Beranda Sipil Download Contoh RAB Lomba Desa (Format RAB Siskeudes)

Download Contoh RAB Lomba Desa (Format RAB Siskeudes)

482
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui tombol Donasi. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
rab lomba desa

Halo rekan-rekan arsitek dan sipil, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Artikel kali ini saya akan membagikan Contoh RAB Lomba Desa (Format RAB Siskeudes) kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

RAB ini sangat cocok untuk anda yang mencari referensi perhitungan anggaran biaya untuk operasional desa, terlebih lagi untuk pelajar khususnya mahasiswa. File ini bisa dijadikan referensi untuk belajar menghitung anggaran biaya.

Pengertian Lomba Desa

Perlombaan Desa dan Kelurahan adalah Penilaian Perkembangan pembangunan atas usaha Masyarakat Desa dan Kelurahan yang bersangkutan dalam Kurun waktu 1 (satu) Tahun, penilaian dilakukan dari mulai tingkat kecamatan sampai dengan tingkat Nasional.

Tujuan Lomba Desa

Perlombaan Desa dan Kelurahan adalah salah satu upaya untuk mendorong usaha Pembangunan Masyarakat atas dasar tekad dan kekuatan sendiri sekaligus meneliti dan menilai keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan desa dan kelurahan selama satu tahun.

Secara Umum Tujuan dari Perlombaan Desa dan Kelurahan:

  • Untuk mendorong usaha pembangunan yang dilaksanakan Masyarakat Desa dan Kelurahan atas dasar tekad dan
    kekuatan sendiri.
  • Untuk mengetahui kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh Masyarakat di desa dan Kelurahan selama kurun waktu satu tahun dalam wujud peningkatan kualitas hidup ekonomi, Politik, Sosial dan budaya serta keamanan dan ketertiban.
  • Untuk menetapkan desa dan kelurahan yang berprestasi dalam pelaksanaan pemberdayaan Masyarakat.

Sasaran Lomba Desa

Pelaksanaan Pemnerdayaan Masyarakat selama kurun waktu satu tahun terakhir yang dilaksanakan oleh Masyarakat desa dan Kelurahan bersama-sama dengan Pemerintah yang dititik beratkan pada usaha Kegotong-royongan dan keswadayaan Masyarakat berdasarkan data realita pembangunan sejak bulan Januari sampai dengan desember. dengan pembanding hasil pembangunan pada tahun sebelumnya.

Dasar Hukum Lomba Desa

Dasar Hukum Pelaksanaan Kegiatan Perlombaan Desa dan Kelurahan adalah Peraturan menteri dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2007 tanggal 12 Maret 2007 perihal pedoman penyelenggaran Perlombaan desa dan Kelurahan.

Download Contoh RAB Lomba Desa (Format RAB Siskeudes)

RAB Lomba Desa adalah rencana anggaran biaya yang merinci satuan harga untuk setiap jenis dan objek belanja pada kegiatan Lomba Desa atau biasa disingkat Lomdes. Lomba Desa yang dimaksud adalah penyelenggaraan lomba antar wilayah dusun maupun lomba antar desa di tingkat kecamatan.

Biasanya, kegiatan lomba ini dilaksanakan dengan momentum peringatan HUT RI pada setiap bulan Agustus atau Lomba 17 Agustus. Meskipun ada juga sebagian Desa yang mengadakan kegiatan lomba di waktu yang berbeda.

Dalam struktur APBDes, kegiatan lomba desa ini termasuk kedalam sub bidang Tata Praja Pemerintahan, Perencanaan, Keuangan, dan Pelaporan.

Untuk prosedur penyusunan-nya sebenarnya sama saja dengan RAB-RAB yang sudah Kami ulas sebelumnya. Seperti kita tahu bersama, setelah Perdes tentang APBDes dan Perkades tentang Penjabaran APBDes ditetapkan, maka Kepala Desa kemudian menugaskan Kaur dan Kasi Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA) sesuai tugasnya untuk menyusun DPA dalam waktu paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak regulasi desa tersebut ditetapkan. (Lihat Pasal 45 ayat 1, Permendagri 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa).

Siapa PKA Kegiatan Lomba Desa?

Untuk menentukan siapa PKA (baca juga: dulu disebut PK/Pelaksana Kegiatan) yang ditugaskan untuk menyusun rincian-rincian belanja pada RAB kegiatan Lomba Desa, maka kita perlu sesuaikan dengan tugas dan fungsi-nya (Tupoksi).

Pada umumnya, apabila kita mengacu pada Permendagri 84 Tahun 2015 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa, PKA untuk kegiatan ini adalah Kepala Seksi Pemerintahan, atau biasa disingkat Kasi Pemerintahan. Namun jika kegiatan ini dianggap sulit dilaksanakan sendiri oleh PKA, maka dapat dibantu dengan TPK/TPBJ/Panitia Lomba Desa. Untuk contoh SK Panitia Lomba Desa atau SK Tim Lomba Desa akan Kami bahas nanti.

Contoh Lomba Desa

Berikut ini contoh-contoh daftar kegiatan dalam lomba desa yang unik dan kekinian yang dapat Anda jadikan referensi, diantaranya:

  • Lomba Menulis (writing competition)
  • Lomba Melukis dan Mewarnai (Painting and Coloring Contest)
  • Lomba Lari
  • Lomba Menari
  • Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) atau Inovasi Desa
  • Lomba Panjat Pinang
  • Lomba Renang (Swimming Competition)
  • Lomba Dayung (Rowing Race)
  • Lomba Futsal (Futsal Competition)
  • Lomba Tarik Tambang
  • Lomba Memasak (Cooking Contest)
  • Kompetisi Sepak Bola (Football Competition)
  • Lomba Desain (Design Contest)
  • Lomba Menyanyi (sing contest)
  • Lomba Jalan Sehat atau Jalan Cepat
  • Dan Lomba-Lomba Desa atau lomba 17 agustus lainnya

Untuk rincian dan uraian RAB rinci mengenai kegiatan dan anggaran kegiatan Lomba Desa, telah Kami buat dan kemas dalam bentuk file format RAB jadi sesuai format Aplikasi Siskeudes V.2.0 dan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018.

CATATAN

Catatan: Silahkan Anda kembangkan sendiri format-nya. Dan untuk besaran satuan harga barang dan jasa atau satuan biaya honorarium dalam RAB tersebut, silahkan Sobat Desa sesuaikan dengan Standar Satuan Harga (SSH) yang berlaku di tempat Anda.

Untuk teman-teman yang membutuhkan contoh RAB Lomba Desa (Format RAB Siskeudes), silahkan didownload secara gratis dibawah ini:

RAB Lomba Desa Format Excel

Google Drive DOWNLOAD[9.68KB]
Mediafire DOWNLOAD[9.68KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan kali ini mengenai RAB Lomba Desa (Format RAB Siskeudes), semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi mengerjakan proyek anggaran biaya desa atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini