Beranda Kesehatan Cara Menyikat Gigi dengan Baik dan Benar

Cara Menyikat Gigi dengan Baik dan Benar

287
0
BERBAGI
cara menyikat gigi yang benar

Kali ini saya akan memposting tentang Cara Menyikat Gigi dengan Baik dan Benar. Kesehatan gigi diawali dengan kebiasaan kita menyikat gigi setiap hari. Kalau cara kita menyikat gigi saja sudah salah, maka kita akan berisiko mengalami sejumlah masalah gigi seperti gigi berlubang dan karang gigi. Selain diharuskan kita menyikat gigi rutin minimal dua kali sehari, ada hal-hal yang harus perlu kita perhatikan saat menyikat gigi.

Sikat Gigi Bersama

Menyikat gigi yang baik dan benar ternyata ada tekniknya. Sebenarnya tidak susah, cuma memang dibutuhkan sedikit kesabaran. Selengkapnya, mari ikuti tips selengkapnya di bawah ini.

1.   Sikat Sampai Ke Gigi Geraham

Hal ini sering terjadi, kebanyakan orang hanya fokus menyikat gigi depannya saja dan mengabaikan menyikat dengan benar pada bagian gigi geraham. Pastikan kamu memperhatikan kebersihan gigi geraham, oke. Kenapa? Karena kemungkinan besar bakteri justru akan berkembang pada gigi bagian dalam.

2.   Menyikat Gigi 1,5 Jam Setelah Makan

Studi menyebutkan bahwa menyikat gigi langsung setelah makan ternyata bisa merusak gigi. kenapa begitu? Itu dikarenakan pH mulut sedang rendah dan pasta gigi adalah bahan kimia yang kuat sehingga bisa merusak gigi. Jadi tunggu sampai 1,5 jam setelah makan baru kemudian menyikat gigi. Jadi tidak harus terburu-buru menyikat gigi setelah makan.

3.   Mengkonsumsi Buah dan Sayur Segar

Buah dan sayur segar bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh tetapi juga pada kesehatan gigi. Makanan berserat seperti sayur dan buah sangat baik membersihkan gigi secara tidak langsung. Dengan kata lain, makan buah dan sayur segar bisa membantu menurunkan kemungkinan timbulnya plak gigi dan membantu membuang bakteri di mulut.

Loading...

4.   Sikat dengan Lembut Selama Minimal 2 Menit

Biasanya kita berpikir karena merasa gigi harus bersih, kita menyikat gigi dengan sekuat tenaga dan kasar. Tapi ternyata hal ini tidak baik. Kebiasaan ini bisa menimbulkan erosi enamel gigi dan membuat gusi terluka. Sikatlah gigi dengan santai, lembut namun merata selama dua menit. Kalau menyikat gigi dan selesai tidak sampai satu menit, itu berarti bakteri belum sepenuhnya dibersihkan. Rekomendasi rentang waktu yang baik untuk menyikat gigi adalah 2 menit. Hal ini akan membuat gigi dan rongga mulut jadi lebih bersih dan sehat.

5.   Arah Menyikat Gigi Harus Seimbang

Perhatikan arah ketika kamu menyikat gigi. Sangat disarankan untuk menyikat gigi memutar atas, bawah, dan menyamping dengan seimbang. Menyikat gigi cuma satu arah saja tidak bisa membersihkan gigi secara keseluruhan. Jadi variasikanlah arah menyikat gigi hingga ke sela-sela gigi juga, ya.

Oh iya, satu lagi saran penting yang jangan sampai diabaikan. Gantilah sikat gigimu minimal tiga bulan sekali. Kebersihan sikat gigi juga sangat berpengaruh besar pada kebersihan gigi kamu.

Mulai sekarang menyikat gigilah dengan baik dan benar. Sekian postingan tentang Cara Menyikat Gigi dengan Baik dan Benar, semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa share atau bagikan link ini ke teman-teman kamu di sosial media dengan cara mengklik tombol bagikan dibawah ini. Terimakasih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here