Beranda Struktur Bangunan Jenis Atap Rumah Minimalis Modern Terbaik dan Harganya

Jenis Atap Rumah Minimalis Modern Terbaik dan Harganya

BERBAGI
Bantu support blog asdar.id agar bisa lebih berkembang lagi untuk membagikan ilmu pengetahuan secara gratis. Caranya yaitu dengan menyisihkan sedikit rejeki anda melalui laman donasi, klik DISINI. Semoga apa yang anda berikan bisa menjadi penolong di Akhirat kelak, Amin Ya Rabbal 'Alamin :-)
Atap Rumah Gadang
Atap Rumah Gadang

Apasih salah satu hal yang membuat bentuk rumah jadi bagus? Mungkin salah satu jawabannya adalah pemilihan bentuk atap yang tepat. Kalau Anda belum mengerti apa saja jenis atap yang bagus, maka disini akan dijelaskan lebih lengkap mengenai jenis atap rumah terbaik minimalis dan modern.

Mengenal Atap Rumah

Memiliki suatu atap rumah yang bagus bukan hanya menjadikan rumah terlihat menakjubkan, akan tetapi akan membuat ekspresi pemilik rumah bisa tercurahkan. Akan tetapi selain mempertimbangkan keindahan, pemilih rumah juga wajib memperhatikan tentang adanya bahaya alam yang mungkin mengancam.

Seperti yang telah kita katakan sebelumnya kalau jenis atap rumah itu memang banyak sekali. Setiap jenis rumah ini akan bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan. Pemilihan jenis atap yang baik dan cocok, maka akan membuat penampilan rumah menjadi semakin menawan.

Selain punya nilai yang berupa nilai seni bagus, dari bahan pembuatan bahan material atap yang akan dipilih juga wajib memiliki kualitas bagus. Tentu saja hal ini dimaksudkan supaya atap rumah ini bisa digunakan sebagai fungsi utamanya yaitu sebagai pelindung rumah dari segala macam hal luar ruangan.

Untuk jenis atap rumah yang paling banyak digunakan sendiri yaitu yang berjelnis minimalis. Tapi tetap saja harus diperhatikan bahan pembuatan atap minimalis ini sendiri. Selain mempertimbangkan struktur bangunan, sebenarnya hal lain yang wajib dipikirkan adalah kontruksi atap bangunan yang digunakan.

Kontruksi atap ini akan sangat mempengaruhi sekali kekuatan dan keawetan atap yang kita pakai. Kita bisa menggunakan atap berupa bambu atau kayu, akan tetapi kalau sekarang lebih baik menggunakan kontruksi atap baja ringan. Tentu saja karena penggunaan kontruksi atap baja ringan lebih cocok buat gaya minimalis.

Hal yang paling penting sebenarnya memang menyesuaikan antara desain rumah dengan atap rumah. Karena bisa saja berbeda atap rumah yang digunakan untuk rumah 1 lantai dan 2 lantai. Supaya tidak kebingungan dalam memilih jenis atau, maka Anda perlu mengetahui bagaimana tips memilih atap rumah.

Tips Memilih Atap Rumah

Kita telah mengetahui tentang atap rumah, selanjutnya kita akan membahas mengenai tips dalam memilih atap rumah. Ini wajib banget untuk diketahui. Apa saja?

  • Pemilihan kerangka atap. Kerangka atap ini haruslah merupakan kerangka yang kuat dan kokoh.
  • Faktor cuaca. Disini harus mempertimbangkan cuaca dimana tempat Anda tinggal.
  • Instalasi atap. Usahakan agar selalu memilih atap dengan proses instalasi yang lebih mudah.
  • Ketebalan atap. Ketebalan harus disesuaikan sama rumah, jangan sampai membuat rumah terlihat aneh.
  • Kualitas produk. Selalu pilihlah produk yang berkualitas dan memiliki garansi.
  • Bahan atap. Bahan atap itu banyak, jadi pilihlah yang sesuai dengan keinginan.
  • Anggaran. Perlu diperhatikan supaya kita bisa membeli dalam jumlah yang tepat.

Bentuk Atap Rumah

Selain mengetahui tips dalam memilih atap, kita juga perlu mengetahui apa saja bentuk atap. Karena kita berada dinegara tropis, maka bentuk atap rumah dengan gaya tropis adalah yang paling direkomendasikan. Berikut ini beberapa bentuk atap rumah yang sering dipakai khususnya di wilayah di Indonesia:

  • Bentuk Atap Rumah Gadang

Jenis Atap Rumah Gadang
Atap Rumah Gadang

Pertama ada bentuk atap rumah gadang sederhana. Bentuk atap ini sendiri memang sama seperti pada rumah gadang khas Sumatera Barat yang bahan atap rumah gadang terbuat dari ijuk. Akan tetapi agar lebih awet, maka sekarang sering diganti dengan bahan yang lebih tahan lama.

  • Bentuk Atap Rumah Joglo

Atap Rumah Joglo
Atap Rumah Joglo

Bentuk rumah atap Joglo ini merupakan atap yang desainnya berasal dari rumah adat Jawa yaitu Joglo. Bentuknya yang khas dilengkapi dengan bahan atap rumah yang sejuk tahan panas membuatnya cocok dipakai.

  • Bentuk Atap Rumah Limas

Atap Rumah Limas
Atap Rumah Limas

Bentuk atap limas yaitu dilengkapi dengan permukaan yang bentuknya segitiga. Bentuk ini sendiri memang seperti namanya mengerucut kaya piramida atau limas.

  • Bentuk Atap Rumah Pelana

Atap Rumah Pelana
Atap Rumah Pelana

Disebut sebagai atap pelana karena memang bentuknya seperti pelana kuda. Bentuk atap ini sendiri memiliki ciri khas berbentuk dua trapesium dilengkapi kemiringan 30-40 derajat. Di Indonesia bentuk atap ini sudah banyak digunakan.

  • Bentuk Atap Rumah Standar

Seiring dengan perkembangan zaman, maka lebih banyak orang yang menggunakan bentuk atap standar seperti ini. Bentuknya sendiri memang hanya berupa permukaan tunggal dengan bentuk miring.

Jenis Atap Rumah dan Harganya

Berikutnya merupakan pembahasan utama kita yakni tentang jenis atap rumah. Untuk jenisnya sendiri sebenarnya ada banyak, akan tetapi saya disini tetap memberikan beberapa jenis yang paling banyak digunakan seperti :

  • Atap Rumah Multiroof

Atap Rumah Multiroof
Atap Rumah Multiroof

Pertama ada jenis atap rumah multiroof murah. Jenis yang satu ini merupakan jenis genteng metal yang memiliki dua jenis lagi yaitu genteng polos dan berpasir. Kelebihan utama dari penggunaan genteng multiroof ini adalah harganya yang cenderung lebih murah.

Kelebihan lainnya yaitu dari segi ketahanan terhadap cuaca yang sangat bagus. Selain itu memiliki sifat anti karat sehingga tidak akan keropos atau bocor. Kisaran harga jenis atap rumah yang tidak panas yaitu 20-100 ribuan per lembar. Kalau kita melihat jenis atap rumah dan harga cukup sebanding.

  • Atap Rumah Spandek

Atap Rumah Spandek
Atap Rumah Spandek

Atap spandek merupakan jenis atap yang dibuat dari bahan material yang merupakan pencampuran antara aluminium dengan seng. Disini bahan aluminium yang digunakan adalah sebesar 55%, sedangkan bahan seng yang digunakan adalah sebesar 43% saja. Lalu 2% bahan lainnya merupakan silicon.

Jenis atap rumah selain genteng yang baik ini sendiri memiliki kelebihan yaitu dari segi kekokohan dan keawetannya, selain itu ringan dan lebih mudah dibentuk. Untuk jenis atap rumah dan harganya cukup sebanding yaitu berada dalam kisaran 50 ribuan per lembarnya.

  • Atap Rumah Kaca

Atap kaca merupakan bahan material yang terbuat dari bahan kaca. Penggunaannya sendiri tentu saja buat melindungi hujan dan panasnya sinar matahari supaya tidak masuk kedalam rumah. Atap kaca sendiri memiliki beberapa kelebihan, misalnya saja bisa memancarkan cahaya secara lebih alami.

Kelebihan lainnya adalah bisa kita gunakan sebagai ventilasi yang baik. Sementara itu karena transparan, maka suasana akan lebih luas, selain itu juga hemat listrik karena bisa tetap terang. Kisaran harga atap rumah kaca sendiri 1-2 jutaan per meter persegi.

  • Atap Rumah Genteng Tanah Liat

Ini merupakan jenis atap yang paling banyak digunakan, ya benar atap genteng tanah liat. Karena punya banyak kelebihan, genteng tanah liat juga masih dipakai. Beberapa kelebihannya yang sudah sangat dirasakan adalah bentuknya yang ratam lebih kuat dan tahan lama serta tahan segara cuaca.

Akan tetapi kekurangannya yaitu dari segi ketahanan. Supaya bisa lebih tahan lama, maka perlu banget untuk diberi cat genteng agar tidak berlumut atau berjamur. Harganya sendiri 4.5-15 ribuan saja.

  • Atap Rumah Cor

Atap rumah yang terakhir ini lebih banyak dipakai pada rumah yang memiliki lantai lebih dari satu. Kelebihan atap satu ini adalah dari segi ketahanan dan bisa kita gunakan buat menjemur pakaian atau bersantai. Karena kita menggunakan cor dan tulangan, maka harganya jadi mahal.

Itulah pembahasan yang dapat saya sampaikan mengenai berbagai jenis atap rumah beserta harganya. Untuk harga diatas sendiri disetiap toko bangunan bisa berbeda ya, jadi harganya tidak akan tetap. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama anda disini