Beranda Internet Panduan Cara Mengaktifkan Domain Expired

Panduan Cara Mengaktifkan Domain Expired

213
0
BERBAGI
Blog ini di jual. Rentang penawaran antara Rp100 juta - Rp500 juta. Jika berminat silahkan kontak DISINI.
domain expired
domain expired

Sebelum mempelajari lebih jauh mengenai cara mengaktifkan domain expired, perlu kamu ketahui terlebih dahulu apa itu domain. Domain merupakan nama web (identitas server web) yang diakhiri dengan ekstensi (.com,.co.id, dsb).

Domain bisa diibaratkan sebagai alamat yang mudah diingat dari sebuah website. Selain itu, sebuah domain juga memiliki beberapa siklus yang menjadi penanda masa aktif, terhapus hingga bisa didaftarkan kembali. Untuk mengetahui cara mengaktifkan domain expired, sebaiknya kamu perlu mempelajari siklus domain terlebih dahulu.

Rangkaian Siklus Domain

ICANN (internet corporation for assigned Names and number) merupakan organisasi yang bekerja untuk mengawasi dan mengatur seluruh domain serta alamat IP publik di dunia. Organisasi ini mengelompokkan status domain ke dalam beberapa siklus.

  • Available: Available sendiri berarti tersedia, maksudnya domain masih tersedia dan dapat dipakai.
  • Registered: registered berarti terdaftar, artinya domain sudah terdaftar dan dipakai oleh website lain.
  • Expired-Auto Renew: artinya domain sudah kadaluarsa tetapi masih dapat digunakan kembali dengan memperpanjang masa pakai tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.
  • Expired-Redemption: berarti menebus, maksudnya domain sudah kadaluarsa dan untuk memperpanjang masa pakai harus mengeluarkan biaya tambahan restore (besarnya biaya bisa mencapai 10 kali lipat dari harga beli,  tergantung kebijakan).
  • Expired-Pending Deletion: nama domain sudah tidak tersedia atau sudah dihapus dan tidak dapat diperpanjang lagi.
  • Release: tersedia domain secara available.

Berdasarkan penjelasan diatas, bisa kamu simpulkan bahwa domain bahkan yang sudah expired pun masih bisa di aktifkan kembali. Hal ini berlaku selama domain tersebut belum masuk dalam siklus pending.

Nah, untuk bisa mengetahui apakah domain kamu masih bisa digunakan atau tidak, kamu bisa melihatnya melalui who.is. Cara memeriksanya bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke who.is atau bisa juga whois.com.
  2. Setelah itu akan muncul kotak pencarian domain, kamu bisa mengetikkan nama Domain yang akan di cek pada kolom yang tersedia.
  3. Kemudian pilih cek sekarang atau pilih tombol search.
  4. Dilanjutkan dengan klik who is.
  5. Berikutnya akan muncul detail informasi registry expiry date. Perhatikan tanggal expired, tanggal ini akan menunjukan kapan nama Domain anda kadaluarsa.

Lantas bagaimana cara mengaktifkan ulang domain yang sudah expired? Dimana pengaktifan itu bisa dilakukan?

DomaiNesia merupakan salah satu perusahaan yang memberikan layanan Jual domain murah dan VPS murah dengan harga terjangkau. Sehingga kamu bisa mengaktifkan domain yang sudah expired di sini.

DomaiNesia menyediakan berbagai layanan kebutuhan website sebagai identitas digital memakai ekstensi domain dengan biaya murah. Di sini kamu juga bisa membeli dan mengecek ketersediaan nama domain yang diinginkan. Disamping itu,  DomaiNesia juga menyediakan banyak promo yang pastinya menarik.

Apabila kamu sudah punya produk domain di DomaiNesia, kamu bisa melakukan perpanjangan masa aktif dengan lebih mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke client area, caranya kamu tinggal login ke my.domainesia.com kemudian masukkan email beserta passwordnya.
  2. Pastikan e-mail dan password yang dituliskan benar baru pilih sign in.
  3. Setelah masuk ke halaman  dashboard, kamu bisa langsung memilih domain yang ingin diperpanjang. Berikut caranya:
  • Pilih menu domains yang ada di sebelah kiri.
  • Pilih domain yang ingin kamu aktifkan pada tabel my domains.
  • Selanjutnya akan muncul menu managing, pilih opsi overview. Akan muncul detail informasi domain kamu, termasuk harga perpanjangan masa aktif,  cara pembayaran, serta nama bank yang akan  digunakan untuk membayar.
  • Setelah seluruh informasi bisa dipastikan benar, pilih opsi renew now.
  • Kamu bisa memilih lama waktu perpanjangan sesuai keinginan. Di DomaiNesia tersedia pilihan dalam jangka waktu 1 tahun, 2 tahun,  atau 10 tahun.
  • Kemudian, jika sudah memilih waktu klik opsi order now.
  • Berikutnya akan muncul halaman order summary yang berisi banyak informasi, jika semua informasi sudah benar, kamu bisa langsung klik complete order.
  • Jika sudah lengkap, kamu tinggal menyelesaikan pembayaran sesuai dengan metode yang sudah dipilih bisa melalui transfer bank,  virtual account, atau kartu kredit.
  • Untuk proses reaktivasi akan membutuhkan waktu beberapa hari setelah pembayaran.

Pengecualian untuk domain yang tidak dibeli di DomaiNesia, tetapi ingin diaktifkan kembali melalui DomaiNesia. Maka, perlu dilakukan transfer domain terlebih dahulu.

Transfer domain ke DomaiNesia ini biayanya terjangkau. Selain itu, prosesnya juga mudah dan cepat, serta gratis perpanjangan selama 1 tahun. Nah, pelayanan seperti ini pasti akan sangat menarik bukan?

Apa yang Harus Kamu Lakukan Apabila Domain Sudah Berada pada Siklus Pending? 

Domain yang sudah memasuki masa pending deletion, tidak akan bisa diperpanjang lagi masa aktifnya. Sehingga sudah tidak bisa digunakan atau dibuka lagi.

Jika kamu tetap ingin menggunakan domain yang sudah pending,  maka jalan keluar satu-satunya yaitu menunggu domain tersebut kembali available. Namun,  belum tentu menunggu itu akan membuahkan hasil.

Melihat kondisi saat ini dimana domain expired menjadi incaran banyak orang. Mereka mencari domain yang sudah kadaluarsa untuk digunakan kembali melalui beberapa web master.

Alasan penggunaan domain expired ini diantaranya yaitu karena domain yang sudah kadaluarsa disinyalir akan memiliki peringkat web yang tinggi. Disamping itu juga, situs website akan terhindar dari penalti Google.

Nah setelah mempelajari langkah-langkah cara mengaktifkan domain expired di atas, kamu pasti sudah tidak bingung lagi bukan? Ternyata memperpanjang masa aktif domain dan menggunakan domain expired tidak sesulit yang dibayangkan. Selamat mencoba.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini