Beranda Desain Gambar Download Detail Racun Api (Instalasi Pemadam Kebakaran) DWG AutoCAD

Download Detail Racun Api (Instalasi Pemadam Kebakaran) DWG AutoCAD

1314
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui tombol Donasi. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
detail racun api
detail racun api

Halo rekan-rekan arsitek dan sipil dimanapun berada, apa kabar kalian hari ini? Tak henti-hentinya saya doakan semoga kalian sehat selalu. Artikel kali ini saya akan membagikan referensi Detail Racun Api (Instalasi Pemadam Kebakaran) DWG AutoCAD kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Gambar ini sangat cocok untuk anda yang mencari referensi gambar AutoCAD, terlebih lagi untuk pelajar khususnya mahasiswa.

Pengertian Racun Api

Mungkin anda pernah mendengar racun api, tapi belum mengetahui apakah arti dari racun api itu?Β Tabung pemadam kebakaran atau yang lebih dikenal dengan fire extinguisher atau racun api adalah salah satu alat keselamatan pada setiap bangunan yang wajib tersedia. Namun masih banyak diantara para pemilik bangunan yang masih kurang menyadari akan fungsi vital racun api dimana bahaya kebakaran bangunan bisa terjadi kapan saja.

Racun api adalah termasuk kedalam kategori alat pemadam api ringan (APAR). Artinya racun api hanya dapat digunakan untuk mengatasi kebakaran tingkat ringan. Kebakaran yang telah meluas area nya dan telah menjadi kobaran api besar hanya bisa dipadamkan dengan bantuan Dinas Pemadam Kebakaran. Namun demikian, penanganan pertama terhadap kobaran api yang terjadi dengan racun api adalah salah satu kunci pencegahan bahaya kebakaran dengan memadamkan sumber api sebelum meluas dan menjadi besar.

Racun api terdiri dari ari beberapa tipe atau jenis:

  • Racun api jenis Air (Water Fire Extinguisher)
  • Racun api jenis Tepung Kimia (Dry Chemical Powder)
  • Racun api jenis Busa (Foam Liquid AFFF)
  • Racun api jenis CO2 (Carbon Dioxide)
  • Racun api jenis Hallon (Thermatic Halotron)

Racun api memiliki masa kadaluarsa (expired). Biasanya masa kadaluarsa sebuah racun api adalah satu tahun dari tanggal pengisian racun api. Jika telah melewati masa kadaluarsa, maka racun api akan membeku dan tak bisa digunakan. Namun saat ini ada juga jenis racun api yang konon tidak mempunyai batas waktu atau masa kadaluarsa.

Racun api bersifat sekali pakai. Jika racun api sudah pernah dibuka dan digunakan, maka racun api tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi meskipun isi nya masih ada terutama racun api jenis busa (foam liquid). Untuk dapat digunakan kembali, maka racun api harus di isi ulang di tempat pengisian tabung pemadam atau racun api.

Racun api jenis CO2 atau karbon dioksida tidak bisa digunakan dalam ruang tertutup karena bisa menyebabkan orang yang menggunakannya kehabisan oksigen. Ciri khusus yang membedakan alat pemadam api CO2 dengan alat pemadam lainya adalah adanya corong plastik yang lebar.

Download Detail Racun Api (Instalasi Pemadam Kebakaran) DWG AutoCAD

Mungkin dari teman-teman sekalian jarang sekali mendengar istilah racun api atau tabung pemadam kebakaran ini didalam sebuah gambar kerja. Namun faktanya sekarang pada saat pengurusan gambar izin dalam mendirikan sebuah bangunan, racun api ini merupakan salah satu persyaratan gambar untuk kelengkapan lampiran dari sebuah dokumen gambar.

Gambar racun api ini lebih ke detail pemasangan tabungnya jadi bukanlah sebuah desain konstruksi ruangan atau rumah untuk racun api. Seperti yang kita ketahui jenis dan macam racun api ini sangat banyak sekali. Untuk jenis racun api yang bagus teman-teman bisa menanyakan langsung di toko bangunan terdekat.

File AutoCAD ini didalamnya berisi gambar racun api. Mulai dari ukuran, sampai dengan detailnya. File ini bisa jadi referensi Anda yang bisa Anda edit.

Hanya sekedar untuk memberikan referensi pembelajaran ataupun acuan gambar kerja. Ini sangat bagus untuk pemula atau yang baru menekuni bidang arsitektur maupun civil engineering. Silahkan disesuaikan dengan gambar utamanya jika ingin membuat detail-detail lainnya, tentunya harus memahami dulu detail dari racun api.

Gambar ini sudah dalam format .dwg yang artinya anda bisa langsung membukanya melalui aplikasi autocad versi terbaru atau paling lama versi 2004, selain itu anda juga bisa mengedit langsung untuk memodifikasi agar sesuai selera atau kebutuhan desain anda.

Silahkan didownload Detail Racun Api (Instalasi Pemadam Kebakaran) DWG AutoCAD dibawah ini:

Detail Racun Api (Instalasi Pemadam Kebakaran) DWG AutoCAD

Google Drive DOWNLOAD[2.97MB]
Mediafire DOWNLOAD[2.97MB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Detail Racun Api (Instalasi Pemadam Kebakaran) DWG AutoCAD, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain hydrant atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup degan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini