Beranda Desain Gambar Download Detail Tangga Format DWG AutoCAD

Download Detail Tangga Format DWG AutoCAD

1944
0
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
tangga stair
tangga stair

Halo sobat arsitek dan sipil dimanapun berada, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga kalian sehat selalu. Kali ini saya akan membagikan referensi Detail Tangga Format DWG AutoCAD kepada kalian secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Pengertian Tangga

Tangga merupakan jalur yang mempunyai undak-undak (trap) yang menghubungakan satu lantai dengan lantai diatasnya dan mempunyai fungsi sebagai jalan untuk naik dan turun antara lantai tingkat.

Rencana Letak Ruang Tangga

  • Penempatan atau letak ruang tangga tersendiri mudah dilihat dan dicari orang, tidak berdekatan dengan ruang lain agar tidak menggangu aktifitas penghuni lain.
  • Tangga juga mempunyai fungsi sebagai jalan darurat, direncanakan dekat dengan pintu keluar, sebagai antisipasi terhadap bencana kebakaran, gempa keruntuhan dan lain-lain.

Bagian-Bagian dari Struktur Tangga

  • Pondasi tangga
    • Sebagai dasar tumpuan (landasan) agar tangga tidak mengalami penurunan, pergeseran.
    • Pondasi tangga bisa dari pasangan batu kali, beton bertulang atau kombinasi dari kedua bahan dan pada dibawah pangkal tangga harus diberi balok anak sebagai pengaku pelat lantai, agar lantai tidak menahan beban terpusat yang besar.
  • Ibu tangga
    • Merupakan bagian dari tangga sebagai konstruksi pokok yang berfungsi untuk mendukung anak tangga.
  • Anak tangga
    • Anak tangga berfungsi sebagai bertumpunya telapak kaki, dibuat dengan jarak yang sama dan selisih tinggi (trap) dibuat, supaya kaki yang melangkah menjadi nyaman, enak untuk melangkah, bentuk anak tangga dapat divariasikan sesuai selera pemilik atau arsiteknya.
  • Pagar tangga
    • Pagar tangga atau reilling tangga adalah bagian dari struktur tangga sebagai pelindung yang diletakkan disamping sisi tangga dan di pasang pada/ diatas ibu tangga untuk melindungi agar orang tidak terpelosok jatuh.
    • Pagar tangga dapat dibuat dengan macam – macam variasi agar lebih artistik dan pada lantai tingkat disekitar lubang tangga harus dipasang juga pagar pengaman agar penghuni tidak terjerumus jatuh.
  • Penggunaan tangga
    • Merupakan batang yang di pasang sepanjang anak tangga untuk bertumpunya tangan agar orang turun naik tangga merasa lebih aman, pegangan tangga bertumpu pada tiang tiang tangga yang tertanam kuat pada ibu tangga.
  • Bordes
    • Adalah pelat datar diantara anak-anak tangga sebagai tempat beristirahat sejenak, bordes di pasang pada bagian sudut tempat peralihan arah tangga yang berbelok.
    • Untuk rumah tinggal, lebar bordes antara 80 – 100 cm dan untuk bangunan umum, lebar bordesnya dibuat antara 120-200 cm.
    • Dapat dibuat dengan 3 model, yaitu Bordes tangga lurus, bordes tangga L dan bordes tangga U.

Macam-Macam Bentuk Tangga

  • Bentuk tangga dapat disesuaikan dengan beda tinggi lantai dan ruangan yang tersedia. Untuk menambah suasana yang harmonis dalam ruangan, bentuk tangga juga sebaiknya dibuat indah dan serasi dengan interior ruangan.
  • Dengan makin majunya tingkat kebudayaan manusia, perkembangan teknologi yang memproduksi bahan dan alat bangunan, ide para seniman, maka bentuk tangga makin lama makin berkembang bervariasi, bahkan dewasa ini bentuk sudah merupakan seni tersendiri.
  • Bentuk tangga yang umum banyak dipakai, yaitu:
    1. Tangga lurus,
    2. Tangga miring,
    3. Tangga lengkung,
    4. Tangga siku,
    5. Tangga lingkar.

Download Detail Tangga DWG AutoCAD

Pada saat sekarang ini jenis tangga yang paling banyak digunakan oleh orang yakni tangga beton. Ini dikarenakan selain pembuatan nya praktis dan tidak ribet, tangga ini juga terbilang sangat aman sekali karena tidak mudah lapuk dan sangat kokoh.

Gambar tangga yang saya akan bagikan kali ini adalah tangga berbentuk U dan paling banyak digunakan pada rumah, ruko, bangunan kantor ataupun bangunan umum lainnya. Kalian juga bisa memodifikasi sesuai keinginan kalian tentunya.

Khusus untuk ruko sendiri biasanya tangga terbagi menjadi beberapa bagian, jika bangunan rukonya bertingkat maka detail tangga pun harus kita buat sedetail-detailnya. Pada gambar detail tangga ini biasa digunakan untuk lantai dasar (basement) ke lantai 1.

Silahkan didownload Detail Tangga Format DWG AutoCAD dibawah ini:

Detail Tangga Format DWG AutoCAD

Google Drive DOWNLOAD[326.07KB]
Mediafire DOWNLOAD[326.07KB]

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya karena saya melihat ada blog yang copas tidak menyertakan sumbernya. Atau jika tidak, tulislah dengan bahasa masing-masing. Hargailah setiap karya dan usaha orang lain.

Sekian postingan singkat kali ini mengenai Detail Tangga Format DWG AutoCAD, semoga bisa bermanfaat untuk yang lagi belajar desain atau sekedar menjadikan koleksi referensi. Jangan lupa untuk selalu berbagi satu kebaikan dengan cara share atau bagikan artikel ini ke teman-teman di sosial media, cukup dengan klik tombol SHARE disitus ini, terimakasih!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini