Beranda Manajemen Proyek Periksa Kesehatan Proyek Anda dengan General Check-up

Periksa Kesehatan Proyek Anda dengan General Check-up

119
0
BERBAGI
project healthy
project healthy

Ternyata proyek itu sama seperti manusia. Terkadang sehat terkadang sakit dan bahkan sampai kritis. Jika kita sudah mengetahui sakitnya, tentu akan segera diobati. Lalu bagaimana jika kita tidak menyadari bahwa proyek yang tengah dilaksanakan mengidap penyakit tertentu? Jika tak segera diobati, tentu penyakit tersebut bisa kronis dan akut. Layaknya dokter, Kita bisa memeriksa tingkat kesehatan proyek, anggap saja semacam General Check-up. Tidak perlu waktu banyak, hanya 18 pertanyaan yang disediakan dan setelah itu Anda akan tau penyakit apa yang mengidap pada proyek Anda.

Memeriksa Kesehatan Proyek

Penelusuran ke dunia maya dalam mencari dan merumuskan faktor yang menentukan keberhasilan proyek telah membawa saya pada suatu tulisan yang memberikan semacam kuisioner yang berguna untuk memeriksa apakah proyek yang dilaksanakan sekarang sehat atau tidak dan bagaimana tingkat potensi keberhasilan proyek itu nantinya saat selesai. Mari share ke yang lain.

Anda dihadapkan pada suatu daftar checklist pertanyaan. Menurut saya, tiap pertanyaan di ibaratkan parameter yang harus diketahui sebagai gejala klinis dalam dunia kedokteran. Anda tinggal menjawab sangat setujui/ setuju/ normal/ tidak setuju/ sangat tidak setuju. Setelah menjawab pertanyaan, Anda tulis skor untuk tiap jawaban sebagai berikut:

  • Sangat tidak setuju (-4).
  • Tidak setuju (-2).
  • Netral / biasa (0).
  • Setuju (2).
  • Sangat setuju (4).

Setelah menjawab 18 pertanyaan dan menuliskan skornya masing-masing, lalu jumlahkan skornya. Kesehatan proyek ditentukan oleh nilai skor akhir. Jika ada satu penyakit proyek saja, maka harus segera dibenahi jika tidak maka kesuksesan proyek kedepannya akan sulit tercapai. Semoga proyek Anda sehat dan kesuksesan proyek akan segera dirasakan.

No. Pertanyaan Skor
1. Suatu kasus bisnis yang kuat telah dikembangkan dan disetujui.
2 Proyek ini sejalan dengan strategi organisasi.
3. Saya mendapat dukungan penuh dari manajemen senior.
4. Manfaat proyek ini adalah dipahami dengan baik dan didokumentasikan.
5. Kumpulan sasaran/tujuan proyek telah diidentifikasi dengan jelas.
6. Pelanggan memahami dan menyetujui lingkup proyek.
7. Faktor kritis keberhasilan telah diidentifikasi dan disetujui dengan pelanggan.
8. Manajemen mendukung permintaan untuk sumber daya tambahan, jika diperlukan.
9. Telah ada rencana proyek yang rinci.
10. Milestone telah dirancang ke dalam rencana proyek.
11. Ada sumber daya yang cukup tersedia sampai akhir proyek.
12. Semua orang dalam tim memahami aturan dan berkomitmen untuk tujuan.
13. Semua bahan yang dibutuhkan untuk proyek tersedia.
14. Perencanaan penanganan risiko telah selesai dan rencana dirumuskan untuk meminimalkan risiko yang teridentifikasi.
15. Rencana komunikasi telah dibuat.
16. Skala waktu proyek akurat dan dapat dicapai.
17. Saya yakin bahwa proyek memiliki setiap peluang sukses.
18. Saya telah mencetak pertanyaan di atas jujur dan sejauh pengetahuan saya.
Total Skor

Loading...

Hasil analisisnya adalah sebagai berikut:

Skor Probabilitas Sukses Penjelasan
-72 ke -36 Mustahil Hampir semua variabel penting proyek sakit. Jangan memulai proyek ini sampai Anda telah membahas masalah nilai -4 dan -2. Jika proyek sudah terlanjur jalan, lakukan perubahan mendasar pada proyek sesegera mungkin terutama pada teamwork proyek.
-36 ke 0 Rendah Proyek masih rentan. Fokus terus pada masalah nilai -4 dan -2 untuk meningkatkan peluang keberhasilan secara keseluruhan. Perlu sering membahas prioritas masalah krusial bersama tim proyek.
0 ke 36 Moderat Proyek sudah cukup sehat. Penyakit proyek tinggal sedikit. Anda mungkin perlu memperhatikan setiap nilai -4 dan -2. Anda telah memiliki peluang bagus untuk mencapai tingkat keberhasilan proyek yang lebih tinggi.
36 ke 72 Tinggi Proyek ini memiliki setiap kesempatan untuk sukses. Anda harus menjaga kestabilan proyek hingga proyek terselesaikan. Kunci indikator harus dimonitoring dengan baik.

Pertanyaan no 18 dipertanyakan karena kejujuran mutlak diperlukan dalam rangka kesadaran untuk memperbaiki dan menyehatkan proyek.

Jika Anda telah mengisi kuisioner sesuai dengan kondisi proyek yang ada, jangan khawatir apapun hasilnya. Jika proyek dikategorikan sakit, segera cari obatnya dan seringkali obat suatu masalah proyek berada dekat sekali dengan masalahnya itu sendiri. Hanya perlu tetap semangat dalam menemukannya dengan cara aktif menganalisis dan mencari tau.

Mungkin itu saja artikel kali ini, semoga dapat membantu mengatasi proyek anda yang sakit. Jangan lupa share artikel ini jika anda suka dan subscribe untuk berlangganan pada notifikasi yang muncul saat pertama kali mengakses situs ini. Sekian dan terimakasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here