Beranda Bisnis Tips Merintis Usaha Distributor Makanan Supaya Berhasil

Tips Merintis Usaha Distributor Makanan Supaya Berhasil

228
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
distributor makanan
distributor makanan

Kesalahan dan kegagalan bagi kebanyakan orang adalah mahal harganya. Tak heran, jika kebanyakan dari kita tidak akan pernah benar-benar merasakan kesuksesan! Simply because we’re afraid of making mistakes and learn from it!

Itulah salah satu pepatah hebat yang cocok diterapkan pada Anda yang ingin memulai bisnis. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan untuk memulai dan menjalankan bisnis itu sangat sulit dan mahal untuk didapat. Jangan untuk orang awam, untuk orang berpendidikan tinggi pun mendapatkan pendidikan bisnis itu tidak gampang.

Sekalipun telah dibekali dengan sejumlah teori bisnis, tapi dalam prakteknya tidak akan menjamin bisnisnya berjalan lancar. Lalu, kalau memang mencari dan mendapatkan pendidikan bisnis itu susah, kenapa orang bersusah-susah mencari dan terus mencarinya ? Tentu saja, karena orang seperti ini sedang mencari setidaknya kebebasan finansial – kebebasan waktu, yang dianggap akan secara langsung akan merubah kehidupannya itu sendiri.

Banyak opsi yang dapat Anda pilih untuk berbisnis, salah satu bisnis yang menarik saat ini adalah bisnis makanan, lebih tepatnya lagi usaha Distributor Makanan.

Bisnis makanan ini menjadi pilihan orang karena saat ini, makanan tidak lagi menjadi pemenuh lapar saja, tapi sudah menjadi sejenis wisata, oleh karena itu, tentu saja orang-orang akan selalu mencari model makanan yang baru untuk memenuhi selera makannya, oleh karena itu, peluang usaha makanan ini sangat prospektif sekali untuk saat ini.

Banyak sekali produsen makanan yang menawarkan untuk distributor makanan, baik melalui internet maupun melalui media lainnya, mulai dari makanan luar negeri atau pun makanan domestik khas daerahnya masing-masing. Tentu saja variasi makanan ini dapat Anda pilih satu atau beberapa saja.

Sebelum Anda menentukan peluang usaha distributor makanan mana yang Anda pilih, ada baiknya jika Anda mensurvey perusahaan yang menawarkan usaha distributor makanan tersebut. Hal ini dilakukan supaya Anda dapat terhindar dari penipuan yang berkedok usaha makanan.

Namun sebelum benar-benar mulai, ada baiknya beberapa hal di bawah ini, untuk menyiapkan mental Anda agar menjadi pengusaha yang handal. Dari banyak referensi didapat suatu kenyataan bahwa kesamaan dari orang-orang yang sukses di bidangnya masing-masing; ternyata, sebelum mereka mencapai kesuksesan, mereka sudah (harus) melalui beribu-ribu kali kegagalan sebelum-nya.

Tidak jarang pula bahwa serangkaian kegagalan adalah persyaratan untuk mencapai kesuksesan. Jadi sebenarnya ketika Anda berniat menjadi pengusaha, apapun bidangnya, tidak saja menyiapkan mental untuk sukses tapi harus pula menyiapkan mental untuk gagal. Coba saja Anda tanya orang sukses di sekitar Anda, berapa kali mereka gagal, sebelum mereka mencapai kesuksesan yang mereka miliki sekarang. Bisa dipastikan Anda akan sangat terkejut dengan jawaban mereka.

Sebuah survey mengatakan bahwa sebelum mencapai kebebasan finansial, mereka yang telah bergelut dengan dunia usaha menganggap bahwa kegagalan itu sebagai suatu hal yang biasa dan merupakan bagian dari suatu bisnis itu sendiri. Luar biasa.

Nah, bila Anda memang ingin menjadi pengusaha, menjadi distributor makanan misalnya, sama saja harus bersikap seperti itu, harus berani melakukan kesalahan dan kegagalan. Tanpa mempersiapkan sikap mental untuk berani gagal, artinya tidak akan pernah memulai bisnis Anda, karena selalu dihantui dengan takut gagal.

Namun demikian, mempersiapkan mental berani gagal bukan berarti bisa seenaknya dan sembarangan dalam melakukan usaha. Sebaliknya justru akan senantiasa bersikap hati-hati dan penuh perhitungan, sehingga kalaupun pada akhirnya melakukan kegagalan, maka bukan kegagalan yang dilakukan secara konyol.

Tips Menekuni Usaha Distributor Makanan

Supaya peluang usaha Anda ini mendapat keuntungan. Berikut ini beberapa petunjuk dapat menjadi referensi untuk Anda yang akan menekuni usaha distributor makanan.

  1. Lakukan survei pasar terlebih dahulu sebelum memilih menjadi usaha distributor makanan, sebab pada prinsipnya tidak semua peluang usaha akan dapat diterima pasar. Pada awalnya bisa dimulai dengan menjadi distributor makanan yang benar-benar sangat laku. Namun ada kelemahaannya juga menjadi distributor makanan yang sangat laku, karena semua orang melakukan hal yang sama sehingga persaingannya pun akan sangat berat.
  2. Setelah melakukan survey, barulah Anda dapat melakukan marketing bisnis makanan Anda dengan beragam cara baik itu dengan soft opening makan gratis, dan lain sebagainya. Dengan usaha marketing ini, diharapkan usaha distributor makanan Anda dapat mengembalikan modal Anda dalam waktu relatif tidak lama, dan peluang usaha yang Anda pilih pun dapat menguntungkan. Namun jelas, bahwa pekerjaan ini tidak mudah. Karena mencari pasar baru untuk produk makanan Anda perlu kerja keras. Seperti telah disebutkan dalam pengantar di atas, bahwa menjadi pengusaha itu susah dan harus sudah siap gagal. Hanya mereka yang bermental baja sajalah yang dapat mengatasi berbagai kendala, sehingga pada akhirnya bisa memperoleh kesempatan untuk mendapatkan keuntungan.
  3. Peluang usaha itu selalu banyak dan berserakan di mana-mana. Meski demikian, jika Anda masih pemula dalam bisnis makanan, sebaiknya Anda memilih usaha distributor makanan yang punya jangka waktu expired cukup lama, supaya makanan tersebut jika belum ada pemesan yang datang, dapat Anda simpan terlebih dahulu. Tentu saja dengan semakin lamanya masa berlaku makanan tersebut, akan memberi keleluasaan pada Anda sendiri dalam merancang pemasarannya. Berbeda dengan makanan yang tidak tahan lama, sehingga belum apa-apa makanan sudah kadaluarsa.
  4. Jaringan yang luas dan tim marketing yang militan adalah kunci kesuksesan Anda dalam menangani usaha distributor makanan, sebab sebaik apa pun makanan yang akan Anda distribusikan, kalau Anda tidak punya jaringan yang luas dan tim marketing yang solid, peluang usaha ini akan diambil alih oleh competitor Anda. Maka, sejak awal sebelum memutuskan untuk menjadi distributor makanan, pikirkan dengan matang bagaimana Anda bisa merekrut seorang tenaga pemasaran yang bermental baja.
  5. Harga dapat menentukan tingkat penjualan usaha makanan Anda. Oleh sebab itu, pemahaman Anda tentang perekonomian daerah selain dapat membantu Anda untuk memilih peluang usaha makanan jenis tertentu, juga dapat disesuaikan dengan tingkat pembelian masyarakat. Dengan demikian, usaha distributor makanan yang Anda pilih akan membawa keuntungan.

Walau demikian, kejujuran Anda saat menangani usaha distributor makanan adalah kunci utama, sebab tanpa kejujuran, semua pelanggan usaha makanan Anda, akan menjauhi Anda.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya Anda ketahui dan siapkan, sebelum benar-benar memulai bisnis sebagai distributor makanan. Kembali kepada pengantar di atas bahwa mereka yang sukses sekarang ini, bisa dipastikan sudah sangat akrab dengan kegagalan demi kegagalan.

Hanya karena mereka memiliki mental baja sajalah, yang tetap bertahan dalam berbagai hantaman kegagalan, sehingga akhirnya bisa menikmati buah dari kerja keras dan kesiapannya bangkit dari kegagalan demi kegagalan tersebut. Bila tidak siap untuk gagal, sebaiknya jangan memulai untuk usaha karena sebenarnya Anda belum apa-apa sudah gagal.

Penulis: Mas Andy

Catatan: Artikel ini merupakan hasil tulisan original penulis blog yang dibuat langsung pada halaman guest post. Jika mengandung beberapa kesamaan dalam hal materi copyright, mohon untuk segera melaporkannya. Saya akan segera memproses permohonan pemilik materi segera dalam 2×24 jam, terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini