Beranda Sipil √(Lengkap) Cara Membuat Kurva S dengan Mudah

√(Lengkap) Cara Membuat Kurva S dengan Mudah

18663
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
curva s
cara membuat curva s

Halo rekan-rekan proyek sekalian, apa kabar kalian hari ini? Mudah-mudahan sehat selalu yah.. Pada artikel kali ini pembahasan kita adalah mengenai cara membuat kurva s dengan mudah. Mungkin dibenak rekan-rekan, kurva s sulit untuk dibuat tetapi ternyata caranya mudah. Mau tau caranya, simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Curva S

Kurva S atau dalam bahasa kerennya disebut S-Curve. Kurva S secara grafis adalah penggambaran kemajuan kerja (bobot %) kumulatif pada sumbu vertikal terhadap waktu pada sumbu horisontal. Kemajuan kegiatan biasanya diukur terhadap jumlah uang yang telah dikeluarkan oleh proyek.

Dalam pelaksanaan proyek dilapangan, kita akan dihadapkan dengan yang namanya kurva s atau jadwal waktu pelaksanaan yang biasa disebut jangka waktu pelaksanaan pekerjaan. Dalam pembuatan kurva s sendiri biasanya menjadi syarat utama kontraktor dalam mengikuti proses tender, dimana dalam pembuatannya kurva s akan di link kan dengan analisa teknis satuan pekerjaan.

Sedangkan dalam memulai masa pelaksanaan biasanya akan dilakukan perubahan yang berhubungan dengan mutual check dilapangan atau terdapat suatu perubahan dari kontrak itu sendiri.

Membuat jadwal waktu pelaksanaan atau times schedule bisa dibuat dengan berbagai macam fasilitas seperti MS. project, excel, bentuk network planing dan beberapa fitur lain yang saat ini banyak beredar. Namun pada umumnya pembuatan kurva s atau jadwal pelaksanaan pekerjaan lebih sering menggunakan microsoft excel dkarenakan lebih mudah, praktis dan lebih cepat.

Jadwal waktu pelaksanaan pekerjaan diproyek merupakan urutan waktu yang akan dilaksanakan dari masing-masing sub bagian pekerjaan yang tertuang dalam bill of quantity atau BOQ /RAB (rencana anggaran biaya), yang disesuaikan dengan jangka waktu yang telah ditentukan oleh pemilik pekerjaan.

Dengan adanya jadwal waktu pelaksanaan pekerjaan atau curva s akan menampilkan rencana dari bobot fisik realisasi serta deviasi yang akan dijadikan sebagai bahan evaluasi atas pencapaian target rencana jika terdapat deviasi maka segera dilakukan langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan yang terjadi.

Cara Membuat Kurva S dengan Mudah

Bagaimana langkah-langkah dalam membuat jangka waktu pelaksanaan menggunakan MS. Excel, berikut caranya:

  1. Buka lembar ms. excel, akan lebih mudah jika sheet kurva s berdampingan dengan bill of quantity agar memudahkan dalam melakukan link volume, harga satuan dan jenis satuan pekerjaan yang tercantum pada BOQ.
  2. Operasikan excel dengan membuat tabel/kolom terlebih dahulu, cara mendatar dengan membuat kolom nomor, uraian /jenis pekerjaan, Satuan, volume, (harga satuan,jumlah harga jika perlu), bobot % kemudian kolom periode waktu untuk bulan dan minggu serta angka untuk harian per minggu, skala bobot jika perlu, dan keterangan.
  3. Pada Kolom Uraian pekerjaan, satuan, volume inputkan masing-masing jenis pekerjaan, satuan dan volume yang langsung di link dari BOQ atau di input secara manual.
  4. Pada kolom Bobot % inputkan nilai bobot masing-masing item pekerjaan dengan rumus jumlah harga satuan / Jumlah total sebelum ppn x 100, atau link langsung di boq jika pada sheet boq sudah terdapat bobot fisik.
  5. Isi kolom mingguan periode wwaktu dengan cara membagi bobot % dengan melinkkan waktu pada analisa teknis satuan pekerjaan.
  6. Pada kolom rencara progres adalah jumlah (sum) dari seluruh bobot pekerjaan pada setiap minggunya,
  7. Sedangkan pada Rencana Kumulatif yang nantinya akan menjadi series/value adalah total rencana bobot per minggu ini di + dengan minggu lalu hingga mendapat nilai 100% pada minggu terakhir.
  8. Untuk kolom realisasi biasanya pengisiannya akan di link dengan realisasi progress fisik mingguan pekerjaan.
  9. Untuk memasukkan line chart block pada rencana kumulatif dari posisi 0 hingga ke 100 kemudian klik insert pada tab ribbon dengan klik line kemudian pada 2-D line bisa pilih line yang polos atau line with markers.
  10. Atur dan sesuaikan posisi line chart hingga sesuai seperti contoh gambar diatas.

Sebenarnya untuk membuat time schedule banyak variasinya dengan membuat bentuk bar chart, nest spider, pie, scater dan banyak jenis chart lainnya yang bisa kita buat, tetapi berhubung yang kita bahas kali ini tentang kurva s maka yang kita gunakan adalah line.

Mungkin dengan penjelasan diatas masih banyak yang kurang faham, maka dari itu dibawah ini saya sediakan video tutorialnya. Jangan lupa subscribe channelnya.

Berikut contoh format kurva s dalam bentuk Excel, silahkan didownload dibawah ini:

Kurva S Format Excel

Google Drive DOWNLOAD[52.74KB]
Mediafire DOWNLOAD[52.74KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Artikel ini bersumber dari caranecom.blogspot.com, jika ingin mengcopy artikel ini silahkan mencantumkan sumbernya. Sekedar info, jika ingin membaca artikel terkait lainnya, silahkan kunjungi link yang tertera diatas, terimakasih.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Cara Membuat Kurva S dengan mudah, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini