Beranda Konstruksi Bangunan Jenis dan Harga Kayu Usuk Per Batang di Pasaran

Jenis dan Harga Kayu Usuk Per Batang di Pasaran

BERBAGI
Bagi yang berminat guest post, blog ini menyediakan form guest post untuk kalian yang ingin blognya mendapat kunjungan dari blog ini. Silahkan kunjungi melalui link guest post.
Gambar Kayu Usuk
Gambar Kayu Usuk

Apakah Anda tahu apa itu usuk? Usuk merupakan suatu dudukan genteng yang sangat penting dalam rangka atap bangunan atau rumah. Jenis usuk sendiri sebenarnya ada banyak, dan kali ini saya akan membagikan informasi tentang jenis usuk yang terbuat dari kayu beserta update harga kayu usuk 2019 yang paling baru.

Jenis usuk tentu saja bukan dari bentuk ataupun ukurannya, melainkan dari segi bahan yang digunakan. Untuk bahan yang digunakan itu ada banyak, misalnya menggunakan kayu sengon, glugu, jati, bengkirai, kuring sampai dengan mahoni. Lalu manakah jenis kayu usuk terbaik dan berapa kisaran harga paling baru saat ini?

Mengenal Kayu Usuk

Apabila kita berbicara mengenai kayu, maka telah menjadi salah satu elemen sangat penting dalam membuat rumah atau bangunan. Meskipun sampai saat ini telah banyak muncul berbagai bahan material modern, akan tetap tetap sajakayu masih banyak dipakai karena jumlahnya yang selalu ada.

Walaupun tidak digunakan sebagai bahan bangunan, tapi akan dipakai sebagai bahan furniture. Kayu memang banyak disukai sebagai bagian dari sebuah bangunan karena dapat menimbulkan kesang yang hangat, rumah terlihat lebih elegan sampai tampilan yang mewah.

Salah satu produk bahan material bangunan yang terbuat dari kayu adalah kayu usuk. Kayu usuk ini bukan hanya bisa terbuat dari setu jenis kayu saja, tapi juga berbagai jenis kayu lain. kayu usuk sendiri pembuatannya sebagai suatu penguat dari kontruksi bangunan ataupun buat tatakan reng.

Kayu usuk sendiri telah menjadi produk kayu yang digunakan buat menahan beban reng serta penutup atap. Nantinya kayu usuk juga akan meneruskan beban menuju gording. Kayu usuk umumnya dibuat menggunakan ukuran 5×7 cm. Untuk ukuran paling panjang yaitu mencapai 4 meter.

Waktu akan melakukan pemasangan, maka harus diberikan jarak yang cukup. Paling tidak untuk jarak yang dipakai memiliki ukuran 50 cm. Tentunya antara satu batang reng dengan satu batang reng lainnya. Arahnya pun harus tegak lurus pada arah gording.

Sementara itu kalau berbicara mengenai harga, maka akan dibedakan berdasarkan ukurannya. Dipasaran akan menemukan harga kayu usuk per ikat, per batang sampai dengan per meter. Tapi pada setiap toko bangunan pastinya akan memiliki takaran berbeda-beda. Anda pun bisa melobi sendiri pada pemilik toko bangunan yang Anda kunjungi.

Jenis dan Harga Kayu Usuk

Kita sudah mengenal lebih jauh mengenai kayu usuk dalam pembahasan diatas. Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, kayu usuk itu memiliki jenis yang banyak sesuai dengan bahan kayu apa yang digunakan saat membuatnya. Berikut inilah beberapa macam jenis kayu usuk berupa kisaran harga terbarunya :

  • Kayu Usuk Sengon

Gambar Harga Kayu Usuk Sengon
Gambar Kayu Usuk Sengon

Perta,a ada kayu sengon. Kayu ini memang dikenal sebagai salah satu kayu untuk bahan material bangunan. Kayu sengon sendiri terkenal sebagai kayu lunak dan terkesan lebih mudah patah. Akan tetapi semakin tua umurnya, maka kualitas kekuatan kayunya akan semakin bagus.

Kalau sudah semakin bagus, maka semakin kuat sehingga bisa lebih awet. Kisaran harga kayu usuk sengon sendiri masih tergolong murah. Kisaran harga kayu usuk 5×7 dari kayu sengon ini berkisar Rp. 20.000-an saja. Karena harganya yang cenderung lebih murah, maka pengeluaran dalam membuat kontruksi atap akan lebih sedikit.

  • Kayu Usuk Glugu

Gambar Harga Kayu Usuk Glugu
Gambar Kayu Usuk Glugu

Kalau kita berbicara mengenai glugu atau kayu kelapa, kegunaannya memang akan sangat banyak sekali. Bukan hanya digunakan sebagai bahan usuk saja akan tetapi juga berbagai macam bagian dalam rumah atau bangunan. Kualitasnya yang kokoh memang membuatnya cocok sebagai usuk reng.

Perlu diketahui kalau ada beberapa jenis kayu kelapa atau glugu dengan kualitas terbaik. Saat ini, beberapa pakar berpendapat kalau jenis glugu asal pulau Sulawesi merupakan yang terbaik. Sementara itu untuk kisaran harga kayu usuk glugu masih 3 jutaan per meter kubik. Tergantung juga sama kualitasnya.

  • Kayu Usuk Jati

Gambar Harga Kayu Usuk Jati
Gambar Kayu Usuk Jati

Apabila Anda sedang mencari jenis kayu usuk dengan tingkat kekerasan sampai keawetan yang paling atas, maka jawabannya adalah kayu usuk jati. Walaupun begitu, sebenarnya sangat jarang bahkan tidak ada ora yang menggunakan kayu jati sebagai bahan dalam pembuatan usuk mereka.

Alasannya terbilang klasik, yaitu karena dari segi harganya yang cenderung mahal. Tapi kalau usuk yang akan dibangun merupakan rumah atau bangunan mewah, maka tak ayal akan memakai kayu jati. Kisaran harga kayu usuk jati sendiri tergantung ukurannya, kita ambil contoh harga kayu usuk jati 4×6 yaitu berkisar jutaan rupiah.

  • Kayu Usuk Bengkirai

Gambar Harga Kayu Usuk Bengkirai
Gambar Kayu Usuk Bengkirai

Kayu bengkiai merupakan kayu yang sudah tidak perlu kita tanyakan bagaimana kualitasnya. Kualitasnya yang bagus inilah yang kemudian akan banyak dipakai buat bahan eksterior taman bukan hanya digunakan di dalam negeri saja, tapi sampai diekspor keseluruh dunia.

Karena kualitas yang sudah terkenal bahkan sampai keluar negeri inilah kemudian membuat harganya jadi lebih mahal. Bahkan untuk harga kayu usuk bengkirai per meter kubik saja bisa mencapai 9 jutaan. Karena kualitasnya yang premium, maka tidak masalah kalau melihat harganya.

  • Kayu Usuk Kruing

Apakah sudah tahu apa itu kayu kruing? Kayu kruing adalah salaj satu jenis kayu yang bisa kita temui di pulau Jawa, Sumatera sampai dengan Kalimantan. Umumnya kalau kita akan membeli kayu kruing, maka akan disediakan dalam takaran per batang sampai dengan per meter kubik dengan harga yang bervariatif.

Kayu kruing sendiri memiliki karakteristik dari segi kekuatan yang sangat kokoh. Bahkan, kayu kruing bisa digunakan dalam kontruksi menengah sampai dengan berat. Selain digunakan sebagai usuk, kayu kruing sering juga digunakan sebagai bahan kayu lapis sampai dengan bubur kertas.

Walaupun kebanyakan ditemukan di 3 pulau besar Indonesia, bukan berarti sulit mendapatkannya. Walaupun bukan dalam bentuk kayu mentah, tapi ada yang menjualnya dalam bentuk kayu olahan. Kisaran harga kayu usuk kruing ini sendiri Rp. 800.000-Rp. 1.000.000-an per batangnya, tergantung dengan ukuran.

  • Kayu Usuk Mahoni

Gambar Harga Kayu Usuk Mahoni
Gambar Kayu Usuk Mahoni

Terakhir ada jenis kayu usuk mahoni. Kayu mahoni sendiri memiliki kualitas yang cenderung lebih bagus. Hal ini dikarenakan kekerasannya yang kuat. Selain itu tekstur kayu mahoni juga bagus atau unik sehingga akan cocok kalau dipakai sebagai kayu usuk.

Seperti beberapa jenis kayu usuk yang lainnya, harga kayu usuk kalimantan jenis Mahoni ini juga masih tergolong ekonomis. Harganya sekarang berada dikisaran Rp. 30.000-an saja. Ini adalah harga untuk ukuran standar yakni 5×7 cm. Kalau ukuran lebih besar, maka harganya lebih besar pula.

Dengan bahan material yang berbeda-beda, pastinya dari segi kualitas tidak bisa untuk kita sama ratakan. Semakin mahal harganya, maka kualitas yang dimiliki akan semakin bagus. Sebaliknya juga kalau harganya semakin murah, maka dari segi kualitasnya akan semakin rendah. Usahakan pilihlah usuk kayu dengan kualitas terbaik. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini