingung karena banyak sekali yang menyediakan untuk kamu dan itu gratis, salah satunya yang juga tempat saya belajar dulu 000webhost.com kalau tidak salah tetapi sekarang sudah berevolusi menjadi www.idhostinger.com dan untuk mendapatkan domain tld gratis bisa kunjungi www.dot.tk yang memberikan domain gratis dengan ekstensi .tk.ga.cf.gd, dan .ml.

5. Web Programing Tingkat Webmaster

Setelah kamu berhasil membuat aplikasi website tingkat lanjut, seperti membuat website toko online dan situs sosial media yang tentunya lebih rumit. Untuk mencapai programer tingkat webmaster sangat banyak yang harus kita pelajari mulai dari cara maintenance website, belajar dan memahami berbagai framework website, membuat plugin website, php oop dan masih banyak lagi.

Oke, sekian dulu kiranya 5 langkah dalam belajar pemrograman website dari nol yang bisa saya tulis di postingan kali ini, terakhir sebagai motivasi untuk menjadi seorang programer handal:

Coba terus pantang menyerah, perbanyak Error untuk mencapai Success!

Dan akhir kata terimakasih telah membaca artikel ini dan jika kalian rasa artikel ini bermanfaat mohon di bagikan ke teman-teman kalian agar yang lain bisa belajar juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here