Beranda Desain Gambar Download Desain Rumah Tinggal Gaya Amerika Format DWG AutoCAD

Download Desain Rumah Tinggal Gaya Amerika Format DWG AutoCAD

1766
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
rumah tinggal gaya amerika
rumah tinggal gaya amerika

Halo rekan-rekan arsitek dan sipil, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Artikel kali ini saya akan membagikan referensi Desain Rumah Tinggal Gaya Amerika Format DWG AutoCAD kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Gambar ini sangat cocok untuk anda yang mencari referensi gambar AutoCAD, terlebih lagi untuk pelajar khususnya mahasiswa. File ini bisa dijadikan referensi untuk belajar gambar.

Pengertian Rumah Gaya Amerika dan Ciri-Cirinya

Penggemar rumah gaya Amerika pasti tahu bahwa gaya Amerika sangat mencolok tidak hanya dari desainnya saja, tapi juga dari arsitektur bangunan rumahnya. Rumah ini masih sering disebut dengan rumah federal karena pemerintahan utama dari negara tersebut adalah federal. Pemerintahan federal yang dimaksud adalah pemerintahan pada periode 1780-dan 1820.

Jadi rumah gaya Amerika bukan lagi gaya rumah yang bisa dibilang modern, namun lebih dipengaruhi oleh gaya Eropa, terutama Italia dan Yunani. Desain rumah ini paling sering akan Anda temukan di daerah pantai di Amerika, seperti Georgia dan Savannah.

Apa yang menjadi kelebihan dari desain rumah gaya Amerika? Selain karena desain kontemporernya yang cenderung mengarah ke desain Eropa, rumah ini memiliki desain yang menyimbolkan persatuan dan pratiotisme, terutama di kalangan sejarawan Amerika dan penduduk lama Amerika. Desain yang digunakan rumah ini terletak pada desain arsitekturnya yang tidak biasa.

Sama seperti rumah-rumah dengan desain khusus seperti rumah ala Jepang atau rumah etnik Jawa di Indonesia, desain rumah gaya Amerika memiliki ciri khas desain yang berbeda dari desain rumah lain. Ciri khas tersebut menjadi identitas bagi rumah yang bisa dikategorikan sebagai rumah yang istimewa.

Berikut ini beberapa ciri khas desain rumah gaya Amerika:

1. Dinding Batu Bata

Desain rumah gaya Amerika selalu identik dengan penggunaan bahan-bahan bangunan tertentu, contohnya batu bata. Batu bata yang disusun untuk bangunan rumah dibuat lebih mencolok dengan menonjolkan bentuk dan warna batu bata. Warna batu bata yang khas adalah warna merah dan warna tersebut adalah warna yang cukup unik bagi arsitektur rumah. Beberapa pemilik rumah juga ingin membuat rumah gaya Amerika namun tetap modern dengan cara memberi cat dinding pada dinding batu bata. Proses pengecatan pun harus berhati-hati agar tetap memperlihatkan desain batu bata yang unik.

2. Bentuk Rumah yang Simetris

Bentuk desain rumah gaya Amerika adalah simetris, yaitu bentuk yang sederhana dengan desain yang simpel. Rumah dengan desain Amerika bentuknya dibuat kotak-kotak yang dibagi menjadi beberapa ruangan untuk beberapa ruangan, termasuk kamar tidur. Tidak hanya bentuk ruangan saja yang simetris, unsur-unsur rumah seperti jendela dan pintu pun berbentuk simetris. Posisi jendela dan pintu pada rumah gaya Amerika diletakkan bebas, ada yang hanya di bagian depan rumah, namun ada juga yang disusun di samping rumah.

3. Banyak Jendela

Rumah dengan desain gaya Amerika banyak memiliki jendela. Jumlah jendela yang dibuat mencapai 6 buah jendela berukuran sedang pada tiap sisi dinding rumah. Jendela dengan ukuran yang lebih besar biasanya berjumlah 2 buah dan ditempatkan Desain Rumah Minimalis di bagian depan rumah, tepat di sisi kanan dan kiri pintu depan rumah. Sama dengan bentuk simetris ciri khasnya, desain jendelanya pun didesain dengan simteris pula. Rumah dengan dua lantai pada umumnya memiiki 4 buah jendela di lantai pertama atau lantai bawah, dan 5 buah jendela lain di lantai atas.

4. Atap Pelana

Desain atap rumah gaya Amerika adalah desain khusus dengan arsitektur berbentuk pelana. Atap ini biasanya ditonjolkan di bagian depan rumah tepat di atas pintu depan rumah, sehingga bisa terlihat lebih jelas. Maka jika Anda melihat suatu rumah dengan desain atap pelana di atasnya, sudah bisa dipastikan bahwa rumah tersebut adalah rumah dengan desain gaya Amerikanya yang unik.

Download Desain Rumah Tinggal Gaya Amerika Format DWG AutoCAD

File yang saya bagikan kali ini menyajikan gambar rumah tinggal gaya amerika yang cukup lengkap. Gambar terdiri dari denah, tampak, dan potongan. Gambar tidaklah lengkap secara utuh, sengaja detailnya tidak dicantumkan agar teman-teman bisa belajar menggambarnya sendiri.

Hanya sekedar untuk memberikan referensi pembelajaran ataupun acuan gambar kerja. Ini sangat bagus untuk pemula atau yang baru menekuni bidang arsitektur maupun civil engineering. Silahkan disesuaikan dengan gambar utamanya jika ingin membuat detail-detail lainnya, tentunya harus memahami dulu struktur dari rumah tinggal di amerika sana.

Gambar ini sudah dalam format .dwg yang artinya anda bisa langsung membukanya melalui aplikasi autocad versi terbaru atau paling lama versi 2004, selain itu anda juga bisa mengedit langsung untuk memodifikasi agar sesuai selera atau kebutuhan desain anda.

Silahkan didownload Desain Rumah Tinggal Gaya Amerika Format DWG AutoCAD dibawah ini:

Desain Rumah Tinggal Gaya Amerika Format DWG AutoCAD

Google Drive DOWNLOAD[442.34KB]
Mediafire DOWNLOAD[442.34KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Desain Rumah Tinggal Gaya Amerika Format DWG AutoCAD, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini