Beranda Arsitek Download AHSP Tahun 2013 PERMEN Pekerjaan Umum

Download AHSP Tahun 2013 PERMEN Pekerjaan Umum

646
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
ahsp 2013 bidang pekerjaan umum
ahsp 2013 bidang pekerjaan umum

Halo teman-teman proyek dimanapun berada, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga sehat selalu. Pada kesempatan ini saya akan membagikan sebuah artikel yang berjudul Download AHSP Tahun 2013 PERMEN Pekerjaan Umum. Uraian lengkapnya silahkan baca deskripsi dibawah ini.

Mengenai AHSP 2013

AHSP 2013 merupakan bagian dari Permen PU Nomor 11/PRT/M/2013. AHSP ini di pergunakan untuk bangunan gedung termasuk rumah tinggal. Beberapa analisis di dalamnya juga bisa di terapkan pada bukan gedung. AHSP 2013 di keluarkan sebagai pembaruan dari versi lama. Pada versi terdahulu Anda bisa mengarah ke SNI 2008. Namun, untuk ahsp terbaru sudah terbit yakni ahsp tahun 2020. Anda bisa mencarinya di beberapa sumber.

Analisa harga satuan pekerjaan (AHSP) diperlukan dalam pembuatan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pembangunan. Pemerintah melalui Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.11 Tahun 2013 (PermenPU) telah mewajibkan penggunaan AHSP dalam pembuatan RAB untuk penetapan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) ataupun Harga Penawaran. Ini sesuai dengan diktum dalam PermenPU tersebut “Analisis Harga Satuan Pekerjaan pada masing- masing sektor telah diterapkan tetapi sifatnya hanya sebagai referensi, belum mengikat secara hukum”.

Adapun pada Bab Penutupnya, disampaikan bahwa Standar Nasional Indonesia (SNI) yang telah ditetapkan sebelumnya dapat digunakan sejauh tidak bertentangan dengan PermenPU ini. Sedangkan Surat Edaran tahun 2008 dinyatakan tidak berlaku lagi.

Standar Nasional Indonesia (SNI) tentang Tata Cara Perhitungan Harga Satuan untuk Konstruksi Bangunan Gedung dan Perumahan dinyatakan masih berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum ini.

Dengan ditetapkannya Peraturan Menteri ini, Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum Nomor 02/SE/M/2013 tentang Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum dan Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum Nomor 07/SE/M/2008 tentang Pemberlakuan Standar, Pedoman, Manual Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi Bangunan Gedung dan Perumahan, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku lagi.

AHSP juga dinyatakan harus dilampirkan dalam kontrak. Ini mengantisipasi tindakan menghindari perincian oleh Kontraktor/Penyedia Jasa atau oknum Pemerintah yang hendak mengakali auditor.

AHSP merupakan bagian dari dokumen kontrak harga satuan dan harus disertakan dengan rinciannya sebagai lampiran yang tidak terpisahkan serta sebagai alat untuk menilai kewajaran penawaran (Pasal 6). Adapun AHSP yang dimaksud terlampir bersama PermenPU ini.

Di dalam AHSP itu diwajibkan menampilkan overhead yang diartikan oleh Pasal 1 PermenPU sebagai “Overhead adalah biaya yang diperhitungkan sebagai biaya operasional dan pengeluaran biaya kantor pusat yang bukan dari biaya pengadaan untuk setiap mata pembayaran, biaya manajemen, akuntansi, pelatihan dan auditing, perizinan, registrasi, biaya iklan, humas dan promosi dan lain sebagainya.”

Tentu dengan ditampilkannya Overhead di dalam AHSP (berarti juga di dalam Dokumen Kontrak), maka baik pemerintah maupun penyedia jasa lain dapat mengetahui berapa keuntungan bagi penyedia yang direncanakan dalam pembangunan proyek tersebut. Dengan cara ini, Akuntabilitas pelaksanaan proyek diharapkan meningkat.

Download Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) 2013 Format PDF

Dalam pengadaan jasa konstruksi terdapat analisis pekerjaan yang dipakai harus sesuai dengan standar, untuk itu Kementerian PU telah mengeluarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 11/PRT/M/2013 tentang Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum.

Ketentuan umum

Analisis Harga Satuan Pekerjaan yang selanjutnya disingkat AHSP adalah:

  • Perhitungan kebutuhan biaya tenaga kerja, bahan dan peralatan untuk mendapatkan harga satuan atau satu jenis pekerjaan tertentu.

Bidang Pekerjaan Umum adalah bidang pekerjaan yang meliputi kegiatan:

  • Sumber Daya Air (bendung, pintu air dan hidromekanik, terowongan air, bangunan sungai, jaringan irigasi, bangunan lepas pantai),
  • Bina Marga (jalan, jembatan, jalan layang, terowongan jalan, saluran tepi jalan, bahu jalan, trotoar), dan;
  • Cipta Karya (bangunan gedung, perumahan, infrastruktur kawasan permukiman seperti Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM), sistem perpipaan air minum dan lain-lain).

Harga Perkiraan Perencana yang selanjutnya disingkat HPP adalah:

  • Perhitungan perkiraan biaya pekerjaan yang dihitung secara profesional oleh perencana yang digunakan sebagai salah satu acuan dalam melakukan penawaran suatu pekerjaan tertentu.

Harga Perkiraan Sendiri yang selanjutnya disingkat HPS adalah:

  • Perhitungan perkiraan biaya pekerjaan yang dihitung secara profesional oleh panitia dan disahkan oleh pejabat pembuat komitmen yang digunakan sebagai salah satu acuan dalam melakukan evaluasi harga penawaran. HPS bersifat terbuka dan tidak rahasia.

Harga Satuan Dasar yang selanjutnya disingkat HSD adalah:

  • Harga komponen dari mata pembayaran dalam satuan tertentu, misalnya: bahan (m, m2, m3, kg, ton, zak, dan lain-lain), peralatan (unit, jam, hari, dan lain-lain) dan upah tenaga kerja (jam, hari, bulan, dan lain lain).

Harga Satuan Dasar Alat adalah:

  • Besarnya biaya yang dikeluarkan pada komponen biaya alat yang meliputi biaya pasti dan biaya tidak pasti atau biaya operasi per satuan waktu tertentu untuk memproduksi satu satuan pengukuran pekerjaan tertentu.

Harga Satuan Dasar Bahan adalah:

  • Besarnya biaya yang dikeluarkan pada komponen bahan untuk memproduksi satu satuan pengukuran pekerjaan tertentu.

Harga Satuan Dasar Tenaga Kerja adalah:

  • besarnya biaya yang dikeluarkan pada komponen tenaga kerja per satuan waktu tertentu untuk memproduksi satu satuan pengukuran pekerjaan tertentu.

Mata Pembayaran adalah:

  • jenis pekerjaan yang secara tegas dinyatakan dalam dokumen lelang sebagai bagian dari pekerjaan yang dilelang yang dapat dibayar oleh pemilik (owner).

Satuan Pekerjaan adalah:

  • satuan jenis kegiatan konstruksi bangunan yang dinyatakan dalam satuan panjang, luas, volume dan unit.

Overhead adalah:

  • biaya yang diperhitungkan sebagai biaya operasional dan pengeluaran biaya kantor pusat yang bukan dari biaya pengadaan untuk setiap mata pembayaran, biaya manajemen, akuntansi, pelatihan dan auditing, perizinan, registrasi, biaya iklan, humas dan promosi dan lain sebagainya.

Daftar Kuantitas dan harga atau Bill of Quantity (BOQ) adalah:

  • Daftar rincian kebutuhan bahan pekerjaan yang disusun secara sistematis menurut kelompok/ bagian pekerjaan, disertai keterangan mengenai volume dan satuan setiap jenis pekerjaan, mata uang, harga satuan, hasil kali volume dengan harga satuan setiap jenis pekerjaan.

Untuk panduan downloadnya klik dulu link dibawah yang ingin didownload kemudian tunggu selama 10 detik. Lalu cari tombol warna ijo, klik tombol tersebut. Semua tautan sudah terhubung ke link aslinya, jadi tidak perlu ada embel-embel lagi ketika mendownloadnya. Selamat mendownload.

PERMEN PU Nomor 11/PRT/M/2013 Tahun 2013
Google Drive DOWNLOAD[18.26MB]
Mediafire DOWNLOAD[18.26MB]
Lamp 1 Permen PU 11-2013 BIDANG UMUM
Google Drive DOWNLOAD[436.79KB]
Mediafire DOWNLOAD[436.79KB]
Lamp 2 Permen PU 11-2013 BIDANG SDA
Google Drive DOWNLOAD[6.34MB]
Mediafire DOWNLOAD[6.34MB]
Lamp 3 Permen PU 11-2013 BIDANG BINA MARGA
Google Drive DOWNLOAD[882.80KB]
Mediafire DOWNLOAD[882.80KB]
Lamp 4 Permen PU 11-2013 BIDANG CIPTA KARYA
Google Drive DOWNLOAD[4.87MB]
Mediafire DOWNLOAD[4.87MB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya. Semoga AHSP yang saya dan anda bagikan menjadi berkah untuk kita semua, Amin Ya Rabbal Alamin

Sekian postingan kali ini mengenai Download AHSP Tahun 2013 PERMEN Pekerjaan Umum, AHSP ini memanglah versi lama, sengaja saya buatkan artikelnya siapa tau ada yang membutuhkannya. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua didunia proyek. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman proyek yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini