Beranda Struktur Jalan Cara Menghitung Volume Jalan Cor Beton

Cara Menghitung Volume Jalan Cor Beton

1954
0
BERBAGI
asdar.id menyediakan Member Premium Download untuk download file tanpa embel-embel iklan dan halaman, apa lagi harus menunggu timer yang begitu lama. Dengan berlangganan Member Premium Download, semua file dapat didownload dengan singkat langsung menuju ke sumbernya!, klik DISINI untuk DAFTAR :-) Untuk cara download file Member Free Download, bisa membaca Tutorial Download yang ada dibawah Timer (halaman Safelink) saat menekan tombol download.
Rekomendasi aplikasi hitung cepat RAB akurat dan otomatis, sangat mudah digunakan. Tinggal ganti dimensi, RAB Langsung Jadi. Jika anda seorang ahli sipil atau arsitek, rugi jika tidak punya filenya. Silahkan klik DISINI untuk mendapatkan Filenya.
cara menghitung volume jalan cor beton
cara menghitung volume jalan cor beton

Pembuatan jalan menggunakan lapisan perkerasan beton kini menjadi pilihan utama dalam proyek pembangunan jalan. Terutama untuk jalan-jalan dengan skala kecil seperti jalan lingkungan atau gang, serta jalan akses ke lahan pertanian atau perkebunan yang banyak ditemukan di daerah pedesaan atau pinggiran kota. Keputusan ini didasarkan pada fakta bahwa pembuatan jalan dengan beton merupakan metode konstruksi yang relatif sederhana dan dapat dilakukan oleh banyak orang, bahkan tanpa keahlian khusus di bidang pertukangan.

Di samping itu, penggunaan peralatan juga cukup sederhana. Dalam pembangunan jalan beton sederhana atau dalam skala kecil, proses pencampuran bahan untuk membuat beton dapat dilakukan menggunakan mesin pencampur beton (concrete mixer) atau secara manual dengan menggunakan alat seperti cangkul dan sekop. Namun, untuk proyek jalan beton dalam skala besar, disarankan untuk menggunakan beton siap pakai (readymix) karena kualitasnya yang lebih baik dan juga dapat menghemat waktu pelaksanaan. Selain menghemat waktu dan memiliki kualitas yang lebih baik, penggunaan beton siap pakai juga memiliki keuntungan lain.

Sebelum membuat keputusan apakah akan mencampur sendiri bahan campuran beton atau membeli beton dari penyedia jasa readymix, penting untuk mengetahui volume beton yang dibutuhkan. Dengan mengetahui volume tersebut, Anda dapat menentukan kebutuhan bahan yang perlu disiapkan atau volume beton yang akan dipesan dari penyedia jasa readymix.

Pengertian Volume Jalan Cor Beton

Volume jalan cor beton mengacu pada jumlah total beton yang diperlukan untuk membuat lapisan perkerasan beton pada proyek jalan. Ini mencakup volume total beton yang digunakan untuk menciptakan struktur jalan, termasuk ketebalan, lebar, dan panjangnya. Volume jalan cor beton dihitung dengan mengalikan panjang, lebar, dan tebal lapisan beton yang direncanakan.

Pengukuran volume jalan cor beton sangat penting dalam perencanaan dan estimasi proyek konstruksi jalan. Dengan mengetahui volume yang tepat, kita dapat mengestimasikan jumlah bahan yang dibutuhkan, seperti pasir, kerikil, semen, dan air. Selain itu, volume jalan cor beton juga menjadi dasar dalam menentukan biaya proyek dan memastikan ketersediaan sumber daya yang diperlukan.

Cara Menghitung Volume Jalan Cor Beton

Berikut Admin akan membagikan cara menghitung volume beton untuk pekerjaan pengecoran jalan sederhana.

menghitung volume pekerjaan cor beton jalan
menghitung volume pekerjaan cor beton jalan

Berdasarkan gambar di atas, kita dapat mengetahui bahwa lebar jalan adalah 2 meter, sedangkan rencana tebal perkerasan beton adalah 15 cm. Untuk panjang jalan dalam contoh ini, kita asumsikan 100 meter.

Dengan demikian, volume pekerjaan beton untuk jalan tersebut dapat dihitung sebagai berikut: Volume Beton = Panjang x Lebar x Tebal Volume Beton = 100 m x 2 m x 0,15 m Volume Beton = 30 m³.

Berdasarkan hasil perhitungan diatas menunjukkan bahwa volume beton keseluruhan untuk proyek jalan tersebut adalah 30 meter kubik.

Sekian artikel singkat kali ini mengenai Cara Menghitung Volume Jalan Cor Beton, semoga dapat bermanfaat untuk yang sedang membutuhkannya. Jangan lupa share artikel ini ke sosial media jika bermanfaat untuk orang banyak. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini