Beranda Teknologi 4 Cara Mengatasi Kuota Internet Boros di Laptop atau PC

4 Cara Mengatasi Kuota Internet Boros di Laptop atau PC

858
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
windows pc
windows pc

4 Cara Mengatasi Kuota Internet Boros di Laptop atau PC – Apakah anda pernah merasakan bahwa penggunaan kuota internet di laptop atau PC memakan lebih banyak data dibanding di perangkat smartphone? Jika iya, anda wajib mengetahui cara mengatasi kuota internet boros di laptop atau pc pada artikel ini agar anda dapat mengawasi penggunaan internet anda.

Meskipun kini hampir semua harga paket data internet sudah relatif murah, tapi bukan berarti anda juga akan membiarkan kuota data internet anda terbuang secara tiba-tiba.

Pasalnya, sebagian penyebab laptop atau PC mengalami boros kuota internet adalah bukan dari melakukan aktivitas download atau browsing. Namun dari aplikasi maupun program windows yang tidak kita sadari mengambil banyak kuota data internet anda.

Terlebih lagi, kebanyakan dari aplikasi dan program dari windows tersebut berukuran sangat besar dan kemudian membuat kuota internet anda akan cepat terkuras tanpa anda sadari.

Jika anda salah satu orang yang mengalami hal tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Karena anda akan menemukan semua jawaban bagaimana cara mengatasi laptop yang boros kuota internet dibawah ini.

Cara Mengatasi Kuota Internet Boros di Laptop

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi masalah kuota internet yang terkuras secara tiba-tiba di laptop atau PC anda. Pasalnya, Ada banyak faktor yang dapat membuat kuota internet boros.

Anda dapat mengikuti beberapa panduan berikut dibawah ini yang dapat membantu anda sebagai solusi kuota internet boros di laptop yang menggunakan windows 7, 8, dan 10.

1. Cari Aplikasi yang Terhubung Internet

1.jpg

Cara untuk mengatasi kuota internet boros di laptop yang pertama adalah dengan mencari aplikasi yang terhubung ke jaringan internet. Anda dapat cek apa saja aplikasi yang sedang menggunakan jaringan internet menggunakan aplikasi Task Manager.

  1. Klik kanan taskbar windows yang berada di bagian bawah.
  2. Kemudian klik Task Manager pada opsi yang muncul.
  3. Masuk ke tab menu Processes untuk melihat daftar aplikasi windows yang sedang berjalan.
  4. Selanjutnya klik Network untuk mengurutkan aplikasi yang menggunakan data internet paling tinggi.
  5. Jika anda sudah menemukan aplikasi apa yang memakan banyak kuota internet, klik aplikasi lalu klik tombol End task di bagian bawah.
  6. Aplikasi tersebut akan menutup dan tidak akan lagi memakan kuota internet anda.

2. Matikan Update Windows

2.jpg

Cara kedua adalah dengan cara mematikan update windows di laptop atau komputer windows anda. Terkadang, update windows berjalan secara otomatis sehingga anda tidak akan menyadari bahwa aktivitas tersebut akan memakan banyak data internet anda.

Anda dapat menonaktifkan fitur update windows otomatis ini dengan membuka menu control panel yang ada di laptop windows anda. Setelah anda sudah berhasil mematikan windows update, Anda tidak perlu lagi khawatir kuota internet anda hilang secara tiba-tiba.

3. Aktifkan Fitur Metered Conection

3.jpg

Fitur hadir pada windows 10 yang berkerja untuk membatasi proses yang memakan kuota internet yang berjalan di background windows.

Untuk mengaktifkannya, anda harus masuk ke menu opsi properties pada jaringan internet yang sedang aktif. Berikut panduan lengkapnya:

  1. Pertama, klik icon wifi atau sinyal di taskbar bawah.
  2. Pilih jaringan wifi atau modem yang sedang aktif.
  3. Klik kanan untuk opsi properties.
  4. Disana anda harus mengubah opsi metered connection menjadi ON.

4. Menggunakan Bantuan Aplikasi Destroy Windows Spying

4.jpg

Destroy Windows Spying adalah salah satu software yang mampu untuk mengatasi laptop / pc boros data internet. Aplikasi ini dapat anda gunakan secara gratis pada laptop windows anda.

Cara kerja dari aplikasi ini adalah mencegah windows update yang sering berjalan otomatis, mematikan aplikasi metro di windows 8 ke atas, memblokir server windows yang memerlukan kuota internet dan banyak lagi yang lainnya.

Ukuran aplikasi ini sangat kecil, yaitu hanya 500kb saja. Meskipun begitu, aplikasi ini sangat ampuh dan cukup mudah digunakan. Anda tidak perlu mengatur secara manual, karena aplikasi ini akan langsung melakukan tugasnya setelah anda memasang di laptop atau pc anda.

Nah, itulah bagaimana Cara Mengatasi Kuota Internet Boros di Laptop dan komputer yang dapat anda gunakan sebagai solusi kuota internet yang sering terkuras secara tiba-tiba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Penulis: Eztekno.com

Catatan: Artikel ini merupakan hasil tulisan original penulis blog yang dibuat langsung pada halaman guest post. Jika mengandung beberapa kesamaan dalam hal materi copyright, mohon untuk segera melaporkannya. Saya akan segera memproses permohonan pemilik materi segera dalam 2×24 jam, terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini