Beranda Komputer Cara Merawat Baterai Laptop

Cara Merawat Baterai Laptop

107
2
BERBAGI
Bagi yang berminat pasang iklan banner, blog ini menyediakan slot iklan yang akan tayang pada slot pengumuman ini dan pastinya dilihat setiap pengunjung. Hanya Rp.1 jt/bulan. Minat? Hubungi admin melalui WhatsApp.
cara merawat baterai laptop
cara merawat baterai laptop

Cara Merawat Baterai Laptop – Salah satu alat vital dalam laptop adalah batu baterainya. Dengan adanya baterai berkapasitas tinggi dan terawat dengan baik, maka laptop akan tahan lama. Karena dirancang untuk di gunakan dalam mobilitas tinggi sehingga pengguna harus mengerti cara merawat baterai laptop yang baik dan benar.

Banyak orang yang main laptop sembarangan, sehingga seiring hari, daya tahan baterai akan semakin mengurang. Walaupun sekarang telah banyak muncul laptop dengan baterai besar, tak menutup kemungkinan akan terjadi hal yang serupa bila orang tersebut menggunakanya laptop terlalu over pemakaian.

Sebelum hal itu terjadi, disini saya akan menjelaskan tips merawat bacteri laptop agar awet dan tahan lama. Berikut tipsnya!

Cara Merawat Baterai Laptop Dengan Baik dan Benar

Setelah pengguna mengetahui hal yang dapat menyebabkan baterai laptop cepat panas, alangkah baiknya kita juga mengetahui bagaimana cara merawat baterai agar tidak cepat down. Untuk informasi lengkapnya silahkan check di bawah ini.

1. Menggunakan Charger Asli

Hal pertama yang kami bisa sarankan adalah menggunakan charger dengan versi asli atau bawaan laptop. Tidak disarankan untuk menggunakan charger imitasi atau KW. Karena hal tersebut akan mengakibatkanarus listrik menjadi kurang stabil dan cepat merusak batu baterai.

Jika memang charger asli rusak, carilah dulu orang yang menjual barang asli. Biasanya di toko online sekarang banyak yang menjualnya. Tentunya dengan harga yang bisa di bilang tidak murah.

2. Mencabut Charger jika Baterai Terisi Penuh

Cara merawat baterai laptop selanjutnya yakni segeralah mencabut baterai jika kapasitas sudah mencapai 100% full, jangan Anda biarkan aliran listrik masuk terlalu banyak pada daya baterai, selain akan masuk pada komponen-komponen dalam baterai, hal itu juga akan membuat baterai menjadi tidak stabil.

3. Menghindari Laptop Mati Total

Penggunaan yang terlalu over akan membuat kinerja baterai semakin menurun, hal ini biasanya di picu dengan asyiknya memainkan laptop sampai-sampai lupa waktu. Setelah itu, pengguna jarang ada yang melihat jika baterai Anda dalam mode kritis.

Oleh sebab itu, Usahakan charger di bawah 20%, dan jangan sampai laptop mati total. Hilangkanlah kebiasaan buruk tersebut, karena akan berakibat fatal pada baterai laptop. Terutama jika kalian mau membuat laptop tetap sehat dan tetap terkontrol.

4. Mengaktifkan Mode Power Saver

Mungkin banyak orang yang tidak tahu Mode Power Saver ini, karena biasanya orang akan fokus dengan fungsinya saja, tanpa mau tahu apa yang ada di dalamnya. Kebanyakan laptop windows sudah di atur mode ketahanan.

Namun jika sahabat tidak tahu, silahkan coba aktifkan dengan cara di bawah ini:

  • Cari kontrol panel
  • Kemudian klik icon baterai
  • Silahkan cari Mode Power Saver, lalu aktifkan.

Dengan cara itu, pengguna dapat memperpanjang masa aktif baterai dan menghemat baterai jika masuk dalam keadaan kritis.

5. Menutup Jendela Windows Dan Aplikasi Yang Tidak Perlu

Terakhir, untuk merawat batu baterai Anda perlu menutup beberapa jendela windows yang tidak di gunakan. Kadang orang banyak melakukan hal ini, di samping mempermudah pekerjaan, pengguna juga di berikan akses cepat dalam mencari sesuatu.

Cobalah untuk menutup jendela windows atau aplikasi yang tidak terpakai pada perangkat keras Anda. Karena semakin banyak Tab aplikasi yang terbuka maka semakin banyak pula daya baterai yang akan terkuras.

Itulah 5 cara mudah merawat batu baterai laptop by dewailmu. Rusaknya suatu barang bukan karena umur yang mengakibatkanya, namun seseorang yang tidak mau merawat dan menjaga barang itu dengan benar. Sekian dan semoga bermanfaat.

Penulis: Wawan Agusti

Catatan: Artikel ini merupakan hasil tulisan original penulis blog yang dibuat langsung pada halaman guest post. Jika mengandung beberapa kesamaan dalam hal materi copyright, mohon untuk segera melaporkannya. Saya akan segera memproses permohonan pemilik materi segera dalam 2×24 jam, terima kasih.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini