Beranda AutoCAD Cara Menambahkan Koleksi Hatch Pattern (Arsiran) dan Hatch Pattern Custom Folder Pada...

Cara Menambahkan Koleksi Hatch Pattern (Arsiran) dan Hatch Pattern Custom Folder Pada AutoCAD

335
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
menambahkan koleksi hatch pattern
menambahkan koleksi hatch pattern

Halo rekan-rekan arsitek dan sipil, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang Cara Menambahkan Koleksi Hatch Pattern (Arsiran) dan Hatch Pattern Custom Folder Pada AutoCAD kepada kalian yang belum tau. Sebelum ke pembahasan, ada baiknya kita tau dulu apa itu Hatch Pattern dalam AutoCAD.

Pengertian Hatch Pattern

Hatch pattern atau yang lebih dikenal dengan ‘arsiran’ adalah salah satu fasilitas AutoCAD yang biasa digunakan untuk membuat arsiran. Hatch pattern ini digunakan untuk mengarsir pasir, pasangan bata, pasangan batu, kayu, genteng, seng, dan lain-lain.

AutoCAD sendiri, telah menyediakan beberapa pilihan hatch pattern. Namun, pilihan default yang disediakan sangat terbatas, sehingga kerapkali pilihan yang tersedia kurang memuaskan. Untuk menambah koleksi hatch pattern, anda bisa membuatnya sendiri atau mendownloadnya secara gratis.

Ada banyak situs yang menyediakan ‘hatch pattern’ secara gratis. Ada arsiran kaca, kayu, pasangan batu, pasangan bata, genteng, seng, dan lain-lain. Silahkan download 900 hatch pattern gratis yang saya bagikan di postingan Download Gratis 900 Hatch Pattern Format AutoCAD. Di beberapa situs, ditampilkan ‘preview’, sehingga anda bisa memilih mana ‘hatch pattern’ yang sesuai dengan keinginan anda, sebelum mendownloadnya.

Langkah-langkah menambahkan Custum Folder ‘hatch pattern’ pada AutoCAD:

  • Download terlebih dahulu ‘hatch/arsir’ yang akan ditambahkan.
    Untuk download, bisa didapatkan di dotsoft.com, cadhatch.com atau anda bisa minta tolong mbah google (bisa dengan kata kunci ‘hatch pattern free download’, atau dengan kata kunci lain sesuai kreatifitas anda). Ekstensi file hatch adalah .pat (PAT File).
  • Simpan file yang di download tersebut. Untuk memudahkan pengelolaan, (disarankan) file ‘hatch’ yang didownload disimpan pada satu folder,
    misal di : (D:\master\engineering\hatch baru).

Selanjutnya kita masuk pada langkah untuk menambahkan ‘hatch pattern’ pada custom folder ke AutoCAD.

  1. Buka AutoCAD, pilih menu ยป .
    AutoCAD Tools Option
  2. Pada jendela Options, pilih tab File. Klik pada bagian ‘Support File Search Path’.
    support file search path
  3. Setelah itu, klik button Add ยป Browse…
    add browse
  4. Akan muncul jendela Browse for Folder, lalu pilih folder/direktori tempat anda menyimpan file ‘hatch’, kemudian klik OK.
    Browse for Folder
  5. Sekarang, pada bagian ‘Support File Search Path’ bagian bawah, telah ditambahakan ‘path’ tempat anda menyimpan folder/direktori ‘hatch pattern’ custom folder, kemudian klik OK.
    Support File Search Path

Proses menambahkan ‘hatch pattern’ pada custom folder ke AutoCAD telah Selesai.

Untuk menggunakannya, sekarang kita kembali ke jendela AutoCAD.

  • Klik icon ‘Hatch…’
  • Pada jendelah Hatch and Gradient ยป tab ‘Hatch’ ยป bagian Pattern,
    klik button Displays the Hatch Pattern Palette dialog box.

    Displays the Hatch Pattern Palette dialog box
  • Klik tab Custom.
    Apabila instalasi tadi berhasil, maka pada tab Custom akan muncul daftar hatch yang berada pada direktori yang ditambahkan tadi (seperti pada contoh gambar di bawah).

    Custom Hatch
Selanjutnya, ‘hatch pattern’ hasil download tadi, siap digunakan. Sekian artikel kali ini mengenai Cara Menambahkan Koleksi Hatch Pattern (Arsiran) dan Hatch Pattern Custom Folder Pada AutoCAD, terima kasih telah membaca tutorial ini sampai selesai, jika ada yang kurang jelas dapat menanyakan pada kolom komentar yang tersedia dibawah. Jangan lupa di share artikel ini jika dirasa bermanfaat, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini