Beranda Software Arsitek & Sipil Download Software Plan, Cross Section and Longitudinal Profile Program Beserta Tutorial

Download Software Plan, Cross Section and Longitudinal Profile Program Beserta Tutorial

1699
0
BERBAGI
software PCLP
software PCLP

Assalamualaikum rekan-rekan sekalian, apa kabar kalian hari ini? Saya doakan semoga sehat selalu. Software PCLP (Plan, Cross Section and Longitudinal Profile Program) ini tentu sudah tidak asing lagi di kalangan para surveyor.

Bagi yang belum tahu, software PCLP (Plan, Cross Section and Longitudinal Profile Program), adalah sebuah program yang dirancang untuk mentransfer data pada microsoft Excel menjadi sebuah file script AutoCAD. Sehingga apabila file tersebut di jalankan pada program AutoCAD dapat menghasilkan gambar. Program ini dapat digunakan pada proyek jalan, irigasi dan sungai.

Ini adalah sebuah software yang digunakan untuk mengkonvert atau mengubah file atau data dari microsoft excel menjadi sebuah script autocad.

Dalam istilah pemograman komputer, sebuah script adalah program yang akan berjalan tanpa interaksi pengguna. Di AutoCAD, sebuah file script adalah sebuah teks ASCII yang memuat kumpulan instruksi command line untuk diikuti AutoCAD-persis seperti seorang aktor membaca skrip. File script AutoCAD selalu memiliki file extension ‘.scr’.

Download Software PCLP

Untuk mendapatkan programnya, silahkan di download melalui link di bawah ini. Software ini saya share gratis untuk kalian, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda semua.

DOWNLOAD

Note: Untuk panduan downloadnya klik dulu link diatas. Sesudah terbuka halaman baru, klikΒ Awas Ada Lobang!! => klik Hidup Hanya Sekali. Akan terbuka halaman baru lagi, klik Masuk Pak Eko!! => klik Mantan Tinggal Kenangan, maka link download akan muncul. Selamat mendownload.

Password rar: asdar.id

Tutorial Cara Penggunaan Software PCLP

Untuk pengoperasian software PCLP terbagi dalam tiga bagian yaitu:

  1. Bagian Microsoft Excel
  2. Bagian PCLP
  3. Bagian Autocad

Langsung saja kita mulai dari yang pertama yaitu:

1. Bagian Excel

a. Persiapkan data-data hasil pengukuran yang berisi data jarak dan elevasi.

b. Masukkan data-data pengukuran ke dalam file Excel “PCLP Cross.XLS” pada sheet “DataOGL”.

contoh data excel
contoh data excel

Keterangan:

  • X adalah jarak dari 0.00 m ke titik elevasi pada potongan melintang.
  • Y adalah elevasi pada titik melintang.

c. Bukalah Sheet “Setting”, kemudian masukkan nomer cross yang akan anda plot, misalkan 1-4 (saran saya: maksimal plot per 8 cross saja, biar tidak terlalu berat dalam memproses), kemudian pada isian “Gambar/lembar” isikan 4.

sheet setting
sheet setting

Keterangan:

  1. Cross Section No. : di isi data nomer berapa saja yang akan anda plot. (saya sarankan maksimal per 8 section saja, supaya tidak terlalu berat).
  2. Skala: isikan skala vertikal dan horizontal yang diperlukan.
  3. Jarak Koordinat dan Sheet:
  • Jarak X & Y : adalah jarak antara gambar.
  • Angka 4 adalah jumlah cross section yg akan anda plot.
  • *parameter di atas boleh diubah menyesuai dengan kebutuhan anda.

d. Sesudah anda memasukkan data, kemudian lakukan penyimpanan (Save). File excel jangan anda close, biarkan saja tetap terbuka.

2. Bagian PCLP

a. Buka program PCLP.exe kemudian buka menu tools Cross Section dan pilih Existing.

menu cross section pada PCLP
menu cross section pada PCLP

b. Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, isinya sama dengan yang sudah anda buat pada sheet setting dalam excel pada langkah sebelumnya tadi. Jangan lupa klik OK.

cross section setting pada PCLP
cross section setting pada PCLP

c. Simpan file .scr difolder yang anda sukai kemudian beri nama sesuai project anda.

3. Bagian Autocad

a. Buka program autocad anda, kemudian ketik scr pada command bar, kemudian tekan enter. Fungsinya adalah untuk loading script yang telah anda buat dalam program PCLP diatas. Cari file scr yang sudah anda simpan tadi kemudian pilih open. Aakan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

perintah script pada autocad
perintah script pada autocad

b. Tunggu beberapa saat, kemudian akan muncul gambar dibawah ini.

hasil loading script di autocad
hasil loading script di autocad

Nah Itu tadi tutorial penggunaan program PCLP mulai dari setting di microsoft excel sampai jadi drawing di autocad beserta link download softwarenya. Semoga bermanfaat untuk teman-teman surveyor. Jangan lupa share artikel ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here