Beranda Arsitek Download RAB Excel Analisa SNI HSP 2016

Download RAB Excel Analisa SNI HSP 2016

10446
3
BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
HSP 2016
HSP 2016

Halo teman-teman proyek dimanapun berada, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga sehat selalu. Pada kesempatan ini saya akan membagikan sebuah artikel yang berjudul Download RAB Excel Analisa SNI HSP 2016. Uraian lengkapnya silahkan baca deskripsi dibawah ini.

Pengertian Harga Satuan Pekerjaan (HSP)

Harga Satuan Pekerjaan (HSP) adalah Jumlah harga bahan dan upah tenaga kerja berdasarkan perhitungan analisis. Harga bahan didapat dari harga pasaran, yang dikumpulkan dalam suatu daftar yang dinamakan Harga Satuan Bahan, Sedangkan upah dan tenaga kerja didapat dilokasi, dikumpulkan dan dicatat sehingga menjadi daftar yang dinamakan Harga Satuan Upah.

Harga Satuan Pekerjaan (HSP) akan berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lain, hal ini disebabkan karena adanya perbedaan harga bahan maupun upah disetiap daerah. Jadi dalam menghitung dan menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) suatu pekerjaan harus berpedoman pada Harga Satuan Bahan dan Upah Tenaga Kerja yang ada dipasaran dan dilokasi pekerjaan yang akan dikerjakan.

Hal yang perlu dilakukan dalam menghitung atau merencanakan anggaran untuk suatu pekerjaan antara lain: merinci semua jenis pekerjaan yang ada dan masing–masing harus dihitung, volume pekerjaan serta menghitung Harga Satuan Pekerjaan masing-masing.

Setiap pekerjaan yang telah dirinci harus dihitung Harga Satuan Pekerjaan (HSP) sendiri-sendiri, sesuai dengan jenis, jumlah, spesifikasi bahan dan jenis, jumlah tenaga kerja yang akan dipakai.

Setelah itu dari hasil pengalian antara volume dengan Harga Satuan Pekerjaan (HSP) akan didapat harga per unit pekerjaan. Harga Anggaran Biaya (HSP) didapat dengan menjumlah semua unit pekerjaan yang telah dihitung.

Sedangkan harga penawaran dihitung dengan menjumlah hasil perhitungan Anggaran Biaya tersebut dengan ditambahkan Pajak Pertambahan Nilai (PPn) dan Keuntungan kontraktor.

Ketelitian dan kecermatan dalam menghitung semuanya tersebut akan mempengaruhi tingkat keakuratan menghitung Rencana Anggaran Biaya.

Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan (HSP) dapat memakai 2 macam analisa, yaitu;

  1. Analisa BOW (Burgerlijke Openbare Werken), yaitu ketentuan dan ketetapan umum yang ditetapkan Dir. BOW tanggal 28 Februari 1921, Nomor 5372 A pada zaman pemerintahan belanda. Analisa BOW hanya dapat dipergunakan untuk pekerjaan padat karya yang memakai peralatan konvensional. Sedangkan bagi pekerjaan yang menggunakan peralatan modern/ alat berat, analisa BOW tidak dapat digunakan. Tentu saja ada beberapa bagian analisa BOW yang sudah tidak relevan lagi dengan kebutuhan pembangunan, baik bahan maupun upah kerja. Namun demikian analisa BOW masih dapat digunakan sebagai pedoman dalam menyusun Anggaran Biaya.
  2. Analisa Harga Satuan Pekerjaan yang dikeluarkan oleh Balai Pengujian dan Informasi Konstruksi, Dinas Pemukiman dan Tata Ruang, dalam buku yang berjudul “Daftar Harga Satuan Bangunan Gedung Negara Bahan Bangunan / Upah dan Analisa Pekerjaan” yang terbit setiap bulan. Pada waktu sekarang analisa ini yang banyak dipakai untuk menghitung Harga Satuan terutama proyek-proyek pemerintah.

Ada tiga istilah yang harus dibedakan dalam menyusun Anggaran Biaya Bangunan yaitu Harga Satuan Bahan, Harga Satuan Upah dan Harga Satuan Pekerjaan. Untuk memudahkan dalam menghitung Harga Satuan Pekerjaan data-data dikelompokkan sendiri-sendiri.

Download RAB Excel Analisa SNI HSP 2016

Dalam file RAR ini terdapat dua buah file berbentuk excel dengan extensi .xls dan .xlsx yang bisa anda pilih jika salah satu filenya tidak dapat dibuka menggunakan ms excel milik anda. Silahkan sesuaikan dengan versi excel anda.

Untuk panduan downloadnya klik dulu link dibawah yang ingin didownload kemudian tunggu selama 10 detik dan cari linknya paling bawah. Semua tautan sudah terhubung ke link aslinya, jadi tidak perlu ada embel-embel lagi ketika mendownloadnya. Selamat mendownload.

Silahkan download lampiran file Harga Satuan Pekerjaan (HSP) dibawah ini. Selamat mendownload!

1. SNI HSP pek. persiapan 2016

Google Drive DOWNLOAD
Mediafire DOWNLOAD

2. SNI HSP pek. tanah 2016

Google Drive DOWNLOAD
Mediafire DOWNLOAD

3. SNI HSP pek. pondasi 2016

Google Drive DOWNLOAD
Mediafire DOWNLOAD

4. SNI HSP pek. beton 2016

Google Drive DOWNLOAD
Mediafire DOWNLOAD

5. SNI HSP pek. beton pracetak 2016

Google Drive DOWNLOAD
Mediafire DOWNLOAD

6. SNI HSP pek. besi dan aluminium 2016

Google Drive DOWNLOAD
Mediafire DOWNLOAD

7. SNI HSP pek. pasangan dinding 2016

Google Drive DOWNLOAD
Mediafire DOWNLOAD

8. SNI HSP pek. plesteran 2016

Google Drive DOWNLOAD
Mediafire DOWNLOAD

9. SNI HSP pek. penutup lantai dan penutup dinding 2016

Google Drive DOWNLOAD
Mediafire DOWNLOAD

10. SNI HSP pek. langit-langit (Plafond) 2016

Google Drive DOWNLOAD
Mediafire DOWNLOAD

11. SNI HSP pek. penutup atap 2016

Google Drive DOWNLOAD
Mediafire DOWNLOAD

12. SNI HSP pek. kayu 2016

Google Drive DOWNLOAD
Mediafire DOWNLOAD

13. SNI HSP pek. kunci dan kaca 2016

Google Drive DOWNLOAD
Mediafire DOWNLOAD

Password rar: www.asdar.id

Catatan penting: Ketika menemukan file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, maka solusinya adalah dengan mengupdate aplikasi winrar di komputer anda ke versi yang baru, download winrar terbaru disini.

Jika ingin mencopy artikel ini, mohon cantumkan juga sumbernya. Semoga HSP yang saya dan anda bagikan menjadi berkah untuk kita semua, Amin Ya Rabbal Alamin.

Sekian postingan kali ini mengenai Download RAB Excel Analisa SNI HSP 2016, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua didunia proyek. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman proyek yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung.

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini